Perencanaan Keuangan Dalam Rangka Melek Finansial

Mengelola Cashflow Harian.

Memahami Manajemen Cashflow.

20130310-171834.jpgCashflow atau arus kas adalah aliran uang yang mengalir mulai dari kita mendapatkan uang, menyimpan, mengembangkan, dan mengeluarkan dengan secara teratur, bijak dan disiplin.

Pengetahuan akan cashflow merupakan hal penting untuk diketahui agar keuangan keluarga kita tidak kacau balau dan harus dapat dipantau. Itulah salah satu yang dikatakan Anda telah melek finansial.

Saya terkesan dengan sebuah ungkapan yang cukup menarik dari sebuah blog keuangan keluargamuslim yaitu :

“tidak peduli keuangan Anda sedang defisit, yang penting Anda tahu kemana mengalirnya uang tersebut.”

Dengan kedisiplinan dan kerapian membuat cashflow dari semua kegiatan uang kita untuk setiap bulannya. Maka bisa saja terjadi antara bulan satu dengan bulan lainnya ada perbedaan jumlah pengeluaran rutinnya. Hal ini disebabkan karena adanya pengeluaran rutin baik secara kuartalan, semesteran ataupun tahunan.

Dengan adanya pembuatan cashflow secara rutin, Anda bisa melihat semua pengeluaran setiap bulannya dan anda bisa mencocokan apakah ada perbedaan pada setiap masing-masing bulan. Dengan demikian Anda bisa mengantisipasi jauh hari jika tahu akan ada pengeluaran besar dikemudian hari.

Alat Pencatat Cashflow Harian.

Untuk mencatat masuk dan keluarnya uang, tidak diharuskan menggunakan peralatan canggih seperti komputer atau lainnya. Begitu juga frekwensi pencatatannya tidak harus setiap saat atau setiap hari. Namun jika ada komputer itu akan lebih baik.

Untuk mudahnya simpan saja semua pengeluaran Anda setiap harinya dalam ponsel Anda dalam bentuk note. Setiap akhir minggu pindahkan semua aktifitas keuangan tersebut kedalam setiap pos atau masing-masing amplop yang telah kita sediakan sebelumnya.

Jangan memindahkan kegiatan keuangan tersebut lebih dari sebulan, dari pengalaman akan membuat Anda merasa lebih repot dan tidak akurasinya lagi posisi keuangan antara dalam dompet anda dengan catatan didalam amplop. Lama kelamaan Anda akan merasa tidak ada lagi gunanya keberadaan amplop-amplop tersebut.

Sikap Kesederhanaan.

Dalam pembuatan casflow harian Anda, Anda harus bersikap sederhana. Kesederhanaan adalah kesadaran untuk mengontrol kebutuhan pokok kehidupan berkeluarga. Kesederhanaan sama halnya dengan seni. Kesederhanaan memerlukan tidak hanya membuang kemewahan hidup, tapi juga perubahan cara pandang dari dalam. Namun jangan sampai kesederhanaan merusak kepuasan kehidupan berkeluarga.

Intisari dari kesederhanaan, yaitu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, menjadi sangat penting dalam menumbuhkan hubungan yang selaras dan lebih sehat berkenaan dengan uang. Dalam hal ini tidak ada rumus yang dapat memenuhi standar semua orang.

Sikap dasar kita terhadap uanglah yang paling memegang peranan penting dan menentukan. Mereka yang dapat mengelola arus kasnya dengan bijak akan dapat menyisihkan atau menyimpannya dengan mudah.

Mereka melihat uang bukan sebagai tujuan akhir, tetapi lebih melihat apa yang dapat dilakukan dengannya. Tentu dengan menyeimbangkan keinginan dan kepuasan dengan keterbatasan pemasukan yang ada.

Artikel terkait Perencanaan Keuangan.

Halaman 1. Pos-pos keuangan.
Halaman 2. Cashflow Harian.
Halaman 3. Laporan atau Informasi Keuangan.
Halaman 4. Membuat Anggaran.
Halaman 5. Merencanakan Keuangan.

Artikel category Melek Finansial lainnya.

Advertisements

2 thoughts on “Perencanaan Keuangan Dalam Rangka Melek Finansial”

  1. Itu hal wajar.. mba..
    Siasati dengan memasukkan total globalnya saja sesuai bulannya. Sehingga pengeluaran tetap tercatat dan terkontrol… Suatu saat jika sangat-sangat perlu ya koreksi lagi… Santai Aja.. yang penting kita tau kemana uang kita.. Ngga ditilep suami ya ngga… Heh he..

  2. Artikel yang bagus, mengingatkan saya untuk mencatatkan kembali pemasukan pengeluaran rumah tangga. Biasanya bon2 belanja saya tumpuk dulu klo sdh byk baru masukkan ke pembukuan, ternyata terlalu banyak malah malas :D.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s