Citra nyaris jadi segalanya.

Berpakaian Rapi.

20130216-180824.jpg

Awalnya, saya bekerja diperusahaan asuransi pemerintah dibagian Electronic Data Processing. Pakaian dengan lengan pendek tanpa dasi adalah pakaian sehari-hari. Namun sejak saya bekerja disebuah kantor bank swasta, berpakaian yang rapi, baju dengan lengan tangan panjang, dan berdasi sepertinya menjadi keharusan. Sehari-hari jarang sekali saya bertemu dengan customer dari perusahaan, malah boleh dikatakan tidak pernah. Jadi buat apa baju lengan panjang dan dasi ini, agak risih saya sebetulnya dengan pakaian seperti ini.

Setelah saya berwiraswasta, kebiasaan berpenampilan dan berpakaian rapi tetap saya jalani. Lain halnya dengan teman (asisten) saya yang sudah lama sejak lulus sekolah langsung terjun kedunia usaha, dia hanya berpakaian sekedarnya saja dan dengan memakai alas kaki yang seperti tidak terawat dengan baik. Ternyata dengan cara saya berpenampilan dan berpakaian yang lebih rapi, saya lebih mudah dan cepat dikenal oleh client. Itu sesuatu hal diluar perkiraan teman saya yang sudah cukup lama didunia usaha.

“Para klien mencintai dengan hatinya, sejujurnya, tetapi cinta dimulai dari mata. Berpakaianlah seperti yang perusahaan Anda idamkan,” Harry Beckwith, What Cliens Love.

Ada ceritera lain lagi bagaimana kisah dibalik kesuksesan sebagai pemimpin seperti yang ditulis oleh Carmine Gallo, awalnya ia bingung dengan pernyataan Matt Eversmann, Army Ranger yang memimpin pasukannya dalam peperangan di Mogadishu tahun 1993.

“Ini dimulai dengan bagaimana Anda memakai seragam Anda,” kata Evetsmann. ” Standar berpakaian dalam militer sangat tinggi. Para pemimpin melampaui apa yang diharapkan dan selalu tampil lebih baik daripada para bawahan mereka”.

Seorang mantan penulis naskah pidato Gedung Putih. Penulis tersebut membuat pengamatan yang menarik – Reagen selalu terlihat baik daripada semua orang – dalam foto, rapat staff, dan penampilan publiknya. Ini tidak lepas dari hasil kerja penjahit pribadi Reagen tulisnya.

Jadi jelaslah, terjawab kerisihan saya dan kebingungan Carmine Gallo dari jawaban Eversmenn, para pemimpin terlihat sedikit lebih baik dari pada bawahan mereka. Termasuk para pembicara bisnis terhebat di dunia. Mereka selalu tampil berbeda, berpakaian rapi, tampil apik, dan fit untuk memimpin.

“Para klien akan tersanjung ketika Anda berpakaian rapi untuk satu kesempatan. Orang-orang akan tersanjung ketika mereka berpikir bahwa Anda akan tampil sedikit spesial untuk mereka. Ini adalah satu pujian yang tidak dinyatakan dengan kata-kata.” Barbara Corcoran, pendiri The Corcoran Group.

Tip berpakaian bagi pria dari Zimmer.

  • Jika satu setelan pas untuk Anda maka kenakan. Setelan yang pas adalah hal yang paling penting, bahkan lebih penting daripada bahannya. Penampilan kedodoran sudah basi !.
  • “Setiap orang harus punya setelan warna biru laut, abu-abu, dan hitam. Anda akan terlihat bagus dalam balutan ketiga warna tersebut,” ini membuat pakaian-pakaian terlihat unik dengan aksesori yang tepat seperti dasi, kemeja, ikat pinggang, dan sepatu.
  • Tetap gaya, sebaiknya sebagian besar pria memperbarui koleksi pakaiannya minimal sekali dalam setahun. Hindari pemakaian setelan yang sama untuk dua kali dalam satu minggu.

Saran berpakaian dari Tory Johnson khususnya wanita.

  • Ikuti sisi konservatif Anda. Celana panjang juga dapat diterima hampir semua jenis pekerjaan dewasa ini. Tentu celana panjang bisnis atau pantalon. Hindari pakaian yang jelas kelihatan ketat.
  • Jangan memakai makeup atau parfum yang berlebihan. Alami dan sederhana akan lebih baik.
  • Perhatikan detailnya, ini sangat berpengaruh. Tidak ada sepatu yang lecet atau baju dengan kancing hilang.
  • Berpakaianlah yang secara pantas, Anda harus bisa tampil sesuai acara yang sedang berlangsung atau tempatnya.

Untuk menjaga citra Anda secara total dalam penampilan, selain berpakaian dan penampilan, perhatikan tingkah laku dan cara Anda berjalan serta bagaimana cara Anda berbicara dan berkomunikasi. Setidak-tidaknya dengan menjaga penampilan Anda yang menarik, perhatikan pasti ada perubahan yang mengejutkan. Untuk Anda yang sedang melamar pekerjaan, bisa dirasakan sudah bisa lulus pada tahap interview awal atau mungkin sudah bisa diterima sebagai tenaga pemasaran dibanding yang tidak berpenampilan menarik.




Advertisements

8 thoughts on “Citra nyaris jadi segalanya.”

    1. Wah Mba ora opo2 kok…seadanya.. Wesh cantik iki kok… He he maaf.. Sok akrab nih… Seadanya bukan berarti kemben aja kan?..
      Betawi mo ngomong jawa.. Ngawur deh nih.. Maaaf ya..

  1. Yap setuju Gan. Karena Kesan Pertama itu Datangnya dari Penampilan kita. Biasanya orang akan menilai penampilan kita terlebih dahulu. Dan itulah yang kemudian akan emmbentuk Citra Kita.

    Salam Kenal!
    Ditunggu kunjungan BAliknya dan Komentar2 Hebatnya.
    http://wp.me/p1yPIN-2s

    1. Mks Gan.. walaupun ada sebagian orang ingin tampil apa adanya.. Namun tetap jika sudah berhubungan dengan clien.. Standar penampilan adalah tuntutan umum…. Kecuali Klau sudah top banget.. terserah deh.. Egp..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s