Mencari Pengalaman Berbisnis Itu Tidak Sulit.

Tergantung Kreativitas, Kemampuan, Kemauan Dan Tekad Anda.

20130615-132028.jpg

Mencari atau belajar untuk mendapatkan pengalaman berbisnis atau berwiraswasta itu pada prinsipnya tidak sulit. Bukan saja saya yang mengalami tapi juga dari banyak pengusaha yang suksespun menceriterakannyapun demikian. Itu masalah kemauan dan tekad aja, ngga ada rahasianya dan ngga ada tip-tipnya. Namun kreativitas dan kemampuan pribadi tetap akan menunjang akan atau tidaknya keberhasilan mendapatkan pengalaman tersebut.

Kalau Ingat Pengalaman, Saya Tidak Percaya Dan Lucu.

Seperti ceritera banyak dari pengalaman awal para pengusaha sukses yang saya baca. Saya jadi teringat juga beberapa pengalaman saya waktu kecil. Yaitu pengalaman menjual. Saya merasa tidak terlalu sulit untuk menjual sesuatu dari produk yang saya kuasai.

20130615-130105.jpgSuatu malam dahulu kala, disekitar dekat rumah, kira-kira dua jalan dari rumah saya ada keramaian, seingat saya ada pesta perkawinan yang nanggap film layar tancap. Kalau suasana seperti itu sudah pasti ramai sekali, baik pengunjung yang datang maupun pedagang makanan dan mainan. Sayapun tertarik untuk melihat film layar tancap. Nonton film dikeramaian tanpa jajan makanan kayanya kurang afdol sekali.

Namun saat itu dikantong saya tidak ada uang sepeserpun. Gimana ya ? Kebetulan dekat rumah, tetangga suka menjual es mambo, banyak teman suka membantu menjualkannya. Tanpa pikir panjang sayapun mendatanginya dan mengutarakan maksud saya. Saya dikasih satu termos es mambo, pesannya habis atau tidak habis saya harus melapor malam ini juga, ditunggu sampai jam dua belas. Boleh besok pagi, tapi saya harus setor semuanya (dianggap laku semuanya).

Tiba ditempat keramaian sudah banyak juga yg jualan es mambo, bercampurlah saya dgn mereka. Tidak lama kemudian, tiba2 ada yg bertanya “Ada es lilin ?” penjual es yg lain jelas bingung harus menjawab apa, aku spontan aja bilang “Esnya masih seger nih bang !” orang itu mendatangi saya dan membeli 2 untuk anaknya.

Ngga lama lagi ada yang nanya “Es apa nih ?”, pedagang yg lain dengan cepat serempak menjawab ”Es mambo bu”, anehnya kok saya yg didatangin oleh ibu-ibu itu, padahal saya jawabnya cuman “Esnya masih seger nih bu!”. Lumayan alhamdulillah laku lagi.

Alhamdulillah dgn keuntungan jual es, akhirnya saya bisa jajan juga dikeramaian itu, tentunya sambil jualan dan nonton film koboy dan film Idia. Asyik juga sih filmnya dar der dor melulu, ngga ketinggalan dengan selingan lagu dangdut dan lagu india setiap satu roll film habis.

Semoga pengalaman berbisnis Anda akan bertambah. Jika Anda dengan hati-hati mempertimbangkan apa yang Anda lakukan, membuat perencanaan usaha yang baik, tidak malu mendapatkan bantuan ketika Anda membutuhkannya, tidak pernah berhenti untuk bertanya-tanya pada yang sudah berpengalaman dan tentunya Anda harus tekun bekerja. Maka semua kerja keras Anda itu akan dapat mengurangi risiko usaha Anda. Tidak mustahil kesuksesan itu akanmenjadi otomatis milik Anda.

“Pakailah sedikit uangmu sendiri untuk memulai usaha kecil-kecilan.
Dari untungnya yang sedikit kita putar lagi buat mengungkit usahamu lagi.”

Tanpa Kemampuan Menjual, Bisnis Akan Melempem.

Janganlah takut, malu atau menghindar dari problema menjual atau menawarkan sesuatu kepada orang lain. Ceritera saya diatas janganlah dilihat secara tekhnis, tapi bagaimana spiritnya. Untuk lebih berkembang karier Anda, belajarlah terus menjual. Belajar menjual bukan semata-mata untuk mencari uang, tetapi untuk menghilangkan rasa takut dan menambah percayadiri. Namun harus bersamaan dengan membaca atau kursus atau mendengarkan kaset-kaset tentang penjualan.

Jika Anda bisa belajar untuk membangun bisnis Anda sendiri, terbukalah luas sebuah dunia baru dengan kesempatan financial yang tidak terbatas.

Pengalaman Usaha :

Mendapatkan Pengalaman Berbisnis Ala Bob Sadino.

Cara Mendapatkan Pengalaman Berbisnis.

Ide Usaha :

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s