Mencari Kebebasan Dalam Bekerja.

Apakah Anda Termasuk Orang Yang Cepat Bosan ?

20130530-174324.jpgSaya adalah orang yang cepat sekali merasa bosan. Itu dari dulu sudah saya sadari. Namun, sifat ini sekarang sangat menyusahkan saya, hal yang menyebabkan membuat saya sering berganti-ganti pekerjaan. Selama saya belum mengerti sebuah pekerjaan, saya sangat antusias untuk menyelesaikan semua tugas pekerjaan yang dibebani kepada saya. Namun, setelah menguasai, saya langsung dilanda kebosanan, tidak lagi betah, dan saya segera pindah kerja untuk mencari tantangan pekerjaan baru lagi.

Dengan seringnya berpindah-pindah bekerja, akibatnya sampai saat memasuki usia tidak muda lagi, saya belum mempunyai pekerjaan yang bisa saya banggakan.

Itu adalah keluhan salah satu teman saya. Sekarang usia beliau akan memasuki kepala empat. Dia mengutarakan keinginannya berwiraswasta. Bingung juga saya mendapat keluhan semacam itu. Bingung bukan karena permasalahannya, tapi kata bosan itu membuat saya jadi ingat diri saya sendiri. Dimana saya telah memutuskan untuk tidak lagi bekerja dikantoran, selain jenuh, juga ingin ada kepastian dalam bekerja sampai dihari tua.

Mencari Kebebasan Dalam Bekerja.

Kebosanan adalah tifikal pribadi seseorang, dan itu adalah wajar, wajar karena sebetulnya hampir semua orang pada suatu ketika akan mengalami kondisi seperti itu. Mungkin yang dimaksud dengan temanku ini adalah bukan bosan yang umum dimiliki kebanyakan orang. Tapi ini adalah penjelmaan dari seseorang yang sangat menyukai tantangan dan hal-hal baru.

Bekerja dikantor adalah bekerja dengan suatu sistim dan prosedur yang baku. Menyimpang dari sistim dan aturan adalah suatu pelanggaran, apapun dampaknya. Anda akan dapat teguran dari atasan atau dari badan pengawas. Akibatnya jiwa kita yang suka tantangan dan hal-hal baru sulit untuk bersifat dinamis. Kalau sudah begitu, kebosananlah yang akan timbul.

Memang jika kita selalu bekerja pada bidang pekerjaan atau situasi kantor dimana banyak sekali menuntut pekerjaan rutin, maka rasa kurang tantangan ini lama kelamaan menjadi pembawaan yang membosankan, artinya bahwa ia adalah orang yang cepat bosan pada suatu bidang pekerjaan yang sudah amat dikuasai, namun dituntut untuk terus melakukan pekerjaan tersebut secara rutin. Kalau sudah begitu memang harus ada perubahan dalam berencana. Perubahan yang penuh tantangan dengan mencari kebebasan dalam bekerja.

Inventarisasi Kemampuan Dan Pengalaman.

Sebelum kita mencari pekerjaan baru atau menerjunkan diri dibidang yang baru, ada baiknya melakukan inventarisasi keahlian diri, apa saja keterampilan dan pengalaman yang kita miliki, Dengan adanya inventarisasi ini kita bisa mengambil 2 langkah perubahan besar yang dinamis dalam hidup Anda yaitu :

  1. Mencari pekerjaan bukan semata uang, tapi pekerjaan yang akan menambah hal-hal baru tentang keterampilan dan pengalaman berbisnis. Sehingga suatu saat jika Anda sudah merasa mampu atau timbul kembali kebosanan, Anda bisa memutuskan untuk menjalankannya sendiri bisnis tersebut, perubahan itu jelas tantangan baru lagi buat Anda.
  2. Membuka usaha mandiri sesuai dengan keahlian, keterampilan serta pengalaman selama Anda bekerja. Ingat membangun usaha juga sesuatu yang membosankan dan melelahkan, jika demikian apabila rasa bosan mulai mengganggu Anda, membuat inovasi baru atau melebarkan sayap usaha adalah suatu tantangan baru bagi Anda.

Kedua pilihan langkah tersebut sangat cocok untuk orang yang suka dengan pekerjaan yang penuh tantangan, dan selalu ingin bergelut dengan hal baru. Karakter ini merupakan anugerah bila kita bisa menemukan bidang pekerjaan/usaha yang cocok. Disini, fleksibilitas untuk beradaptasi terhadap perubahan merupakan salah satu kriteria untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan-keberhasilan lainnya.

Kesuksesan Anda adalah
Kumpulan dari Keberhasilan – Keberhasilan Anda.

Jika Anda adalah orang yang suka dengan perubahan, seseorang yang sangat menyukai tantangan dan hal-hal baru. Anda berhak untuk memasuki dunia usaha.



Baca artikel motivasi sukses lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s