Strategi Bagaimana Menentukan Harga Jual.

20130922-073102.jpg

Sebagai penjual yang baru mulai menjadi pedagang, untuk menentukan harga jual suatu barang sebetulnya tidaklah sulit. Rumusnya cukup sederhana, yaitu harga beli (modal, pokok) ditambah biaya-biaya dan ditambah keuntungan yang diinginkan, biasanya antara 15 – 30 % (biasanya). Namun sebagai pemula tentu berkeinginan agar keuntungan yang akan diambil bisa cukup besar, dengan harapan agar dapat segera menutup modal usaha.

Permasalahannya, siapkah Anda untuk bersaing ?

Namun dari pengalaman saya berdagang, formula diatas ternyata hanya tiori saja, atau hanya sebagai dasar perhitungan saja. Selain masalah ketatnya persaingan usaha, ternyata konsumen juga sudah lebih pintar dalam menghitung harga suatu produk. Walaupun nyatanya lebih banyak yang hanya sok tahu saja, mungkin maksudnya lebih kepada agar sipenjual jangan terlalu mengambil keuntungan yang terlalu besar.

Dengan demikian untuk menentukan laku atau tidaknya sebuah produk, penjual harus hati-hati menentukan harga jual. Untuk itu, dibutuhkan suatu acuan khusus dalam menentukan harga jual. Acuan ini tidak ada ketentuannya atau rumus bakunya, keahlian menentukan harga jual akan Anda dapatkan dari pengalaman Anda berdagang baik sebagai karyawan atau sebagai pelaku usaha.

Strategi Menentukan Harga Jual.

Berikut ini adalah beberapa acuan yang harus Anda perhatikan sebelum menentukan harga jual :

Harga pokok.
Pastikan bahwa harga pokok yang Anda dapatkan adalah harga yang umum didapati oleh pedagang-pedagang lainnya. Untuk itu janganlah berbelanja hanya dari satu agen saja, cobalah berbelanja dibeberapa agen. Jika kebetulan harga pokok dari agen Anda lebih mahal, maka keuntungan Anda harus dikurangin (diperkecil) agar harga jual tetap dapat bersaing.

Pemakai produk.
Pastikan bahwa suatu produk itu apakah tergolong produk yang sudah dikenal/dipakai secara umum atau belum. Untuk barang yang sudah dikenal secara umum harga jualnya harus mengikuti harga pasaran, walaupun akhirnya keuntungan yang akan didapat tidak seberapa karena begitu ketatnya persaingan. Sebaliknya jika produk tersebut tidak dikenal sehingga harga masih gelap, Anda bisa saja memasang harga dengan keuntungan yang lebih tinggi, tentu disesuaikan dengan kwalitas barang, penampilan barang serta minat konsumen akan barang tersebut.

Harga pesaing.
Pastikan bahwa harga jual produk Anda harus hampir sama dengan harga pesaing. Anda boleh saja menetapkan harga sedikit lebih tinggi, jika lokasi usaha Anda lebih strategis, tempat lebih mewah atau nyaman, pelayanan lebih cepat dan menyenangkan atau pelanggan tetap Anda sudah lebih banyak.

Harga lebih rendah.
Terlepas apakah Anda memiliki atau tidak memiliki keunggulan-keunggulan seperti tercantum di atas, maka sebaiknya harga jual Anda sedikit lebih rendah dari pesaing. Kecuali untuk barang-barang yang tidak dijual oleh pesaing disekitar area pemasaran Anda.

Memantau harga.
Untuk bisa Anda menentukan apakah harga jual produk Anda harus lebih rendah atau apakah keuntunganya bisa lebih besar lagi, dari pengalaman saya sebagai kuncinya adalah Anda harus selalu rajin memantau harga-harga, barang-barang dan pelayanan daripada pesaing-pesaing Anda.

Pentingnya Pelayanan.
Sehingga diharapkan dengan acuan-acuan tersebut diatas Anda menjadi lebih mudah dalam menentukan harga jual dari produk-produk Anda. Namun bagaimanapun Anda pandai menentukan harga yang bersaing, Anda jangan lupa untuk terus meningkatkan pelayanan demi kepuasan pelanggan. Tentunya dengan demikian sebagai pewirausaha sejati, kondisi Anda menjadi seorang yang selalu dalam keadaan siap untuk bersaing. Harga murah belum tentu jaminan usaha lancar jika pelayanan Anda buruk, dan bagi saya itu jelas lampu merah buat usaha Anda.

Produk Atau Jasa.

Strategi Marketing.

Advertisements

One thought on “Strategi Bagaimana Menentukan Harga Jual.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s