Entrepreneur dan Administrasi Bisnis.

20130216-234724.jpg

Pentingnya Pengetahuan dan Keterampilan Usaha.

Semenjak saya meninggalkan kantor tempat saya berkarier, dunia kewirausahaan menjadi begitu menarik. Ditengah dinamika perubahan ekonomi dan bisnis global yang sangat cepat, ternyata modal dan keberanian saja tidak cukup untuk bisa dihandalkan. Untuk membangun usaha sangat diperlukan pengelola bisnis yang handal baik dari aspek strategis maupun operasional usaha.

Perubahan global telah juga mengubah peran, kontribusi dan posisi usaha mulai dari kemampuan mengekseskusi proses operasional, menciptakan hubungan harmonis antara internal dan eksternal sampai pada aspek penciptaan proses bisnis berkesinambungan melalui proses innovasi dan kreativitas.

Selama saya terjun dalam dunia usaha, prospek di kewirausahaan umumnya cukup baik. Bisa untuk segera memulai bisnis baru atau kadang-kadang suatu bisnis lama butuh sedikit bantuan Anda untuk terus berjalan, sehingga mungkin saja ada beberapa kesempatan tersedia untuk Anda, itu tergantung pada keterampilan individu dan pengalaman Anda.

Dengan mempelajari bidang Ilmu Administrasi Bisnis yang meliputi fungsi-fungsi bisnis seperti pemasaran, keuangan bisnis, sumber daya manusia, operasi bisnis, mata kuliah teori dan perilaku organisasi, kepemimpinan, kewirausahaan, perencanaan dan simulasi bisnis, teori pengambilan keputusan, dan ilmu pendukung lainnya. Serta diperkuat dengan berbagai praktikum bisnis. Itu semua bisa menambah tingkat keahlian dan ketrampilan Anda.

Dengan demikian, Anda dapat memilih untuk menggunakan keterampilan baru tersebut untuk menemukan bisnis Anda sendiri, dan sementara orang lain juga mungkin menemukan pekerjaan sebagai konsultan bisnis, manajer, eksekutif atau sebagai strategi bisnis.

Pengetahuan Administrasi Bisnis.

Selama ini administrasi selalu diposisikan lebih rendah dari manajemen dan hanya mengerjakan pekerjaan clerk semata. Padahal, administarsi jauh lebih tinggi dan elegan dibanding dengan manajemen. Sebab, administrasi seharusnya difungsikan sebagai penentu kebijakan perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi penentu arah arah organisasi dan kontrol akhir pengelolaan bisnis.

Jadi dapat disimpulkan administrasi bukanlah clerk melainkan penentu kebijakan perusahaan.

Dalam tataran strategis dan operasional, pengelola bisnis harus memiliki 5 kriteria, yaitu :

  • Helicopter View: kapasitas melihat dalam kerangka lebih luas.
  • Analysis: kemampuan mengevaluasi situasi dan kondisi bisnis dengan logis.
  • Imagination: kemampuan kreativitas, inovasi dan selalu berpikir outside the box.
  • Reality: kemampuan menggunakan informasi secara realistic dan rasional.
  • Leadership: kemampuan untuk memimpin dan mampu menjadi inspirasi bagi bawahan.

Untuk itu, seorang pengelola bisnis diharapkan mampu memadukan aspek pemasaran, sumberdaya manusia, keuangan/akuntansi, produksi dan operasional.

Banyak orang berpikir entrepreneur sebagai semata-mata pembentukan bisnis baru, tapi sebetulnya jauh lebih dari mengetahui bagaimana untuk memulai sebuah perusahaan baru.

Dengan Anda memahami dan mengembangkan pengetahuan mengenai ilmu Admnistrasi bisnis, Anda dapat melihat persoalan bisnis secara lebih holistik, pemecahan masalah lebih kreatif, mampu menganalisis dan mensintesis konsep untuk pemecahan masalah, sehingga memiliki kemampuan sebagai pelaku bisnis profesional baik intrapreneur maupun entrepreneur.

Jika Anda punya waktu dan biaya, serta tertarik dengan dunia usaha, untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan Anda. Saran saya, ikuti saja program studi Ilmu Administrasi Bisnis. Salah satu tempatnya, ada di Program studi Ilmu Administrasi Bisnis (IAB) IBII dan juga Program studi MBA-ITB atau pada Perguruan Tinggi lainnya. Atau.. coba aja deh yang gratisan di .. Academica Sulitnih ..he .. he… Haiyaaa..

Advertisements

3 thoughts on “Entrepreneur dan Administrasi Bisnis.”

  1. Belajar ilmu bisnis memang sangat penting, terlebih untuk kita kehidupan di masa mendatang, jika mau berusaha merintis dari awal akan sangat bermanfaat sekali.

    1. Apapun cita2 mendatang,
      ilmu Bisnis tetap merupakan panduan atau malah pegangan untuk bisa sukses dalam hidup dan kebebasan finasial.

      Ok Panji. makasih atas supportnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s