Jangan Coba-coba Dalam Berbisnis, Belajarlah Pada Ahlinya.

Berisiko Mencoba-coba Dalam Berbisnis.

Kenapa Saya Selalu Tekankan, Janganlah Pakai Cara-Caramu Sendiri Dalam Berbisnis, Belajarlah Pada Ahlinya Yang Sudah Berpengalaman.

20130602-152517.jpg
Salah satu workshop yang ditujukan bagi setiap individu yang ingin memulai usaha atau pebisnis pemula.(doc. Web.Pillar Accelerator)
Tahukah Anda, bahwa menurut Small Business Administration, menunjukkan lebih dari 50% usaha kecil mengalami kegagalan di tahun-tahun pertama dan sekitar 95% bisnis mengalami kegagalan di lima tahun pertama. Sedang kalau di Indonesia hanya 2% pebisnis yang sanggup tetap bertahan sebagai wirausaha dalam jangka waktu 10 – 15 tahun. Mengapa ?

Berdasarkan informasi hasil riset diatas salah satu penyebab kegagalan bisnis adalah dalam berbisnis mereka sering melakukan cara coba-coba sendiri yang tidak profesional, tidak mengikuti kaedah-kaedah usaha yang sehat.

Beberapa permasalahan yang timbul secara umum dalam membangun bisnis :

  1. Terjadinya Kegagalan Dini.
    Membangun bisnis dari nol bukanlah pekerjaan mudah. Banyak pebisnis yang jatuh di tahun-tahun pertama usahanya karena kehabisan nafas, baik berupa dana, energi, dan motivasi. Dengan menerapkan cara-cara trial & error akibat seringnya gagal. Bayangkan, betapa sayangnya, waktu, energi, dan investasi yang Anda telah Anda keluarkan untuk kegagalan yang berulang-ulang.
  2. Lambatnya Pertumbuhan Bisnis.
    Pertumbuhan usaha perlu waktu dan proses. Tahukah Anda bahwa pada umumnya pebisnis baru memperoleh kematangan keterampilan dalam berbisnis sesudah melewati masa 5 – 10 tahun ? Masalahnya, apakah Anda mau menunggu 10 tahun lagi untuk sukses ?.
  3. Sulitnya Melipat Gandakan Omset & Laba.
    Derasnya laju globalisasi dan teknologi informasi sudah mengubah peta dunia bisnis dan investasi. Semua berjalan lebih cepat dan melompat lebih tinggi. Jika Anda tetap berbisnis dengan cara-cara lama, dengan ide-ide lama yang kolot. Anda akan ketinggalan kereta !
  4. Terjebak Dalam Bisnis Anda Sendiri.
    Ketika sibuk mengelola operasional bisnis sehari-hari, seringkali seorang pebisnis justru terjebak menjadi karyawan bagi dirinya sendiri. Seluruh waktu dan energi tersita untuk mengurusi bisnis, bahkan di hari libur sekalipun. Lama-lama yang terjadi dalam mengelola bisnis adalah timbul rasa bosan, lelah dan putus asa. Akibatnya Anda kurang fokus untuk berpikir keras demi kemajuan usaha.
  5. Karakter Pribadi Menghancurkan Kemajuan Usaha.
    Ada kalanya masalah bukan terletak pada bisnis dan persaingan, namun adanya hambatan mental yang tidak sadar Anda miliki. Kadang ketika usaha mulai maju, lupadiri malah lepas kontrol. Sayangnya baru disadari setelah semuanya terlambat.

Belajarlah Dari Ahli Yang Sudah Berpengalaman.

Banyak juga pemula yang gagal berbisnis bukan karena cara-caranya yang salah, tapi disebabkan sifat karakter pribadinya yang tidak mendukung untuk bisnisnya sendiri. Seharusnya Anda bukan saja belajar cara berbisnis tapi juga harus belajar bagaimana cara membangun karakter pribadi yang sesuai, sehingga tidak lepas kontrol sebagai pengusaha yang baru tumbuh.

“Mungkin saya atau Anda belum tentu berhasil berbinis jika hanya meniru sepenuhnya cara-cara Bill Gates berbisnis.”

Mungkin saja Anda adalah orang yang tidak tahu apa-apa perihal bisnis, atau mungkin secara teoritis Anda sudah memiliki pengetahuan bisnis, namun belum memiliki pengalaman praktis untuk menerapkan tiori-tiori tersebut. Anda belum berpengalaman berbagai aspek lainnya, yang perlu pengalaman bertahun-tahun lamanya dari seorang ahli. Itulah kenapa pentingnya belajar pada ahlinya.

Bukan saja belajar CARA membangun bisnis yang sehat tapi juga bagaimana membangun KARAKTER pribadi yang cocok yang bisa menopang keberhasilan bisnis.

Ahli yang sudah berpengalaman adalah para pelaku bisnis yang telah mengalami pahit-manisnya membangun dan membesarkan bisnis dari nol, melepaskan diri terlilit hutang ratusan juta bahkan milyaran, bangkit dari rangkaian kegagalan, menangani pemogokan dan pergantian karyawan, melipatgandakan investasi dari berbagai instrumen aset pribadi, atau berbagai aspek bisnis praktis lainnya yang hanya dapat diperoleh dari pengalaman bertahun-tahun.

Anda juga perlu belajar dari para pebisnis yang memiliki passion di bidang pendampingan yang telah dibekali dengan kekuatan metodologi berstandard global untuk melakukan pendampingan bisnis. Anda sebagai pemilik bisnis pun harus memiliki mitra untuk berdiskusi, berkonsultasi, dan berkolaborasi dengan yang berpengalaman, hangat, peduli, terbuka, dan siap mendukung kesuksesan Anda.

Anda juga perlu bimbingan dari sebuah tim Mentor yang berisi para pebisnis dan investor yang telah bertahun-tahun berkecimpung dalam dunia bisnis dan investasi, sehingga dapat menunjukkan jalan mana yang sebaiknya Anda tempuh dan mana yang sebaiknya Anda hindari berdasarkan pengalaman yang telah teruji.

Methode pendekatan belajar dari para ahli bisnis.

Training, melalui training Anda akan mendapatkan panduan cara merumuskan strategi yang tepat bagi bisnis Anda, baik dari sisi pemasaran, keuangan, operasional, sistem, pengelolaan tim, maupun berbagai aspek bisnis lainnya.

Coaching, dengan training Anda akan memperoleh “know-how” yang Anda perlukan dalam berbisnis, namun kemampuan Anda dalam mengambil keputusan dan menciptakan terobosan solusi terhadap permasalahan sehari-hari akan jauh lebih dahsyat melalui coaching. Melalui proses coaching, Anda akan memahami bagaimana cara menerapkan strategi bisnis yang paling tepat sesuai potensi, minat, bakat, dan keunggulan kompetitif yang Anda miliki.

Advising, manakala Anda masih juga menghadapi jalan buntu dalam menyelesaikan permasalahan bisnis Anda, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mendapatkan Advis sebagai bentuk pengayaan terhadap proses training dan coaching.

Therapy, ada kalanya masalah bukan terletak pada bisnis dan persaingan, namun adanya hambatan mental yang tidak sadar Anda miliki. Di sinilah pentingnya terapi untuk membongkar hambatan mental yang ada, sehingga Anda dengan ringan dapat segera melangkah mencapai kemajuan yang Anda inginkan. Terapi tentu dilakukan dalam kondisi sadar, sehingga Anda dapat melalui setiap prosesnya dengan nyaman.

Leveraging, bukan hanya “know-how”, penggalian diri, advis, dan pendampingan mental-spiritual dalam berbisnis, namun Anda bisa mendapatkan juga secara lengkap dukungan bisnis yang Anda perlukan dalam jangka panjang. Seperti pembukaan jalur pembiayaan perbankan, kerjasama komunitas pengusaha dan investor, pameran dan expo bisnis, update info dan taktik bisnis terbaru, sharing sesama pelaku usaha, serta jalur kerjasama media massa sehingga Anda dapat mempromosikan bisnis Anda secara optimal.

Demikianlah jika Anda mendapat bimbingan atau belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman Anda akan :

  • Akan terhindar dari cara-cara trial & error yang membahayakan bisnis Anda.
  • Langkah bisnis dan investasi Anda akan menjadi lebih terarah.
  • Dapat lebih optimal mencapai tujuan dengan meminimalisasi resiko kegagalan.
  • Akan mampu mencapai kemajuan usaha lebih pesat dan dalam waktu relatif lebih singkat dibandingkan jika Anda mencoba-coba dengan cara-cara Anda sendiri.

Jadi Anda Pahamkan Kenapa Saya Selalu Tekankan :

“Jika Anda Belum Berpengalaman Berbisnis, Untuk Memulai Bisnis
Janganlah Coba-Coba Atau Pakai Cara-Caramu Sendiri, Belajarlah Pada Orang Yang Sudah Berpengalaman.”

Jika Anda lahir dari keluarga atau lingkungan orang bisnis, bersyukurlah berarti Anda bisa belajar langsung dari ahlinya.

Melek Finansial :

Investasi Pendidikan :

Motivasi Sukses :

Baca artikel motivasi sukses lainnya.
..

Advertisements

5 thoughts on “Jangan Coba-coba Dalam Berbisnis, Belajarlah Pada Ahlinya.”

  1. Salam Sukses,
    hal terpenting dalam memilih maupun akan menjalankan Business Opportunity,Franchise,atau Waralaba
    bukan semata-mata terletak pada seberapa bagus produk yang akan di jual,serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk tersebut.
    pernahkah terbayangkan tiba-tiba anda harus mengganti merek disaat business sedang berkembang pesat karena adanya tuntutan dari pihak lain atas Merek yang digunakan ?
    belum lagi anda diharuskan membayar ratusan juta Rupiah karena hal tersebut diatas?

    inilah pentingnya fungsi daftar merek,desain industri,hak cipta,paten.

    Konsultasikan merekdagang anda segera pada http://www.ipindo.com konsultan HKI terdaftar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s