Masihkah Anda Tertarik Untuk Menjadi Investor ?

Pertama-tama berinvestasilah dalam pendidikan.

20130525-065628.jpgSadar atau tidak disadari, dunia pendidikan sampai saat ini sepertinya untuk sebagian orang adalah sesuatu yang penting, namun banyak juga berpikir bisa juga tidak penting. Anggapan ini terus bergulir sepanjang tahun, persis seperti suasana waktu bangsa ini terjajah selama hampir beberapa ratus tahunan. Dulu penjajah tentu mempunyai rencana yang strategis yaitu agar bangsa ini bodoh untuk sepanjang abad.

Namun pemikiran strategis penjajah ini ternyata masih tertanam terus dibenak para pengurus bangsa ini, bukannya untuk menghapus sistim yang dilakukan penjajah, eh malah melestarikannya secara tidak sadar. Buktinya cari saja lah sendiri.

20130525-065702.jpg
Suatu Perjalanan Dari Anak Bangsa yang Sudah Merdeka
Jika Anda tertarik untuk mencari, Itu semua tersirat antara lain ada disekitar APBN, sistim pendidikan nasional, dan sampai-sampai hukum yang mengatur bangsa ini. Mungkin hasil pencarian Anda sendiri akan lebih apdol, bahwa sepertinya bangsa ini masih terjajah. Pada tahun 2013 ini saya sudah tua, tapi sistim UN malah bertambah amburadul. Sistim pendidikan amburadul maka bangsa inipun akan mengalami amburadul juga.

Menurut saya, dunia pendidikan di Indonesia harusnya merupakan dasar pembangunan dari semua kegiatan pembangunan bangsa ini. Pendidikan merupakan pondasi. Tanpa keahlian, pengetahuan dan keterampilan, Anda tidak bisa membangun sesuatu dengan baik. Dan sebagai bangsa yang baru lepas dari penjajahan yang begitu lama, tentu harusnya banyak perubahan dalam cara mendidik bangsa ini untuk segera secepatnya maju. Contohlah negara Jepang. Setelah negerinya porak poranda oleh bom atom, anak bangsanya dididik untuk segera membangun negerinya secepatnya dan berhasil.

Jika Anda tidak setuju dengan pandangan diatas, tidaklah masalah. Kenyataannya adalah saya mengalaminya sendiri. Saya dulu mengalami bagaimana sulitnya untuk bisa memasuki sekolah dasar, itu karena umurku kurang hanya 2-3 bulan dari persyaratan, padahal waktu itu saya sudah selesai TK. dan sudah bisa membaca dan menulis. Dan runyam lagi terus bertambah sulit pada saat mau masuk perguruan tinggi, prestasi bagus saya bertahun-tahun sejak mulai dari SD sampai SMA, ternyata tidak bisa menjamin untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, bukan karena PT. mempunyai kriteria yang tinggi, toh buktinya banyak temanku yang rada goblok bisa diterima di PT. negeri.

Sebetulnya Pikiran Kita Sudah Merdeka.

Dikatakan oleh Robert T. Kiyosaki bahwa kita mempunyai kekuatan pilihan tentang apa yang kita letakkan dalam otak kita. Apabila sebagian besar waktu kita digunakan untuk hal-hal yang penting maka kita akan menghasilkan hal-hal yang penting. Apabila sebagian besar waktu kita dicurahkan untuk hal-hal yang tidak penting, maka kita akan mendapatkan hal-hal yang tidak penting juga.

Kita bisa bebas memilih acara TV sepanjang hari, bisa sinetron sepanjang hari atau bisa juga mengikuti acara tentang kelas perencanaan finansial. Bagaimana, bisakah anda bayangkan jika kita mencurahkan waktu selama 2000 jam setahun untuk menonton film kartun. Akan jadi apakah kita?….(tentu ngga jauhlah seperti kartun!!).

Fakta, bahwa satu-satunya Aset Nyata yang semua orang memiliki adalah pikiran kita, alat yang paling kuat dan melekat di diri kita. Fakta lainnya adalah hampir sekitar 90% penduduk bangsa ini membeli TV, tapi faktanya juga hanya 10% yang membeli buku, kaset-kaset tentang investasi. Kebanyakan orang lebih memilih membeli investasi untuk dirinya daripada berinvestasi lebih dulu dalam belajar cara berinvestasi.

Robert Kiyosaki menginvestasikan US$ 385 untuk mengikuti seminar 3 hari tentang bagaimana membeli real estate tanpa uang muka sama sekali di tahun 1973, dan seminar itu menghasilkan US$ 2 juta. Dan karena satu seminar tersebut, Robert Kiyosaki tidak perlu bekerja selama sisa hidupnya.

Rata-rata orang kalau ditanya mana yang menghasilkan uang lebih banyak? Leher keatas atau leher kebawah? Sebagian besar menjawab leher keatas, tapi ketika mereka ditanya berapa besar dana, waktu, tenaga, pikiran yang dicurahkan untuk investasi leher keatas, mereka bilang sangat sedikit atau tidak pernah sama sekali.

Saya pribadi terus terang melakukannya seperti itu, maksudku diperguruan tinggi aku tidak selesai, investasi untuk membeli buku, kaset, seminar untuk terus meningkatkan diri kurang sekali saya lakukan. Berbahasa Inggris saya amburadul, pengetahuan tentang finansial boleh dikata nol. Kekurangan itu semua menyebabkan sangat menghambat karier saya untuk bisa lebih sukses. Dan saat seusia tua ini barulah saya sadari, setiap kesuksesan itu ada harganya. Semakin telat melakukannya semakin mahal biayanya.

Semakin Awal Berinvestasi Semakin Murah Harganya.

Apabila anda ingin merubah hidup, ada hal utama yang bisa merubah hidup anda, yaitu :

“Apapun yang telah dimasukkan kedalam otak Anda.”

Artinya jika pikiran Anda telah dilatih untuk sesuatu hal. Maka apabila hal itu telah bisa Anda lakukan, Anda tidak perlu lagi berpikir atau mengingat-ngingat bagaimana cara-caranya, tapi secara otomatis Anda akan bisa melakukannya.

Contohnya belajar mengemudikan mobil atau sepeda, begitu Anda sudah berlatih dan mahir, membawa mobil itu sudah secara otomatis. Anda mengendarai mobil sudah bisa sambil berbicara melalui handphone, sambil makan sepotong roti, sambil memikirkan masalah pekerjaan dikantor, atau sambil mendengarkan radio dan ikut bernyanyi.

Kalau demikian kenapa kita tidak mencari tahu apa saja yang penting harus masuk kedalam otak kita ?. Janganlah membuang-buang waktu dengan menggunakan cara-cara Anda sendiri, belajarlah dari orang yang sudah sukses, orang yang sudah ahlinya. Untuk bisa menjadi investor yang baik, salah satunya yang harus Anda masukan kedalam otak Anda adalah kecerdasan finansial atau visi tentang finansial. Dengan demikian Anda bisa secara otomatis membaca berbagai macam laporan keuangan.

Menurut Robert T. Kiyosaki, yang memerlukan waktu paling panjang dalam menemukan investasi yang bagus adalah bagaimana menganalisa angka-angka. Belajar membaca laporan keuangan adalah proses yang rumit, khususnya ketika Anda baru mulai belajar. Untungnya untuk mengulas kesempatan berinvestasi, semakin lama Anda melakukannya, Anda akan semakin mudah dan cepat, malah hampir nyaris otomatis, tanpa berpikir.. persis seperti mengendarai sepeda atau mobil. Belajar menerapkan dasar-dasar pengetahuan keuangan dan akutansi untuk berinvestasi tidak akan Anda dapati disekolah. Seperti belajar naik sepeda, Anda harus mencobanya sendiri.

Mulai sekarang sediakanlah waktu Anda untuk berlatih mencatat dan mengisi Laporan keuangan Anda dan secara tertib memperbaruinya. Terlepas apakah Anda tertarik pada mereka atau tidak, bacalah laporan-laporan keuangan perusahaan dan carilah informasi apa hubungannya dengan perkembangan usaha mereka.

Dengan membaca, mengkaji, dan menganalisa laporan-laporan keuangan mereka Anda akan tahu lebih banyak mana perusahaan yang baik dan mana yang tidak baik perkembangannya. Sekalipun awalnya Anda melakukannya dengan lamban dan sulit, dalam tempo beberapa tahun proses itu akan semakin cepat, mudah dan mengasyikan. Dengan begitu Anda tentunya mempunyai kesempatan untuk bisa mendapatkan investasi yang baik, dengan risiko yang kecil (boleh dikata tidak ada) dan tentunya dengan keuntungan yang besar.

Pakailah sedikit uangmu sendiri untuk memulai berinvestasi, Anda akan heran melihat kecerdasan Anda akan cepat bertambah kalau mempertaruhkan uang Anda sendiri. Jangan gunakan uang bank, uang teman atau uang pembayaran sekolah. Cukup pakai sedikit uang Anda untuk memulai berinvestasi dan… Kemudian …. perhatikan serta belajarlah.

Melek Finansial :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s