Menata Dokumen Dengan HTML <DIV>

Penggunaan :

Elemen HTML DIV

Dalam Menata Dokumen Blog Anda.

Unsur HTML DIV adalah tingkat unsur blok yang dapat digunakan sebagai wadah untuk mengelompokkan elemen HTML lainnya.

Elemen HTML lainnya yang bisa dikelompokkan : padding;color;font-size;background-color;width;line-height;text-align;floate dll.

Unsur HTML DIV tidak ada arti khusus. Kecuali, karena itu adalah elemen tingkat blok, browser akan menampilkan satu baris sebelum dan setelah itu. Mohon hal ini diperhatikan, kalau hal ini menggagu penampilan tata letak, gunakan HTML lainnya.

Penggunaan yang umum dari elemen HTML DIV adalah untuk menata letak dokumen. Ia menggantikan “cara lama” untuk mendefinisikan tata letak yang menggunakan tabel. Untuk menata letak dokumen kurang dibenarkan menggunakan elemen HTML TABLE. Tujuan dari elemen HTML TABLE adalah untuk menampilkan tabel data (tabulator).

Contoh penggunaan elemen HTML DIV

1. Hasilnya timbul warna lain sebagai background tulisan :

20121226-192741.jpg

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha.

2. Hasilnya semua tulisan merata dan berwarna tertentu dalam blok ini :

20121226-192910.jpg

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha. Namun saya ingin jadi pengusaha. Saya bukan pelajar tapi saya harus banyak belajar terus. Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha.

3. Hasilnya sama dengan hasil no. 1. Hanya lebarnya dibatasi dalam box dengan hurup warna yang berbeda :

20121226-194427.jpg

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha.

4. Hasilnya terbentuklah seperti border yang mengelilingi tulisan.

20121226-194547.jpg

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha.

5. Hasilnya terbentuk border dan box untuk suatu tulisan :

20121227-082330.jpg

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha.

6. Hasilnya box dengan border dan dikelilingi tulisan lainnya :

20121227-085135.jpg
Dunia orang-orang adalah dunia mayoritas sepanjang sejarah dunia. Itulah dunia nyata, dunia manusia sebenarnya. Yang diisi oleh orang-orang tak dikenal, yang sama rupanya, sama impiannya, sama sikapnya, sama kebahagiaan dan penderitaannya.

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha.

Orang-orang itu juga orang baik-baik, karena memang tak berniat berbuat onar. Taat pada pemerintah dan adat masyarakat. Orang-orang adalah orang yang kecil resiko hidupnya yang cuma dikenal oleh tetangganya. Orang-orang bukan orang jahat, tapi juga bukan orang suci. Hidupnya sekadar dijalani semampu mungkin agar dapat tetap bertahan hidup.
Pertanyaan muncul, salahkah bila kita bercita-cita menjadi orang SUKSES.. ?…. jawabnya tidak salah sama sekali. Hanya camkan pada posisi apapun adanya kita, yakinkan bahwa keberadaan diri kita bermanfaat bagi sekeliling.

7. Hasilnya sama dengan no. 6. Suatu kelompok tulisan dan kelompok tulisan lainnya.

20121227-085618.jpg

Dunia orang-orang adalah dunia mayoritas sepanjang sejarah dunia. Itulah dunia nyata, dunia manusia sebenarnya. Yang diisi oleh orang-orang tak dikenal, yang sama rupanya, sama impiannya, sama sikapnya, sama kebahagiaan dan penderitaannya.
Orang-orang itu juga orang baik-baik, karena memang tak berniat berbuat onar. Taat pada pemerintah dan adat masyarakat. Orang-orang adalah orang yang kecil resiko hidupnya yang cuma dikenal oleh tetangganya. Orang-orang bukan orang jahat, tapi juga bukan orang suci. Hidupnya sekadar dijalani semampu mungkin agar dapat tetap bertahan hidup. Pertanyaan muncul, salahkah bila kita bercita-cita menjadi orang SUKSES.. ?…. jawabnya tidak salah sama sekali. Hanya camkan pada posisi apapun adanya kita, yakinkan bahwa keberadaan diri kita bermanfaat bagi sekeliling.

Jika Anda sudah memahami penggunaan HTML Div ini dengan unsur-unsur HTML lainnya, tentu Anda bisa lebih berkreasi lagi dalam membentuk layout postingan, sehingga postingan Anda menjadi lebih menarik lagi. Selamat berkreasi dari Si Sulitnih.

Advertisements

3 thoughts on “Menata Dokumen Dengan HTML <DIV>”

  1. Aduh..sekali lagi terima kasih, pak asmat, ini yang saya maksud merubah warna, artikelnya baru saya temukan padahal sudah 2 minggu saya cari di internet…terim kasih banyak, untuk perkategorinya, sudah saya coba, alhamdulillah berhasil…

  2. When I first saw this title Menata Dokumen Dengan HTML Sulit nih on google I just whent and bookmark it. Thanks for informative post. I’m pleased positive this post has helped me save several hours of browsing other comparable posts just to discover what I was looking for. Just I want to say: Thank you!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s