Perlunya Membangun Jaringan Usaha.

20131213-230607.jpg

Usaha kecil tidak perlu jaringan ?

Bisa iya, bisa tidak. Tidak disangkal lagi bahwa jaringan merupakan pemasaran yang sangat efektif. Jadi, daripada Anda mengandalkan diri Anda sendiri, kenapa Anda tidak membangun jaringan orang yang melakukan persis seperti yang Anda lakukan? Ingat, Anda bisa saja sewaktu-waktu sakit.

Walaupun untuk membangun jaringan usaha tidaklah mudah, Anda sebagai pemilik usaha kecil harus bisa memulainya, misalnya dengan membuat jaringan usaha dengan rekan maupun kerabat dekat Anda yang memang bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda tersebut.

Cara Membangun Jaringan.

20131214-075731.jpg

Misalnya memberikan test product makanan pada rekan atau kerabat Anda. Jika rekan dan kerabat Anda tertarik dengan produk tersebut, mereka akan senang jika diajak untuk bekerjasama dengan usaha Anda. Misalnya saja untuk rekan yang memiliki kantin dikantor atau rekan Anda yang kenal pemilik kantin disekolah atau toko makanan disuatu tempat, maka untuk memperluas jaringan bisnis Anda, maka produk Anda tersebut dapat saja dititipkan pada rekan Anda untuk bisa dijual dikantin-kantin atau ditoko-toko tersebut.

20131214-075900.jpg

Selain itu untuk rekan Anda yang memiliki teman banyak di suatu jaringan sosial online. Anda dapat saja menjalin kerjasama dengan teman Anda tersebut dibidang pemasaran untuk produk-produk Anda melalui media online. Kenapa tidak ?

Tips Menambah Rasa Percaya Diri.

Sebetulnya memang sulit untuk menemukan cara yang tepat untuk membangun jaringan, rasa malu adalah hal yang utama membuat kita sulit untuk memulainya. Untuk mengatasinya cobalah beberapa tips dibawah ini yang saya dapati dari saran-saran teman yang sudah berpengalaman.

  • Sadari bahwa betapa produktifnya jika Anda membuat jaringan usaha. Untuk itu buanglah rasa malu dan bicaralah pada semua orang mengenai bisnis Anda, biarkan mereka mengenal Anda.
  • Sadari bahwa kesempatan ada dimana-mana. Jangan membatasi hubungan hanya di lingkungan Anda saja. Di pertemuan keluarga, reuni teman, tempat nongkrong, supermarket, bahkan di kereta atau kendaraan umum. Anda tak pernah tahu apa yang akan Anda temui. Berbicara dengan banyak orang secara tak langsung juga membangun percaya diri.
  • Ingat jangan pernah meremehkan kekuatan “senyum”. Peter Handal, pengusaha sekaligus penulis buku “How To Win Friends And Influence People” menjelaskan bahwa senyum adalah kunci dari membangun network. “Orang akan lebih terbuka bila pada kita yang murah senyum, dibandingkan dengan orang yang bermuka masam,” terangnya.
  • Kebanyakan orang takut untuk menyampaikan rasa keberatan. jadilah pemberani dalam hal penyampaian isi hati dan pikiran kita. Ingat bahwa sulit buat orang lain untuk bisa tahu dan mengerti isi hati dan pikiran Anda. Jadi tanpa rasa takut, sampaikan saja isi dan pikiran Anda agar orang lain tahu apa yang Anda inginkan.
  • Rasa khawatir terhadap penolakan-penolakan adalah hal yang wajar. Maka jika ada penolakan, anggaplah penolakan itu sebuah pengalaman. Lebih baik ditolak, daripada menyesal telah kehilangan kesempatan bertemu seseorang yang sebetulnya menarik untuk diajak berbisnis.
  • Jika Anda sudah berhasil membangun beberapa jaringan bisnis. Usahakan tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersebut. Sebisa mungkin, ingat namanya. Sebab Anda tidak tahu, suatu hari mungkin kita akan butuh bantuannya.

Jadi begitu banyak peluang yang akan muncul untuk memperbesar bisnis kecil Anda bila Anda memiliki jaringan usaha yang cukup luas.

Advertisements

2 thoughts on “Perlunya Membangun Jaringan Usaha.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s