Mau Jadi Pengusaha ? Miliki Keterampilan Ini.

Bersama :

Sulit Memulai Usaha

Anda butuh informasi mengenai pengalaman, keahlian, keterampilan untuk memulai usaha ?. Sebelum Anda mengikuti berbagai macam kursus atau kelas kewirausahaan, sebaiknya staylah dahulu diblog ku. Sedikit banyak Insya Allah akan membantu Anda. Dengan demikian jika Anda berada didalam kelas mengenai kewirausahaan, Anda tidak terlalu bingung dan Anda bisa berkonsentrasi untuk mengikui hal-hal yang lebih detail dan mendalam.

Pengetahuan dan Ketrampilan Untuk Menjadi Pengusaha.

20130104-082236.jpg
Ketrampilan & Keahlian Pengusaha – Sulit Memulai Usaha

Pentingnya informasi untuk menjadi pengusaha.

Setelah terjadi PHK, memang saya telah memutuskan mau menjadi pengusaha. Mencari pekerjaan dikantor bukanlah pilihan saya lagi. Mencari informasi pengetahuan dan keterampilan apa yang dibutuhkan untuk mudah memulai usaha. Ternyata, mencari informasi itu sama sulit jika dibanding untuk bisa segera memulai membuka usaha.

Internet pada saat itu masih barang baru, dan tentunya barang baru biasanya tergolong masih mahal dan langka. Buku-buku bacaan mengenai wiraswasta cukup banyak ditoko buku, namun isi dari materi buku terlalu sedikit, sulit dipahami. Tidak seperti sekarang didunia maya, informasi mengenai kewiraswastaan melimpah, baik berbahasa indonesia maupun dalam bahasa Inggris.

Di jaman sekarang ini jendela dunia informasi sudah terbuka lebar, informasi menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting, seseorang yang kurang agresip untuk mendapatkan informasi dan hanya mengharapkan seseorang datang untuk memberi informasi biasanya tertinggal, sedangkan seseorang yang giat atau aktif mencari informasi, apakah itu dari internet atau membaca surat kabar, buku, kliping atau, dan sering berkumpul dengan teman atau koleganya biasanya banyak mendapatkan berita baru.

Ketrampilan dasar seorang calon pengusaha yang ingin sukses adalah harus suka dan mampu dalam mencari dan menganalisa berbagai macam informasi. Khususnya tentu informasi dunia usaha.

Untuk Anda yang ingin jadi pengusaha, agar mudah mempelajari keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan pengusaha, saya coba rangkum dari apa yang pernah saya pelajari dari promagmulia.com dan beberapa motivator. Topik yang akan saya sampaikan adalah keahlian dan ketrampilan yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha.

Pengetahuan dan keahlian dalam bidang perusahaan.

Ada beberapa pengetahuan yang perlu dikuasai dalam bidang usaha adalah :

  • Anda harus tahu tentang Pesaing Anda, baik pesaing yang baru masuk dalam dunia usaha, maupun pesaing yang sudah ada terlebih dahulu.
  • Sejauh mana Anda mengenal pemasok (suplier) di dunia usaha dan produk atau jasa apa saja yang tersedia untuk usaha yang Anda butuhkan.
  • Mengenal bagaimana cara mendistribusikan barang dan jasa yang dihasilkan.
  • Dapat menganalisis dan mendiagnosis pelanggan, mengidentifikasi segmentasi, dan motivasi dalam dunia pemasaran.

Di samping itu, diperlukan pula pengetahuan spesifik, seperti pengetahuan tentang prinsip-prinsip akuntansi dan pembukuan, jadwal produksi, manajemen personalia, manajemen keuangan, pemasaran, dan perencanaan.

Bekal pengetahuan saja tidaklah cukup jika tidak dilengkapi dengan bekal keterampilan. Beberapa hasil penelitian terhadap usaha kecil menunjukkan bahwa sebagian besar pengusaha yang berhasil, cenderung memiliki tingkat ketrampilan khusus yang cukup.

Beberapa ketrampilan yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha diantaranya :

  • Ketrampilan konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan resiko.
  • Ketrampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah.
  • Ketrampilan dalam memimpin dan mengelola.
  • Ketrampilan berkomunikasi dan berinteraksi.
  • Ketrampilan teknik dalam bidang usaha yang dilakukan.

Pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan kewirausahaan itulah yang membentuk kepribadian seorang pengusaha.

Menurut Dan dan Bradstreet (1993), pengusaha kecil harus memiliki kepribadian khusus yaitu penuh pendirian, realistis, penuh harapan, dan penuh komitmen.

Kemampuan modal yang cukup, bisa diperoleh apabila Anda mampu mengembangkan hubungan baik dengan lembaga-lembaga keuangan karena dengan hubungan baik itulah, kepercayaan penyandang dana akan bertambah. Penggunaan dana tersebut harus efektif agar memperoleh kepercayaan yang terus menerus.

Ketrampilan dasar manajemen (basic management skill).

Menurut Ebert (2000:117), efektivitas pengusaha bergantung pada ketrampilan dan kemampuan meliputi :

  • Technical skill, yaitu ketrampilan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti sekretaris, akuntan-auditor, dan ahli gambar.
  • Human relation skill, yaitu ketrampilan untuk memahami, mengerti, berkomunikasi, dan berelasi dengan orang lain dalam organisasi.
  • Conceptual skill, yaitu kemampuan personal untuk berpikir abstrak, untuk mendiagnosis dan untuk menganalisis situasi yang berbeda, dan melihatsituasi luar.
  • Ketrampilan konseptual sangat penting untuk memperoleh peluang pasar baru dan menghadapi tantangan.
  • Desicion making skill, yaitu ketrampilan untuk merumuskan masalah dan memilih cara bertindak yang terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.

Ada tiga tahapan utama dalam pengambilan keputusan.

Merumuskan masalah, mengumpulkan fakta, dan mengidentifikasi alternatif.

Horold dan Cyril O’Donnell : Mengatakan bahwa pengambilan keputusan adalah pemilihan diantara alternatif mengenai suatu cara bertindak yaitu apa yang disebut inti dari perencanaan, suatu rencana dapat dikatakan tidak ada, jika tidak ada keputusan yang diambil. Keputusan adalah suatu sumber yang dapat dipercaya, petunjuk atau reputasi yang telah dibuat.

Untuk mengambil keputusan perlu pemecahan sebagai berikut :

  • Mengevaluasi setiap alternatif dan memilih alternatif yang terbaik.
  • Mengimplementasikan alternatif yang terpilih, menindaklanjutinya secara periodik, dan mengevaluasi keefektifan yang telah dipilih tersebut.
  • Time management skill, yaitu ketrampilan dalam menggunakan dan mengatur waktu seproduktif mungkin.

Kenali Pesaing Dan Pelanggan Anda.

Kemampuan menguasai persaingan, merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dalam bisnis. Pengusaha harus mengetahui kelemahan dan kekuatan sendiri, dan kekuatan serta kelemahan yang dimiliki pesaing.

Seperti dikemukakan Dan dan Bradstreet (1993), “My best advice for competing successfully is to find your own distinctive niche in the market place”.

Seorang pengusaha harus memiliki keunggulan yang merupakan kekuatan bagi dirinya dan harus memperbaiki kelemahan agar menghasilkan keunggulan. Kelemahan dan kekuatan yang dimiliki pengusaha atau kekuatan dan kelemahan yang dimiliki pesaing merupakan peluang yang harus digali. Kekuatan dan kelemahan tersebut biasanya tampak dalam berbagai hal, misalnya dalam pelayanan, harga barang, kualitas barang, distribusi, dan promosi.

Waktu Anda sebagai pelaku usaha atau Anda sebagai pemasar, seharusnya lebih lama diantara lingkungan pelanggan dan pesaing. Pemasar harus mempunyai dua buah kemampuan khusus. Mereka harus mempunyai metode disiplin intelijen pemasaran dan riset pemasaran, tujuannya untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai kejadian dan perubahan lingkungan pemasaran.

Semua bisnis beroperasi dalam lingkungan pemasaran. Akibat adanya perubahan lingkungan pemasaran bisa juga memberikan peluang dan bisa juga memberikan ancaman. Sayangnya banyak sekali pelaku usaha yang tidak memandang perubahan sebagai peluang atau ancaman. Perusahaan besar seperti General Motor, IBM, dan Sears pernah menghadapi krisis karena mereka terlalu lama mengabaikan perubahan lingkungan.

Variabel-variabel dalam bauran pemasaran (marketing mix), secara strategis pada umumnya bisa dijadikan peluang. Semua informasi tentang kekuatan dan kelemahan perusahaan dapat diperoleh dari berbagai sumber, misalnya dari pelanggan, karyawan, lingkungan sekitar, distributor, laporan rutin, periklanan, dan pameran.

Seorang pelanggan adalah orang yang paling penting dalam bisnis Anda, baik secara pribadi, lewat pos, maupun lewat e-mail. Seorang pelanggan tidak tergantung pada kita, kita tergantung pada dia. Kita tidak membantu dengan melayaninya, dia yang membantu kita dengan memberi peluang bagi kita untuk melayaninya.

Seorang pelanggan bukan seseorang untuk diajak berdebat atau beradu kecerdasan, tidak seorangpun pernah menang kalau berdebat melawan seorang pelanggan. Seorang pelanggan adalah seorang yang membawa keinginannya kepada kita, tugas kita adalah menanganinya secara menguntungkan bagi dia dan bagi usaha kita sendiri.

Siapkan Dan Sesuaikan Mental Anda.

Memulai usaha mandiri, ternyata tidak semudah seperti dalam teorinya, masalah perubahan MENTAL merupakan hambatan utama untuk bisa menjadi pengusaha mandiri. Apalagi seseorang yang sudah bertahun-2 mendapat gaji tetap dan menikmati fasilitas dari kantor, perubahan itu tentu sulit.

Sepintar apapun Anda, ada banyak hal yang harus dipelajari. Ingat ini hal yang wajar, ini adalah proses seumur hidup.

Kabar baiknya tentu adalah kesulitan hanya terletak pada awalnya saja. Memulai bisnis tidaklah menjadi sulit. Yang diperlukan adalah akal sehat dan komitmen Anda. Sehingga akhirnya hidup lama-lama menjadi semakin mudah.

Jika Anda bisa belajar untuk membangun bisnis Anda sendiri, terbukalah luas sebuah dunia baru dengan kesempatan financial yang tidak terbatas.

Sumber : Motivasi Robert T. Kiyosaki, Pemasaran Philip Kotler, Ketrampilan usaha promagmulia.com

ArTikeL UtaMa

  • Ingin Jadi Pengusaha ? Milikilah Keterampilan-2 Ini.
  • Kenapa Harus Merubah Mental ?.
  • Menggali Ide Bisnis
  • Menentukan Produk atau Jasa Untuk Memulai Usaha.
  • Mulanya Usaha Kecil2an, Sekarang Waah.
  • Perlunya Visi dan Misi Dalam Usaha.
  • Kenapa Harus Bingung Untuk Memulai Usaha ?
  • Membuat Rencana Usaha Harus Sesuai Latar Belakang.
  • Advertisements

    4 thoughts on “Mau Jadi Pengusaha ? Miliki Keterampilan Ini.”

    1. When I first saw this title Mau Jadi Pengusaha ? Miliki Keterampilan Ini. Sulit nih on google I just whent and bookmark it. Hi there, I found your web site via Google while looking for a related topic, your site came up, it looks great. I have bookmarked it in my google bookmarks.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s