Rencana usaha – bisnis

Begitu Banyak Faktor-Faktor Kesulitan
Untuk Bisa Segera Memulai Usaha.

20121016-055223.jpg

Inilah Hal-Hal Yang Harus Saya Sampaikan
Agar Anda Segera Memulai Usaha
Dengan Membuat Rencana Usaha Yang Bagus.

MEMBUAT RENCANA USAHA HARUS DIDASARKAN LATAR BELAKANG YANG KUAT
ARTINYA HARUS SESUAI DENGAN FAKTA SERTA KONDISI YANG REAL.

Besar atau kecilnya bisnis Anda, sebelum memulai usaha, membuat rencana usaha adalah sesuatu keharusan. Kemampuan Anda dalam membuat rencana usaha yang baik dan sesuai latar belakang yang nyata, bisa dijadikan ukuran bagaimana siapnya Anda untuk mulai terjun kedunia usaha untuk siap menghadapi persaingan usaha yang berat dan penuh segala macam resiko.

Dunia bisnis adalah dunia yang penuh risiko, dan keberanian mengambil resiko menjadi modal pertama. Tapi keberanian mengambil risiko tanpa diiringi kemampuan membuat analisis terhadap risiko sama saja dengan memasuki pintu kegagalan. Kata Rhenald Kasali.

Penyebab pengusaha atau calon pengusaha gagal pada tahap pertama berbisnis adalah mereka hanya berencana untuk mendapat keuntungan semata saja, timbulnya resiko memang mereka takuti, namun mereka tidak merencanakan dengan baik bagaimana menghadapai segala macam resiko yang bisa timbul dikemudian hari.

Tujuan saya menulis artikel ini tidak bermaksud mengajari Anda, namun mencoba mengingatkan agar kita kelak tidak harus panik dalam mengendalikan aktivitas usaha jika terjadi suatu kendala. Sesederhana apapun bentuk rencana usaha yang Anda pikirkan, pernyataan tertulis rencana usaha itu harus ada untuk menjadi pedoman sehingga kita bisa fokus dalam membangun usaha.

Sebetulnya apa sih Perencanaan Usaha itu ?.

Seperti ditulis oleh Kusnendi, Drs.,M.S.
Perencanaan Usaha adalah proses penentuan Visi, Misi, tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu.

Dengan demikian secara umum perencanaan usaha mempunyai sifat-sifat sbb :

20120902-224724.jpg
Harus Fokus

FOKUS, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan visi, misi tertentu serta dengan tujuan yang jelas sehingga kita bisa fokus untuk mencapai tujuan.

RASIONAL DAN FAKTUAL, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan pemikiran yang masuk akal, realistik, berorientasi masa depan serta didukung dengan fakta-fakta yang ada.

BERKESINABUNGAN DAN ESTIMASI, artinya perencanaan usaha dibuat dan dipersiapkan untuk tindakan yang berkelanjutan serta perkiraan perkiraan tentang kondisi di masa depan.

PREPARE DAN FLEKSIBEL, artinya perencanaan usaha dibuat sebagai persiapan, yaitu pedoman untuk tindakan-tindakan yang akan dilaksanakan yang disesuaikan dengan perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi.

OPERASIONAL, artinya perencanaan usaha dibuat sesederhana mungkin, namun rinci, serta dapat dilaksanakan.

Dengan adanya sifat-sifat diatas perencanaan usaha bermanfaat sebagai berikut :

20120902-092240.jpg
Sesuai Sasaran

PEKERJAAN dan aktifitas usaha dapat dilakukan secara teratur dan dengan tujuan yang jelas.

MENGHINDARI pekerjaan atau aktifitas yang tidak produktif serta penggunaan sumber daya yang lebih efisien.

MENYEDIAKAN alat evaluasi untuk menentukan keberhasilan usaha.

serta MENYEDIAKAN landasan untuk pengawasan dan upaya perbaikan.

ARTINYA perencanaan usaha dibuat agar digunakan untuk menjamin bahwa tujuan yang telah ditetapkan akan tercapai.

Beberapa Hal Yang Harus Dihindari di Dalam Rencana Bisnis Anda :

  • Hindari menetapkan beberapa pembatasan yang layak terhadap beberapa proyeksi jangka panjang pada masa mendatang (Jangka panjang berarti lebih dari setahun). Lebih baik bertahan dengan sejumlah tujuan jangka pendek dan mengubah rencana itu selagi bisnis Anda berjalan. Terlalu sering, rencana bisnis jangka panjang tidak bermakna apa-apa karena realitas bisnis Anda dapat berbeda dari konsep awal Anda.
  • Hindari optimisme. Kenyataannya, hanya sedikit rencana bisnis yang dengan tepat bisa menunjukkan seberapa banyak uang dan waktu yang dibutuhkan. Untuk mengimbangi optimisme, berlakulah sangat konservatif dalam meramalkan kebutuhan modal, ketepatan waktu, penjualan, dan laba.
  • Hindari membuat terlalu garis besarnya saja. Buatlah yang terperinci bagaimana strategi Anda untuk mengatasi kekurangan Anda dan strategi apa jika Anda ketika tertimpa kemalangan bisnis.
  • Janganlah menggunakan bahasa yang ribet. Gunakan bahasa yang sederhana dalam menjelaskan segala persoalan. Buatlah mudah dibaca dan dimengerti.
  • Jangan sepenuhnya tergantung pada keunikan bisnis Anda atau bahkan pada penemuan yang telah memperoleh hak paten. Keberhasilan mendatangi mereka yang memulai bisnis dengan ekonomi yang bagus dan tidak selalu dari penemuan yang hebat.

Latar Belakang Pendukung Rencana Usaha

Rencana Usaha yang baik harus didasari latar belakang yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan semua pihak serta faktor-2 lain yang terlibat dalam menjalankan usaha. Kesalahan menilai atau berlebihan dalam menilai kemampuan pelaksana usaha dan faktor-2 lainnya akan mengakibatkan Rencana usaha yang baik tidak mendapat dukungan atau sulit dilaksanakan. Akibatnya rencana yang baik itu hanya jadi bahan bacaan saja. Maka sebelum membuat rencana usaha yang baik lakukan dahulu hal-hal sebagai berikut :

1. Indentifikasi peluang usaha.

Ide usaha banyak disekeliling kita. Jangan latah dalam memilih peluang usaha. Tapi lakukanlah reset pasar khususnya kondisi disekitar lokasi usaha Anda, itu kalau usaha Anda bersifat lokal.

Pada umumnya suatu produk berpotensi untuk laku dijual dan menguntungkan apabila penawaran untuk produk tersebut masih lebih kecil dari permintaan. Peluang usaha timbul ketika permintaan pasar lebih besar dari penawaran.

Sebaiknya peluang usaha yang demikianlah yang menjadi pilihan Anda. Pilihlah beberapa peluang usaha tersebut untuk dibanding bandingkan dengan faktor faktor lainnya.

2. Pilihlah Peluang Usaha yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Dalam penentuan peluang usaha tentu kriteria utamanya adalah apakah usaha itu mampu memberi keuntungan yang memadai, namun dari segi kepribadian Anda apakah jenis usaha tersebut bisa diterima.

Misal apakah peluang usaha minuman keras atau apakah usaha menuntut Anda untuk mobil (selalu tidak ditempat) atau harus menjadi seperti orang tinggal didesa. Dari segala aspek usaha-2 tersebut sebetulnya dapat menjanjikan keuntungan yang besar, namun mungkin secara kepribadian Anda tidak merasa cocok dengan usaha-2 tsb.

Tentunya solusi terhadap pilihan usaha tersebut adalah menolak peluang tersebut, atau solusi lainnya adalah memberikan peluang usaha tsb. untuk dijalankan atau diwakili oleh pihak lain, yang tentunya juga berakibat adanya perbedaan pola management dan kepemilikan dalam membuat rencana usaha Anda. Pilihlah ide usaha selain keuntungan juga kesenangan, hobi, waktu, tenaga, dan tentunya dorongan hati nurani yang dibutuhkan dalam mengelola usaha tersebut.

3. Ketersedian bahan baku, barang atau jasa.

Faktor ketersediaan bahan baku (barang atau jasa) adalah merupakan faktor penting, artinya tanpa bahan baku tentunya usaha tidak akan jalan atau tidak dapat berproduksi.

Mungkin saja bagi pemain lama ketersediaan bahan baku mudah tersedia, namun buat pemain baru tidak mudah untuk mendapatkannya, mungkin keterbatasan persediaan dipasar, kesulitan transportasi, volume pembelian yang harus besar dll. Anda bisa saja mendapatkan tapi dengan harga khusus (lebih mahal).

Contoh lain ternyata bahan baku atau barang tersebut hanya musiman sehingga tidak setiap saat mendapatkannya. Sehingga hal tersebut mempengaruhi sistim stok untuk pengadaan bahan baku atau barang dan tentunya hal ini menambah biaya tempat penyimpanan. Contoh lain sejauh mana pengenaan pajak atas bahan baku, barang atau jasa yang dimaksud. Jangan sampai hal ini baru diketahui setelah usaha beroperasi, karena hal ini berakibat tertahan produksi dan biaya produksi meningkat, harga jual jadi tidak dapat bersaing lagi.

4. Kemampuan mencari dan mendapatkan konsumen.

Faktor lain yg tidak kalah pentingnya adalah konsumen. Pada prinsipnya jika ingin membuat usaha apa saja bisa, selain banyak untuk dipilih juga penawaran usaha begitu banyak. Begitu juga target pasar atau konsumen begitu melimpah.

Pertanyaannya mau tidak konsumen membeli atau memakai produk anda atau Anda mampu tidak mencari dan meyakinkan agar konsumen mau membeli atau memakai produk atau jasa Anda. Untuk itu harus dilakukan tes dan survey terlebih dahulu.

Contoh yang gampang adalah usaha makanan. Buatlah contoh makanan dan tawarkan kepada orang-orang terdekat dan seterusnya diluar orang yang Anda kenal, survey dan pelajari bagaimana tanggapan mereka tentang produk Anda. Jika tanggapan kurang, perbaiki rasa dan kwalitas sesuai saran teman atau konsumen Anda.

Jika sudah yakin carilah pasar lebih luas namun jangan produksi dahulu terlalu banyak. Tetap tanggapi keluhan dan saran konsumen Anda. Buat langkah-langkah untuk bisa meningkatkan produksi dan memperluas konsumen. Ingat jangan sampai produk Anda tidak dilirik konsumen.

5. Mengindetifikasi kemampuan skill dan kesiapan mental.

Kemampuan Anda dan orang-orang yang terlibat dalam menjalankan usaha (SDM) harus diukur atau dinilai. Jangan salah atau berlebihan dalam menilai kemampuan dan kesiapan mental mereka.

Apabila itu yang terjadi, maka sebaik-baiknya rencana usaha yang dibuat tetap saja tidak akan berjalan sesuai rencana, malah rencana tersebut menjadi suatu rencana kegagalan.

Hal ini pernah saya alami, rencana usaha dan proposal kelayakan usaha kami buat sebaik mungkin, setelah dipresentasikan tersedia modal ratusan juta. Namun yang terjadi berikutnya adalah kegagalan.

Faktor faktornya adalah mental dan kemampuan pengelola belum siap sehingga tidak menjalankan fungsi masing-masing. Produksi usaha sudah besar-besaran padahal target pasar atau konsumen belum ada satupun yang membuat kontrak pembelian. Yang namanya biaya bertambah terus dan akhirnya tidak ada uang kas sama sekali. Ujung ujungnya hampir semua program usaha tidak sepenuhnya berjalan.

Pemilik modal tidak percaya lagi terhadap pengelola usaha untuk menambah modal dan akhirnya usaha itu bangkrut dengan sendirinya. Jika kemampuan dan mental SDM belum siap, buatlah program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan merubah mental. Peluang Usaha bagus namun tidak ditunjang SDM yang memadai tetap akan terjadi kegagalan.

6. Faktor external yang terlibat.

Kalau pengelola adalah faktor internal, maka diluar itu ada orang atau lembaga atau perusahaan yang akan terlibat dengan usaha Anda.

Inventaris pihak-pihak yang akan terlibat langsung dan tidak langsung dalam Anda memulai dan menjalankan usaha. Hubungi mereka, cari tahu apa yang mereka butuhkan dari Anda dan apa yang Anda butuhkan dari mereka, kalau perlu lakukan negosiasi untuk kemudahan dan penekanan biaya demi efisiensi usaha Anda.

Faktor external misalnya lembaga hukum atau notaris, pajak, izin usaha, pemilik lokasi usaha, pihak bank, pemilik modal, penambahan daya listrik (PLN), pihak keamanan, pengerah tenaga kerja, lembaga pelatihan. Cari lebih tahu lagi pihak2 external tersebut.

Semakin kenal baik dengan mereka semakin mudah dan jelas Anda berhubungan dan bernegosiasi. Yang terpenting adalah kemudahan dan penentuan biaya-biaya agar bisa sesuai dengan isi rencana dan program kerja usaha. Jangan sampai terjadi biaya tak terduga melampaui beratus-ratus persen dari anggaran.

7. Hitung kemampuan modal dan buat solusinya jika kurang.

Hitung besarnya modal dan biaya-biaya, pengeluaran yang dibutuhkan untuk memulai , mengoperasikan, memproduksi dan lainnya.

Kurang teliti dalam perhitungan ini akan menghambat jalan usaha Anda. Ketiadaan atau kekurangan modal sering dijadikan kambing hitam untuk tidak segera memulai usaha.

Harus diakui bahwa meskipun modal bukan satu-satunya faktor dominan dalam merintis usaha, ketiadaan modal memang bisa menjadi kendala. Agar ketiadaan atau kekurangan modal ini tidak berakibat fatal bagi (rencana) usaha Anda, sebaiknya pelajari sumber sumber pemodalan yang ada untuk bisa memperoleh modal usaha.

Lakukan indentifikasi sumber modal dengan cermat, kalau perlu lakukan negosiasi dengan baik, karena ini menyangkut biaya biaya dan kelengkapan dokumen yang harus Anda siapkan.

Beberapa contoh sumber dana seperti teman atau saudara, Ventura Capital, Pinjaman Bank atau bisa bergabung dengan usaha lain.

8. Dokumentasi dan membuat proposal usaha.

Hasil-hasil indentifikasi diatas harus didokumentasikan dengan baik, buat solusi atau rencana program kerja jika ditemukan hal-hal yang harus diperbaiki atau dilaksanakan, rangkum semua data- data tersebut kedalam sebuah PROPOSAL USAHA. Maka jadilah suatu Rencana Usaha yang baik dan sesuai latar belakang yang kuat yaitu suatu rencana usaha yang benar-benar dibuat berdasarkan hasil identifikasi, hasil survey, hasil negosiasi, hasil wawancara yang berdasarkan visi misi dan tujuan usaha. Buat hasil perencanaan yang matang dll.

Ingat, membuat rencana usaha dengan tidak memperhatikan latar belakang yang sebenarnya, itu berarti anda sendang merencanakan suatu kegagalan.

Dikeheningan Subuh Asmat dan Sisulit.

20120902-054427.jpg

.

Dunia Bisnis

Dunia bisnis adalah dunia yang penuh risiko, dan keberanian mengambil risiko menjadi modal pertama. Tapi keberanian mengambil risiko tanpa diiringi kemampuan membuat analisis terhadap risiko sama saja dengan memasuki pintu kegagalan.

.

Perencanaan Usaha

Perencanaan Usaha adalah proses penentuan Visi, Misi, tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu.

.

Prepare Dan Flexible

Prepare Dan Flexible artinya perencanaan usaha dibuat sebagai persiapan, yaitu pedoman untuk tindakan-tindakan yang akan dilaksanakan yang disesuaikan dengan perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi.

.

Manfaat Perencanaan Usaha

Manfaat Perencanaan Usaha DIBUAT agar digunakan untuk menjamin bahwa tujuan yang telah ditetapkan akan tercapai. Rencana Usaha yang dibuat bisa mengungkapkan segala kelalaian dan/atau kelemahan di dalam proses perencanaan Anda. Sehingga antisipasi atau perbaikan bisa segera dilakukan.

.

Rencana Usaha Yang Baik

Rencana Usaha yang baik harus didasari latar belakang yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan semua pihak serta faktor-fakto lain yang terlibat dalam menjalankan usaha. Latar belakang yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada, berarti Anda sedang membuat rencana kegagalan.

.

Membangun usaha

Membangun usaha sendiri itu tidak berisiko, yang berisiko adalah jika Anda tidak mempunyai pengetahuan dan tidak berencana dengan baik.

.

Peluang Usaha

Pada umumnya suatu produk berpotensi untuk laku dijual dan menguntungkan apabila penawaran untuk produk tersebut masih lebih kecil dari permintaan. Peluang usaha timbul ketika permintaan pasar lebih besar dari penawaran.

.

Usaha Dan Hobi

Pilihlah ide usaha selain keuntungan juga kesenangan, hobi, waktu, tenaga, dan tentunya dorongan hati nurani yang dibutuhkan dalam mengelola usaha tersebut.

.

Ketrampilan Dan Mental

Peluang Usaha boleh bagus namun jika tidak ditunjang ketrampilan dan mental SDM yang memadai, kemungkinan usaha bisa saja terjadi kegagalan.

.

Pelajari Sumber Modal

Harus diakui bahwa meskipun modal bukan satu-satunya faktor dominan dalam merintis usaha, ketiadaan modal memang bisa menjadi kendala. Agar ketiadaan atau kekurangan modal ini tidak berakibat fatal bagi (rencana) usaha Anda, sebaiknya pelajari sumber sumber pemodalan yang ada untuk bisa memperoleh modal usaha.

.

Hanya Orang Bodoh

Hanya orang bodoh yang berharap semua berjalan sesuai keinginan. Dengan siap secara mental, membuat Rencana yang baik, Engkau bisa bertindak dengan tenang dan penuh wibawa ketika keadaan tidak sesuai dengan keinginan. Jika tenang, engkau akan bisa berpikir dengan lebih baik dan sehat.

.

Ukuran Akan Keberhasilan

Ukuran akan keberhasilanmu akan ditentukan oleh kekuatan hasratmu, besarnya mimpimu, dan caramu menghadapi kekecewaan selama menghadapi perjalanan hidupmu.

.

Pakailah Sedikit Uang

Pakailah sedikit uangmu sendiri untuk memulai usaha kecil-kecilan. Anda akan heran melihat kecerdasan Anda akan cepat bertambah kalau mempertaruhkan uang Anda sendiri. Jangan gunakan uang teman atau uang pembayaran sekolah. Cukup pakai sedikit uang Anda untuk memulai usaha kecil-kecilan dan… Kemudian perhatikan serta belajarlah…

.

Jadi Karyawan atau Pengusaha ?

Jika kita bisa cerdas secara finansial, maka kecerdasan itu bisa membantu Anda untuk memutuskan kapan Anda harus bekerja sendiri dan kapan harus meminta bantuan orang lain.

.

Alasan Utama

Alasan utama mengapa Anda bisa mengalami kesulitan finansial bukanlah karena Anda kekurangan pendidikan yang bagus atau karena kurang kerja keras. Penyebabnya adalah karena Anda takut kalah. Kalau rasa takut kalah telah menghentikan Anda, berarti Anda sudah kalah.

.

Salah Satu Modal Utama

Jika Anda adalah seorang yang suka perubahan dan tantangan, langkah Anda akan menjadi lebih cepat. Itu adalah masalah mental, perbaikilah mental Anda.

.

Memahami Pencapaian Sukses

Mencari kesuksesan tanpa memahami definisi dan tujuan akhir sukses, tentu Anda akan menemukan kesulitan dalam memahami pencapaian sukses.

.

Sukses Itu Otomatis

Berbisnis dan berusaha untuk mencapai kesuksesan itu sebetulnya otomatis, itu jika kita menjalankan rencana/formula yang bagus, strategi sederhana dan bersungguh-sungguh mengikutinya.

.

Ide Usaha Tidak Harus Baru

Yang penting ide Anda harus lebih baik. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan modal pribadi, keahlian, pengalaman, tempat usaha dan tentunya kenyamanan hidup Anda. Melihat peluang usaha jangan dengan mata, lihat dengan kemampuan berpikir Anda. Ingat fakta lebih penting ketimbang opini.

.

Hindari Optimisme

Kenyataannya, hanya sedikit rencana usaha yang dengan tepat bisa menunjukkan seberapa banyak uang dan waktu yang dibutuhkan. Untuk mengimbangi optimisme, berlakulah sangat konservatif dalam meramalkan kebutuhan modal, ketepatan waktu, penjualan, dan laba.

Advertisements

178 thoughts on “Rencana usaha – bisnis”

  1. Sorry to say, but very poor review of moneybook app.Not only it has awesome graphs (just see landscape mode in budget overview or history overview) but it cloud webapp also has great overview.Very recommended no doubts it\’s the best app among all I\’ve tested recently.

  2. We are a gaggle of volunteers and opening a new scheme inside our community. Your website provided us with helpful info in order to paintings on. You have done a formidable action and our complete community shall be pleased to you.

  3. Spot on with this write-up, I actually think this website wants much more consideration. I’ll in all probability be once more to learn far more, thanks for that info.

  4. Are you delivering anything that a contemporary business, apartment dweller, or consumer wants? As an alternative, both organizations and financiers were dumping commercial estate trading environment and pushing prices downward. A long term loans. As an alternative, both organizations and financiers were dumping commercial estate saturating the trading environment is depressed countrywide, there can be financed.

  5. Sorry for the huge review, but I’m really loving the new Zune, and hope this, as well as the excellent reviews some other people have written, will help you decide if it’s the right choice for you.

  6. My relatives all the time say that I am wasting my time here at
    net, however I know I am getting knowledge daily by reading such nice articles.

  7. Just desire to say your article is as surprising. The clearness to your put up is just great and that i could assume you’re knowledgeable in this subject. Well with your permission let me to clutch your feed to stay up to date with coming near near post. Thank you 1,000,000 and please keep up the gratifying work.

  8. But Eve said there are war-top online casino miniatures. The list of components you want. Shopping the record so you know that when they are all non-best online casino hotels in Punta Cana, Dominican Republic. Don’t try to evaluate the gamble prerequisites. If the water’s rough, the Alienware Aurora. Therefore, it puts together the two pits total 11 blackjack tables. To be fair, competitive top online casino organization. Though there are fewer chances of winning rather than continue to be action, unbelievable vehicles and much appreciated. The M M, Weekend $11.

  9. This is because the insurance companies are trying to minimize their risk. This is where rental echelon @ alexandra owners to look for rental insurance clauses on their websites, submit your inquiry and receive instructions via email. As with MPI, the coverage adequate to repair or replace all of the escrow account, the limits of liability.

  10. This is getting a bit more subjective, but I much prefer the Zune Marketplace. The interface is colorful, has more flair, and some cool features like ‘Mixview’ that let you quickly see related albums, songs, or other users related to what you’re listening to. Clicking on one of those will center on that item, and another set of “neighbors” will come into view, allowing you to navigate around exploring by similar artists, songs, or users. Speaking of users, the Zune “Social” is also great fun, letting you find others with shared tastes and becoming friends with them. You then can listen to a playlist created based on an amalgamation of what all your friends are listening to, which is also enjoyable. Those concerned with privacy will be relieved to know you can prevent the public from seeing your personal listening habits if you so choose.

  11. I impressed, I have to say. Genuinely not often do I encounter a website that each educative and entertaining, and let me let you know, you could have hit the nail on the head. Your notion is outstanding; the issue is 1 issue that not sufficient men and women are speaking intelligently about. I’m really fully satisfied that I stumbled all through this in my search for a single issue referring to this.

  12. Respect to post author, some good information . “To have a grievance is to have a purpose in life.” by Alen Coren.

  13. Zune and iPod: Most people compare the Zune to the Touch, but after seeing how slim and surprisingly small and light it is, I consider it to be a rather unique hybrid that combines qualities of both the Touch and the Nano. It’s very colorful and lovely OLED screen is slightly smaller than the touch screen, but the player itself feels quite a bit smaller and lighter. It weighs about 2/3 as much, and is noticeably smaller in width and height, while being just a hair thicker.

  14. As services are provided, and credit is given for the first place many entrepreneurs go to. Needless to say, business receivables go unpaid by the number of unforeseen reasons. If so, apply for a no worry loans. Your business receivables now?

  15. Between me and my husband we’ve owned more MP3 players over the years than I can count, including Sansas, iRivers, iPods (classic & touch), the Ibiza Rhapsody, etc. But, the last few years I’ve settled down to one line of players. Why? Because I was happy to discover how well-designed and fun to use the underappreciated (and widely mocked) Zunes are.

Comments are closed.

Memudahkan Anda Memulai Bisnis

%d bloggers like this: