Perencanaan Keuangan Dalam Rangka Melek Finansial

Membuat Anggaran.

20130310-173346.jpgSetelah Anda membuat pos-pos keuangan, mencatat semua kegiatan keuangan secara rutin. Sehingga Anda sekarang telah mempunyai informasi cashflow kehidupan keuangan keluarga. Dengan demikian, Anda sekarang sudah bisa masuk pada tahapan perencanaan keuangan.

Salah satu dari perencanaan keuangan adalah bagaimana membuat anggaran (budget) rumah tangga sehingga kondisi keuangan Anda menjadi lebih baik.

Membuat Anggaran rumah tangga sebetulnya adalah sesuatu yang sangat sederhana yaitu bagaimana menentukan batas maksimal dari setiap pos-pos pengeluaran pada awal periode (biasanya awal bulan) untuk periode tertentu (biasanya satu bulan). Jika pos pemasukan lebih dari satu dan berubah, masukan juga batasannya.

Jika pada akhir periode (akhir bulan) posisi pos tersebut lebih besar dari pengeluaran yang sebenarnya kita sebut over budget. Jika posisi posnya lebih kecil dari pengeluaran yang sebenarnya itu berarti kita sebut under budget.

Dengan adanya pembuatan anggaran ini, setiap saat kita bisa dengan pasti mengetahui pos mana yang sedang under budget, sehingga kita bisa melakukan pengereman pengeluaran. Atau jika pengereman sulit dihindari kita bisa memanfaatkan pos yang sedang over budget. Sehingga dengan demikian, dengan pembuatan anggaran kita bisa mengontrol semua pengeluaran dengan lebih baik dan bijaksana.

Meningkatkan pemasukan adalah sesuatu yang sangat sulit, karena hal itu menyangkut kebijaksanaan perusahaan tempat Anda bekerja. Kecuali jika Anda mempunyai bisnis sendiri. Cara yang paling bijak adalah mengatur dan memperkecil pengeluaran belanja. Untuk itu Anda harus mempunyai prinsip.

Prinsip pengeluaran uang yang bijak adalah dengan mengatur dan memperkecil dari tiga kelompok pengeluaran yaitu :

  • Pertama adalah bahwa kebutuhan hidup adalah sesuatu yang mempunyai prioritas tertinggi dalam pengeluaran.
  • Kedua adalah bahwa yang namanya keinginan adalah sesuatu yang bisa ditunda dengan tidak menimbulkan resiko.
  • Ketiga adalah cita-cita atau harapan masa depan, dimana untuk memenuhi harapan tersebut walaupun dengan susah payah Anda harus bisa BERENCANA untuk memenuhi. Itulah pentingnya pencatatan agar Anda melek finansial.

Dengan prinsip diatas kita akan berusaha membuat anggaran dengan kondisi sebijak mungkin. Sehingga selalu terjadi adanya kelebihan uang diakhir periode, dengan demikian sisa uang dari anggaran tersebut bisa kita buat untuk perencanaan keuangan dengan mencari bentuk investasi yang lebih baik dan menguntungkan untuk dimasa mendatang. Seperti jaminan pendidikan putra-putri, rumah tinggal, jaminan kesehatan, jaminan hari tua, pergi haji (muslim), dan cita-cita lainnya.

Artikel terkait Perencanaan Keuangan.

Halaman 1. Pos-pos keuangan.
Halaman 2. Cashflow Harian.
Halaman 3. Laporan atau Informasi Keuangan.
Halaman 4. Membuat Anggaran.
Halaman 5. Merencanakan Keuangan.

Artikel category Melek Finansial lainnya.

Advertisements

2 thoughts on “Perencanaan Keuangan Dalam Rangka Melek Finansial”

  1. Itu hal wajar.. mba..
    Siasati dengan memasukkan total globalnya saja sesuai bulannya. Sehingga pengeluaran tetap tercatat dan terkontrol… Suatu saat jika sangat-sangat perlu ya koreksi lagi… Santai Aja.. yang penting kita tau kemana uang kita.. Ngga ditilep suami ya ngga… Heh he..

  2. Artikel yang bagus, mengingatkan saya untuk mencatatkan kembali pemasukan pengeluaran rumah tangga. Biasanya bon2 belanja saya tumpuk dulu klo sdh byk baru masukkan ke pembukuan, ternyata terlalu banyak malah malas :D.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s