Definisi Dan Tujuan Sukses.

Anda ingin sukses ?

Jawabannya yang umum pasti iyalah ! Apakah Anda tergolong orang sukses ? Jawabannya pasti ngga jelas lah !. Entah tidak paham apa itu sukses, entah merasa malu, entah merasa kurang percaya diri. Hanya orang tertentu saja yang bisa menjawab dengan jelas. 

Mencari kesuksesan tanpa memahami definisi dan tujuan akhir sukses, tentu Anda  akan menemukan kesulitan dalam memahami pencapaian sukses. Menjadi kaya raya  dengan cara merampok, korupsi, menipu orang, minta bantuan dukun. Itu bukanlah kesuksesan hidup, itu adalah kegagalan hidup, kehidupan Anda bisa dikatakan telah celaka, tersesat !.

Sukses Dunia dan Akherat Dambaan Semua Orang.

Masuk surga adalah merupakan tujuan akhir hampir semua orang. Bisa tinggal abadi disurga merupakan hasil berbagai kesuksesan dari perjuangan hidup yang berdarah-darah didunia. Namun kenyataannya, banyak sekali orang mati-matian untuk hidup sukses didunia dengan tujuan akhir yang berbeda-beda. 

Sukses mencari kekayaan demi kesenangan semata, banyak beramal demi mencapai ketenaran saja, menjalankan sholat dirumah demi mertua saja dll. Itulah sebabnya jika kita kurang memahami apa itu kesuksesan, hidup kita bisa saja tersesat, celaka dan tidak jadi kesurga.

Jadi  yang dikatakan sukses dalam hidup itu adalah sukses yang bagaimana ?.

Banyak artikel atau tulisan yang membahas tentang kesuksesan, itu semua ternyata membuat kita semakin sulit untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan yang bisa diterima semua orang, kesuksesan yang mendapat ridho sang pencipta. Untuk pastinya bagaimana jika kita pahami ayat dari surat Al Qur’an yang datangnya dari Sang Pencipta langsung di bawah ini :

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal
belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-
orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka
dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-
macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang
beriman bersamanya: Bilakah datangnya pertolongan Allah.
Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.”
(QS. 2:214)

Jadi untuk bisa sukses hidup didunia sehingga akhirnya masuk surga, kita harus memahaminya sbb :

  1. Dalam mencapai tujuan untuk keberhasilan-keberhasilan (sukses) didunia. Anda harus mempunyai tujuan akhir (motivasi) yang kuat yaitu masuk sorga, tujuan akhir manusia yang diridhoi oleh Allah.
  2. Bagian dari sukses didunia, Anda harus berhasil menjadi orang yang beriman. Yakin akan keberadaan Allah.
  3. Anda harus menyadari akan mendapatkan cobaan hidup didunia yaitu ditimpa malapetaka,  kesengsaraan dan kesulitan.
  4. Anda harus berjuang dengan mati-matian agar berhasil mengatasi cobaan tersebut. Jauhkan apa yang dilarang dan kerjakan apa yang diperintahkan Allah.
  5. Anda tidak boleh merasa pinter sendiri, sepinter-pinternya Anda, Anda harus belajar dan berkerja berdasarkan sunnah nabi dan Al Qur’an. Seperti orang-orang beriman sebelum Anda.
  6. Untuk mencapai keberhasilan didunia, Anda tidak boleh sombong, memohon hanya kepada Allah agar selalu mendapatkan pertolongan dari Allah.
  7. Apapun yang terjadi Anda harus tetap selalu beriman kepada Allah karena Dia itu selalu dekat.

Jika Anda berhasil menjalankan hidup seperti diatas, itulah suskses hidup Anda didunia. Dan tujuan akhir dari keberhasilan-keberhasilan hidup itu (sukses) Insya Allah Anda akan diridhoi Allah untuk masuk surga.

Jadi sebetulnya apa sih definisi sukses ?.

Dari surat Al Qur’an diatas dan untuk pemahamannya lebih jauh lagi, mari kita coba cari dahulu arti kata sukses dalam Kamus Besar Bahasa  Indonesia, ternyata sukses memiliki arti sebagai “berhasil” atau “beruntung”.

Namun apakah sesuatu yang disebut berhasil atau keberuntungan itu selalu bisa tergolong dikatakan sukses ?. 

Contohnya seperti bagaimana bisa naik sepeda.
Bagi anak kecil atau orang dewasa yang sedang belajar naik sepeda, ia akan berusaha habis-habisan, jatuh bangun, keseleo, luka, nabrak,  kadang masuk got, dan lain-lain kesulitan. Jika suatu saat ia berhasil mengendarai sepeda dengan mengayuh beberapa kali dan meluncur dengan baik dan terkendali. Maka keberhasilan untuk dapat mengendarai dan mengendalikan sepeda adalah salah satu kesuksesan dalam hidupnya. 

Tapi bagi Anda yang setiap hari bekerja dengan mengendarai sepeda, apakah bisa dikatakan naik sepeda  tergolong suatu kesuksesan ?. 

Berdasarkan hal diatas, setelah kita mengetahui proses mencapai sukses, mari kita coba definisikan apa itu sukses.

Definisi Sukses :

Sukses adalah suatu pencapaian hasil yang dapat dipahami secara  umum sebagai suatu keberhasilan usaha  yang positip, bukan suatu keberuntungan, bukan suatu kecurangan atau bukan suatu hal yang biasa-biasa saja, keberhasilan tersebut didapati harus dengan penuh perjuangan dan mati-matian dengan melewati cobaan baik malapetaka, kesulitan ataupun kesengsaraan. 

Bagaimana Jalan Untuk Meraih Sukses.

  • Jika Anda kurang begitu tahu definisi sukses, tentu Anda  akan menemukan kesulitan dalam memahami pencapaian sukses. Menjadi kaya raya  dengan cara merampok, korupsi, menipu orang. Itu bukanlah kesuksesan hidup, itu adalah kegagalan hidup.
  • Mengetahui definisi sukses dan setelah itu memahami inti arti sukses, itu berarti Anda sedang melangkahkan kaki untuk menuju kesuksesan. Anda akan siap belajar apapun dari orang-orang sukses jika Anda tahu kekurangan Anda. Siap menghadapi  segala macam kesengsaraan dan kesulitan. Karena dalam perjalanan memang akan ada banyak cobaan.
  • Jika Anda sudah tidak lagi kebingungan dalam mengartikan tujuan dan cobaan menuju sukses, berarti Anda sudah bisa fokus untuk mencapai tujuan dan meraih kesuksesan. Anda akan mencari jalan menuju kesuksesan, Anda akan membuat program pencapaian dan berusaha sepenuhnya untuk meraih kesuksesan itu.

Motivasi, Tujuan Sukses dan Tujuan Akhir Sukses.

Tujuan sukses boleh sama, tapi tujuan akhir sukses setiap orang boleh berbeda-beda. Tujuan sukses itu harus jelas, harus bisa dijabarkan, harus bisa dimengerti dan dapat dipahami oleh Anda ataupun oleh orang lain yang terlibat. Sehingga tujuan sukses bisa dibuatkan programnya untuk bisa mencapai keberhasilan.

Sedangkan tujuan akhir kesuksesan, mungkin saja hanya Anda yang tahu, hanya Anda sendiri yang paham. Mungkin bagi orang lain yang mengetahui tujuan akhir Anda, tujuan akhir Anda akan dianggap aneh, tidak masuk akal, tidak mugkin, atau luar biasa. Tapi bagi Anda itu adalah sesuatu yang harus bisa dicapai. Itulah Motivasi Anda yang sebenarnya, tujuan Akhir dari sukses Anda.

Itulah yang saya alami, mungkin juga sebagian dari Anda untuk bisa sukses. Tujuan akhir sukses berbeda untuk orang yang berbeda. Jika Anda atau semua orang ingin pergi bertujuan kekota bogor, tidak salah kalau semua orang mengartikan sama, bahwa Bogor itu adalah kota yang berada tidak jauh dari Jakarta dan  bisa kita capai dengan berbagai cara mulai dari jalan kaki sampai berkendaraan yang tercepat.

Tapi tujuan akhir Anda dan orang-orang itu ke Bogor, kemungkinannya setiap orang macam-macam. Ada yang ingin bertemu keluarga, ada yang ingin bertamasya, ada yang hanya ingin tahu sekali, ada yang ingin bersenang-senang bersama keluarga dan juga tujuan yang lain. Itulah sebetulnya motivasi yang kuat dari Anda untuk bisa pergi dan sampai ke tujuan yaitu kota Bogor.

Begitu juga tujuan akhir sukses bisa berbeda bagi setiap orang. Itulah motivasi yang terpendam dalam diri Anda. 

Itulah perlunya motivasi yang kuat yang akan membuat orang mati-matian berjuang agar tujuan suksesnya berhasil.

Jika Anda  sudah mempunyai  tujuan sukses, namun tidak didukung oleh motivasi yang kuat, Anda akan cepat menyerah ditengah jalan. Itulah sebabnya banyak orang yang gagal mencapai sukses, walaupun mempunyai tujuan yang jelas namun tidak didukung oleh motivasi yang kuat.

Kesuksesan Hidup Anda adalah
Kumpulan dari Keberhasilan – Keberhasilan Anda.

Saya bukanlah ahli agama, mudah-mudahan pemahaman saya mengenai surat Alqur’an diatas tidak terlalu menyimpang dari tafsir yang sesungguhnya. Hanya Allah yang Maha Tahu.

“Ya Allah sukseskanlah untukku agamaku, karena ia adalah benteng keselamatan urusanku. Sukseskanlah untukku duniaku, karena ia adalah tempat kerjaku. Sukseskanlah untukku akheratku, karena ia adalah tempat kembaliku. Jadikanlah waktu hidupku penambah setiap kebaikan, kematiaanku pemutus setiap keburukanku” (HR. Bukhari)

Definisi Dan Tujuan Sukses.

Merubah Mental :

Advertisements

12 thoughts on “Definisi Dan Tujuan Sukses.”

  1. Pingback: Site Title

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s