Hidup Sukses Melalui Tenaga Penjualan.

20130707-080839.jpg
Dirut BCA Jahja Setiaatmadja (tengah). (Foto: Okezone)

Banyak Cara Untuk Meraih Hidup Sukses.

Umumnya jika seseorang berhasil dalam karier dan kaya, maka tidak salah jika orang tersebut dikatakan hidupnya telah sukses. Apalagi ia bisa hidup berbahagia bersama keluarga, teman dan lingkungannya. Walaupun relative, sempurnalah hidupnya didunia. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara untuk bisa meraih kesuksesan karier dan kaya ?

Anda Harus Belajar Pada Orang Sukses.

Salah satu alasan yang menyebabkan sulitnya meraih kesuksesan adalah kenyataannya mereka “tidak bisa membangun kreativitas dirinya, tidak tertarik memcari pembimbing atau pengajar” yang mampu mengubah “ide-ide lamanya” serta menggali “potensi kemampuan diri” agar bisa menjadi peluang atau jalan yang menciptakan kesuksesan dan kekayaan.

Banyak sudah contoh orang sukses dan kaya. Ternyata banyak cara untuk bisa menjadi sukses. Sekarang ini untuk menjadi sukses dan kaya tidak lagi perlu sumber-sumber atau lahan yang cukup besar, tidak perlu risau jika Anda bukan lulusan universitas, apa jenis kelamin Anda , atau apa ras atau agama Anda.

Di Abad Informasi ini kesempatan Anda menjadi begitu lebih luas. Pengembangan diri menjadi visionary marketer secara ideal yang mengadopsi faham kewirausahaan yang mengutamakan proaktivitas dan menerima tanggung jawab utama sebagai innovator dan risk taker, begitu amat diperlukan. Maka tidak salah kalau pendidikan finansial, pengetahuan pemasaran dan wiraswasta begiu amat penting dalam abad informasi ini.

Pentingnya Kemampuan Menjual.

Berapapun usia Anda atau apapun pendidikan Anda, kemampuan menjual bisa menjadi modal untuk meraih kesuksesan berkarya dan menjadi orang kaya. Sebetulnya menjadi kaya itu otomatis jika Anda sukses berkarya. Ingat kaya itu relative.

Banyak sudah contoh orang sukses dengan cara memulai dengan menggali potensi diri dari kemampuan “menjual”. Salah satunya adalah ceritera sukses dari sesorang Direktur Utama BCA Jahja Setiaadmadja seperti yang dilansir oleh Okezone.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) bisa disebut sebagai bank swasta terbesar di Indonesia. Bahkan, di tahun 2012, bank ini berhasil mengantongi laba bersih sampai Rp11,72 triliun.

Tentunya tak mudah menjadi pemimpin di bank yang sangat besar, bahkan untuk ukuran industri perbankan di Asia ini. Okezone berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan Direktur Utama BCA Jahja Setiaadmadja baru-baru ini.

Lalu, bagaimana kisah sukses dari bos BCA ini?

Pertama kali menjejakkan kaki di dunia bisnis, Jahja mulai merintis karir di Price Waterhouse sebagai akuntan. Tapi, karena penghasilan yang dirasa masih tidak cukup, dia pun menjajal menjual kaset video.

“Saya menjual kaset video, jaman dulu itu kita menjajakan dari rumah ke rumah. Itu kaset paketan, (isi) 16 kaset video,” jelas Jahja.

Tak disangka, kesempatan untuk naik ke tahap yang lebih tinggi muncul dari langkahnya menjual kaset video.

“Nah, kebetulan salah satu langganan saya bekerja sebagai direktur di Kalbe Farma dan sedang mencari orang. Dan dia tahu saya lulusan UI, pernah jadi akuntan. Terus dia bilang ‘sudah kamu ikut saya saja di Kalbe Farma mau gak?’,” beber Jahja.

“Terus saya bilang, ‘ya boleh saja pak’. Karena kondisi saat itu ditawarin dibayar (gaji) dua kali lipat, ya saya senang-senang saja. Nah, akhirnya saya ikut beliau,” kata dia.

Di Kalbe Farma, dia berkarir sampai menjabat direktur keuangan. Baru setelah itu dia pindah ke salah satu perusahaan Grup Salim, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk.

“Delapan tahun di situ (Kalbe Farma), sudah diangkat jadi direktur keuangan. Saat itu umur saya 33 tahun. Nah, tahun 1989 saya ditawarin di Indomobil, juga sebagai direktur keuangan. Lalu kemudian saya pindah lagi di tahun 1990, saya ditarik ke BCA,” jelas dia.

Tapi, di awal karirnya di BCA, Jahja tidak langsung menjadi direktur.

“(Di BCA) pangkatnya turun, tidak direktur lagi, tapi jadi general manager (GM). Akhirnya saya ikut, ya tahun 1995, malah pertama saya (jadi) sebagai kepala divisi. Baru tahun 1999, waktu diangkat direktur malah yang mengangkat saya dari pemerintah, yaitu BPPN itulah kira-kira kisah sukses saya,” tutur Jahja.

Dan kini, BCA telah menjadi salah satu bank terbesar. Tahun lalu, BCA mencatat perolehan laba bersih sebesar Rp11,72 triliun atau tumbuh 8,3 persen dibanding 2011 sebesar Rp10,82 triliun.

Sementara itu, di kuartal I-2013, bank ini mencatatkan perolehan laba bersih di triwulan I-2013 sebesar Rp2,89 triliun, atau meningkat 25,5 persen bila dibandingkan tahun lalu di periode yang sama yaitu sebesar dari Rp2,30 triliun. Saat ini, total aset meningkat 11,7 persen dari Rp400,73 triliun menjadi Rp447,44 triliun. (wdi)

Lakukanlah Perubahan Dengan Langkah Nyata.

Jika saat ini hidup Anda masih miskin terus, karier Anda dikantor belum ada perubahan, bisnis Anda yang sudah dirintis cukup lama namun tidak lancar, bersegeralah mempertimbangkan untuk melakukan perubahan.

Janganlah takut, malu atau menghindar dari problema menjual atau menawarkan sesuatu kepada orang lain. Menjual bukan semata-mata untuk mencari uang, tetapi untuk menghilangkan rasa takut dan menambah percaya diri. Namun harus bersamaan dengan membaca atau kursus atau mendengarkan kaset-kaset tentang penjualan.

Jika Anda benar-benar ingin berubah, tantanglah “ide-ide lama” Anda dengan mengadopsi suatu “ide yang lebih baik”, sering kali itulah “ide yang terbaik” sebagai pembuka jalan untuk menjadi orang sukses dan kaya.

Artikel Terkait :

Motivasi Sukses.

Advertisements

One thought on “Hidup Sukses Melalui Tenaga Penjualan.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s