Takut Berbuat Kesalahan Akan Miskin Pengalaman.

20121129-102630.jpg

Manusia tidak luput dari kesalahan. Namun masalahnya dari masa kecil kita diajari untuk tidak berbuat kesalahan. Berbuat kesalahan adalah suatu dosa atau suatu tanda Anda bodoh. Itulah sebabnya secara naluri kita cenderung menghindar dari kesalahan, kalau perlu jangan salah sama sekali.

In English

Namun apa yang saya dapati dari orang-orang yang telah berhasil, adalah justru mereka berhasil dalam kariernya berkat banyaknya kesalahan yang mereka buat. Seperti apa kata orang terkenal.

  • “Ada hikmah tertentu yang tersembunyi dibalik setiap kesalahan.” (Robert T. kyosaki).
  • “Kesuksesan adalah kemampuan untuk beranjak dari satu kesalahan ke kesalahan lainnya tanpa kehilangan antusiasme.” (Winston Churchill).

Kesalahan itu bukan kehancuran.

Menghindar atau takut berbuat kesalahan adalah sesuatu hal yang wajar, tapi kalau sampai kita selalu terbayang dengan keharusan untuk selalu berbuat yang tidak salah dan jangan sekali-kali berbuat untuk salah, akhirnya yang terjadi adalah kita tidak akan melakukan apa-apa, dan sebetulnya itu adalah suatu kesalahan, suatu kesalahan besar. Orang seperti itu banyak disekitar kita, mungkin Anda atau saya salah satunya.

Kesalahan adalah suatu kejadian yang mengakibatkan terjadinya penyimpangan dari apa yang diharapkan ( rencana ). Jika penyimpangan segera diatasi, maka penyimpangan itu dapat diarahkan kepada yang lebih baik.

Dengan adanya perbaikan atau penyesuaian dari penyebab kesalahan, tingkat keberhasilan bisa lebih besar, kesalahan tidak harus menjadi kegagalan atau kehancuran.

Ingat kesalahan adalah penyimpangan bukan kehancuran dan penyimpangan itu bisa diperbaiki. Jadi seharusnya Anda tidak perlu takut salah. Jika Anda takut dengan kesalahan dan tidak memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi, masa kegagalan atau kesulitan akan datang dengan sendirinya. Karena Anda tidak bisa melihat sisi lain dari sebuah koin.

Anda tahu dengan Edison, ia telah mencurahkan seluruh tenaga dan waktunya, serta menghabiskan uang sebanyak 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun banyak melakukan kesalahan-kesalahan untuk percobaan membuat lampu pijar. Total ada sekitar 6000 bahan yang dicobanya. Anda bisa bayangkan jika Edison bekerja di suatu perusahaan besar, mungkin belum sampai beberapa bulan melakukan percobaan yang selalu salah, Edison sudah diberhentikan dari pekerjaannya.

Kesalahan yang menguntungkan.

Seorang koki yang sedang membuat kue, pada saat dia membuat adonan lupa memasukan baking soda. Adonannya tidak diberi baking soda, maka bolu yang dibuat menjadi keras dan hitam karena cokelat. Karena kesalahan tersebut maka terciptalah bolu yang disebut dengan brownis kukus, dan sekarang menjadi sangat terkenal.

Suatu perusahaan internasional di Amerika namanya 3 M, sedang meriset untuk membuat lem, pada kenyataannya ada kekeliruan dalam membuat lem tersebut, lemnya dapat merekat tetapi mudah juga untuk di angkat lagi. Kekeliruan ini sekarang menghasilkan produk yang sangat laku dan diberi nama Post It Note.

Seni Membuat Kesalahan.

Salah satu pelajaran yang ditulis oleh Robert T. Kyosaki adalah :
“Hal pertama yang terjadi setelah kamu berbuat kesalahan, adalah bahwa kamu akan menjadi bingung dan marah. Bingung dan marah karena penasaran. Pada saat marah seperti itu, sebetulnya Anda bisa menilai sendiri watak atau karakter siapa diri Anda yang sebenarnya.”

Ada beberapa watak/karakter yang dibawa keatas panggung, ketika seseorang marah akibat terjadinya kesalahan :

  1. Si Pembohong. Biasanya akan mengatakan hal-hal seperti “Bukan. Bukan aku yang melakukan.” atau “Aku tidak tahu bagaimana itu terjadi,” Atau “Buktikan saja sendiri.”
  2. Si Pencari Kambing Hitam. Biasanya mengatakan “Itu salah bosku sendiri.” atau “Perintahnya tidak jelas sih.” atau “Para karyawan sekarang memang tidak setia lagi.
  3. Si Pembenar Diri Sendiri. Biasanya mengatakan “Ya, maklumlah, aku cuma lulusan Sekolah Dasar jadi jangan heran kalau aku tidak pernah maju.”
  4. Si Pecundang. Biasanya mengatakan hal-hal seperti ini “Sudah kubilang kalau itu tidak akan berhasil,” atau “Ini kelewat sulit dan nggak layak dikerjakan. Aku akan mencari yang lebih mudah saja.”
  5. Si Tukang ingkar. Orang ini sering melakukan kesalahan, namun suka ingkar dengan mengatakan “Nggak, nggak ada yang keliru kok. Semua beres-beres saja.” atau “Kesalahan ? Kesalahan mana ?” atau “Jangan khawatir, semua akan beres.”

Mentolerir kesalahan.

Jika Anda melihat anak kecil atau orang dewasa belajar bersepeda.

  • Perhatikan, Anda akan tahu sepandai-pandai orang tersebut, sekecil apapun kesalahannya bahwa orang itu akan melakukan kesalahan dan jatuh.
  • Anda ajarkan bagaimana bersepeda, bagaimanapun bahwa orang itu akan melakukan kesalahan dan jatuh.
  • Orang itu akan merasa bisa, jika ia sudah melampaui satu, dua atau mungkin beberapa puluh kali bagaimana rasanya jatuh.
  • Kemudian dengan tiba-tiba Anda melihat ia tidak jatuh lagi, dia mulai mengayuh pedal, sepeda itu mulai meluncur. Anda perhatikan ekspresinya, ia begitu senangnya dan lupa akan lukanya. Karena sebuah dunia yang benar-benar baru terbuka baginya.

Itulah keajaiban (hikmah) yang ada dalam kesalahan.

Bagaimana Implementasinya ?.

Dalam hidup ini perlu adanya perencanaan tekhnis untuk mencapai tujuan. Dengan begitu jika setiap terjadi kesalahan anda bisa tahu karena adanya penyimpangan. Bermain judi, kalah atau menang itu bukan karena perencanaan, tapi karena kebetulan. Dengan adanya perencanaan Anda bisa tahu, apakah penyimpangan itu karena kesalahan atau kebetulan. Kebetulan adalah sesuatu yang tidak direncanakan. Apakah hidup Anda selalu berada dalam kebetulan saja ?.

Kesalahan hanya bisa diperbaiki dengan kesalahan-kesalahan sebelumnya. Artinya dengan membuat kesalahan Anda mendapat pengalaman. Kesalahan yang hanya baru sekali belum menjadi pelajaran buat Anda, kalau Anda berpikir “Aku tidak akan mengulangi lagi kesalahan”, itu sebetulnya Anda belum banyak belajar. Sebagai orang yang berkepribadian akan bertanggung jawab dan akan mengendalikan apa yang dikatakan, seharusnya Anda berkata “Pelajaran apa yang harus saya peroleh dari kesalahan ini.”

Kesalahan mempunyai tingkatan-tingkatan. untuk merencanakan sesuatu mulailah dari yang sederhana dahulu. Mulailah dahulu belajar merangkak sebelum Anda bisa berjalan. Begitulah seterusnya sampai Anda bisa berlari secepat angin tanpa khawatir. Sehingga suatu hari Anda berani melakukan pekerjaan besar walaupun Anda tahu kalau itu orang lain mungkin akan menghadapi kesalahan besar, tapi tidak buat Anda.

Kesalahan membuat hidup lebih berkwalitas.

Saya banyak mendapatkan pandangan dari buku Pak Robert mengenai resiko, kesalahan dan kegagalan sebagai bagian tak terpisahkan dari pengembangan manusia. Kita sering marah sendiri jika menghadapi hal itu, jadi dari pada menghindari resiko, kesalahan dan kegagalan, mari kita belajar mengelolanya. Mari kita marah untuk bertanya-tanya apa yang dapat saya pelajari dari kesalahan ini. Dengan begitu Kita tidak menyia-nyiakan marah serta mutiara kebijaksanaan yang sangat berharga. Menjadi bijaksana tentunya membuat kwalitas hidup Anda akan meningkat dengan sendirinya. Mudah-mudahan saya tidak berbuat kesalahan dengan menulis artikel ini. Saya perlu kebijaksanaan Anda.

Advertisements

40 thoughts on “Takut Berbuat Kesalahan Akan Miskin Pengalaman.”

  1. Hi admin, i must say you have high quality posts here.
    Your website should go viral. You need initial traffic only.

    How to get it? Search for: Mertiso’s tips go viral

  2. Pingback: employment
  3. Pingback: hot tub parts
  4. Pingback: scentsy warmer
  5. Pingback: click here
  6. Pingback: jasa seo
  7. Pingback: pokoje zakopane
  8. Pingback: CJC-1295 DAC cycle
  9. Pingback: anchor text/titke
  10. Pingback: shrink film
  11. Pingback: poprock italiano

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s