Tips Keuangan untuk Mahasiswa.

20150130-110506.jpg

Anda mahasiswa atau mungkin sebentar lagi jadi mahasiswa ?

Perlu diketahui bahwa perguruan tinggi adalah jalan untuk memperluas pengetahuan dan membuat Anda lebih dekat dengan kesempatan yang lebih baik. Keterampilan hidup yang penting dipelajari dengan bergegas ke tingkat perguruan tinggi, salah satunya adalah melek finansial. Beberapa siswa ingin tinggal disekitar atau dekat dari universitas, tentu memaksa mereka untuk belajar bagaimana hidup mandiri. Beberapa lagi akan memilih tinggal dengan keluarga mereka, tetapi akan mendapatkan lebih banyak tanggung jawab juga tentunya.

Perlunya Belajar Melek Finansial.

Salah satu cara, pembelajaran penting yang kamu butuh untuk pelajari adalah tanggung jawab keuangan. Bagaimana kamu menangani uang dan mengatur keuangan selama bertahun-tahun dikehidupan yang sekarang tentu berpengaruh pada kesuksesan finansial dimasa depan.

Berikut adalah beberapa tips keuangan yang para mahasiswa perlu pelajari:

1. Memperoleh Bantuan Keuangan.

Bantuan keuangan bisa datang dalam bentuk beasiswa. Ini adalah cara bagi kamu dan orang tua meringankan beban pembayaran biaya kuliah. Perguruan tinggi itu mahal, jadi solusi terbaik adalah mengambil keuntungan dari hal-hal yang bisa membantu kamu mengurangi jumlah pengeluaran selama tinggal di akademi atau universitas pilihan kamu.

2. Diskon Untuk Mahasiswa.

Mengambil keuntungan dari diskon mahasiswa! Keuntungannya, ID kuliah kamu secara otomatis dianggap sebagai kartu diskon di toko-toko, department store, dan bahkan restoran. Kamu bisa mendapatkan diskon minimal 10% di beberapa instansi jika biaya pengeluaran kamu sudah sangat besar! Dan jika kamu dapat memperoleh barang dan jasa (Seperti penggunaan gym). Secara gratis— semakin baik!

3. Tahu Cara Menggunakan Kartu Kredit.

Jika orang tuamu cukup baik karena mempercayai kamu dengan sebuah kartu kredit, penggunaan terbaik adalah hanya digunakan untuk pembayaran berkala, seperti tagihan telepon, langganan jurnal (ini adalah untuk penelitian, mengajukan mahasiswa melakukan tesis mereka atau mahasiswa pascasarjana, mereka akan memberitahu kamu betapa pentingnya ini bisa!), dan bahkan membayar sewa bulanan di kamar asrama atau apartemen. Ini akan membantu kamu membangun nilai kredit yang baik untuk membantu keuangan ketika kamu lulus dan memasuki dunia kerja sebagai orang dewasa.

Dengan cara ini, kamu tidak akan pernah kehilangan pembayaran tagihan, sehingga akan menghindari biaya keterlambatan. Jangan gunakan kartu kreditmu untuk hal lain! Jika kamu merasa bahwa kamu mungkin akan menggunakan kartu kreditmu untuk biaya lainnya, kenapa tidak mengambil kartu debit yang langsung menghubungkan ke rekening tabungan kamu, semestinya?

4. Hematlah dalam Makanan.

Jangan pergi ke toko perbelanjaan bahan makanan ketika kamu lapar! Jika kamu bisa menolong itu, Jangan makan di restoran dan rentetan makanan cepat saji terlalu banyak. Rencanakan makanan kamu dari waktu ke depan, Jadi kamu bisa dengan baik mengatur uang saku bulanan dalam hal makanan.

Hindari pergi ke toko-toko kopi mahal dan kafe! Kamu selalu bisa membuat kopi sendiri di rumah. Sama halnya seperti pergi ke pesta di bar dan klub diakhir pekan! Ini merupakan satu hal pembiayaan yang tidak perlu atau bahkan tidak penting karena kamu bisa hidup tanpa itu.

5. Trik Transportasi.

Berjalan, naik sepeda, atau menggunakan transportasi umum lebih baik daripada mengendarai mobil. Berjalan dan naik sepeda sudah pasti gratis, saat mengambil bus atau kereta api ke sekolah juga lebih murah daripada harus keluar uang untuk bensin mobil setiap minggu atau lebih.

6. Jual-Beli.

Yaitu menjual atau memperdagangkan buku semester lama kamu untuk mereka yang mengambil kelas yang sama yang bisa menggunakan teks-teks untuk semester berikutnya. Kamu juga bisa membeli dari mereka terlebih untuk buku-buku yang kamu perlukan disemester berikutnya! Sama halnya dengan selebaran, pemberian, dan perlengkapan lainnya yang dapat berguna untuk orang lain setelah kamu selesai mengikuti pembelajaran. Kamu juga dapat menjual pakaian tua, furnitur, atau gadget yang tidak lagi kamu gunakan atau perlu. Pastikan bahwa barang-barang itu masih dalam bentuk tip-top alias bagus!

7. Bagi Sewa Tempat.

Hidup dengan teman atau pasangan legal di perguruan tinggi di asrama atau apartemen. Dengan cara ini, kamu dapat membagi biaya sewa dan keperluan, yang akan mengurangi jumlah pengeluaranmu setiap bulan, dan kamu tidak perlu menanggung seluruh tagihanmu secara sendiri.

Kehidupan kampus pasti menyenangkan dan menarik.

Jangan lupa untuk rajin hadir disetiap kelas yang ada sebaik mungkin. Kamu yang membayar kuliahmu, jadi jika kamu tidak menghadiri kelas, itu berarti kamu hanya membuang dan menyia-nyiakan semua uang yang telah diinvestasikan pada pendidikan diluar jendela kamu saja.

Kehidupan kampus pasti menyenangkan dan menarik. Salah satu cara untuk membuat sebagian besar dari itu adalah dengan memberi anggaran tunjangan atau uang saku milikmu dengan bijaksana dan bahkan mencari cara untuk mendapatkan sedikit lebih sehingga kamu juga menyimpan beberapa cadangan di masa depan.

Untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang bagaimana mengatur keuangan, kunjungi HaloMoney dan dapatkan tips terbaik sehingga Anda bisa lebih berhemat.

Baca Selengkapnya di…20150130-202952.jpg

Advertisements

2 thoughts on “Tips Keuangan untuk Mahasiswa.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s