Pengusaha sukses sebelumnya juga pegawai.

Didunia selalu ada yang berubah.

in Inglish
20121123-094803.jpgSebelum saya berwiraswasta, saya adalah pegawai dari salah satu bank swasta nasional, pekerjaan saya cukup bisa dihandalkan, lingkungan dan suasana kerja nyaman, perusahaan memperlakukan pegawainya dengan baik. Sepertinya saya ingin bekerja disini sampai pensiun tiba. Tapi kenapa saya sekarang berwiraswasta ?.

Jawabannya cukup sederhana yaitu “Adanya Perubahan”.

Banyak sudah kisah-kisah orang yang sukses yang menjadi melarat karena adanya perubahan dalam hidupnya. Mereka bukan tidak suka dengan perubahan. Mereka hanya tidak siap dengan perubahan itu. Mereka sudah merasa nyaman dan aman dengan kondisi kehidupan yang sudah mereka capai dengan susah payah.

Anehnya banyak juga orang yang kehidupannya dari waktu ke waktu begitu saja, yang susah menjadi tambah susah, yang miskin menjadi tambah miskin. Mereka bukan tidak ingin kaya, bukan tidak ingin hidup lebih baik, tapi mereka hanya tidak suka dengan perubahan. Mereka tidak mau melakukan perubahan, mereka hanya berharap terus.

Namun kabar baiknya, ternyata banyak juga orang yang mempersiapkan diri untuk dapat menghadapi segala perubahan dalam hidupnya, walaupun mungkin dalam hatinya sulit untuk menerima jika ada perubahan yang tidak menyenangkan.

Pertanyaannya sekarang Adalah :” Siapkah Anda menghadapi Perubahan ?”.

Salah satu sifat dari mental yang akan membawa kita kepada kehidupan yang lebih baik atau lebih buruk adalah kesiapan mental kita dalam menghadapi setiap perubahan, apakah itu perubahan kecil ataupun perubahan besar.

  1. Pertanyaannya adalah apakah Anda tergolong orang suka dengan perubahan atau alergi dengan perubahan ?.
  2. Pertanyaan berikutnya lagi adalah apakah secara tekhnis Anda siap atau tidak untuk menghadapi perubahan ?.

Dari pengalaman hidup saya, perubahan tidak akan perduli kepada Anda. Apakah Anda orang yang suka atau tidak dengan perubahan, atau apakah Anda sudah siap atau belum dalam menghadapi perubahan dalam hidup Anda.

Walaupun kita mengambil keputusan ataupun tidak mengambil keputusan, hidup kita selalu berubah. Anda diam dirumah saja, Anda akan berubah, berubah karena bertambah umur, sel sel dalam tubuh berganti situasinya, berubah selalu berubah. Manusia sulit menghindar dari perubahan, namun alangkah baiknya jika kita berubah dan betul-betul berubah itu karena datang dari keputusan kita sendiri, kita ambil secara sadar bahwa kita berubah menuju ke arah yang kita inginkan.

Perubahan dratis yang pernah saya ambil adalah saat saya mempunyai anak pertama, gaji saya tidak cukup untuk hidup kami bertiga. Saya tidak ingin membesarkan anak-anak saya dengan kondisi serba kekurangan. Hidup saya sudah saatnya harus berubah, harus berubah !.

Segala sesuatu yang diperlukan untuk melalukan perubahan, sebetulnya saya sudah selalu siap dari awal saya mulai bekerja. Saya siap digaji kecil atau besar, yang penting bisa makan dan punya ongkos untuk transportasi, siap untuk kerja dibagian mana saja, saya siap kerja siang atau malam. Begitu juga setelah beberapa lama bekerja, kemampuan dalam bidang komputer, sudah banyak saya pelajari, kemampuan bekerja dalam suatu tim sering saya lakukan. Sekarang waktunya yang tepat untuk melakukan perubahan yang lebih besar lagi, yaitu Pindah kerja !.

Maka segera saya ambil keputusan, dan saya pindah ketempat pekerjaan yang baru. Alhamdulillah, saya mendapatkan gaji sebesar tiga kali lebih dari sebelumnya. Itulah perubahan besar dan terbaik dalam hidup saya.

Mempersiapkan perubahan itu membosankan.

Satu contoh yang mudah, saya selalu melakukan bersih-bersih rumah, menyapu halaman, mencuci piring, menjemur pakaian. Itu pekerjaan yang membosankan, kadang-kadang melelahkan. Saya lakukan itu agar saya siap dan biasa untuk mengerjakan, jika se waktu-waktu pekerja rumah tidak masuk kerja dalam waktu lama, atau berhenti kerja, jaman sekarang sulit mencari pekerja rumah-tangga.

Saya bekerja dikantor masih suka melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sudah saya tinggalkan. Saya lakukan agar, jika suatu hari pegawai yang bertanggung jawab tidak masuk kerja atau keluar dari pekerjaan. Saya berharap bisa menggantikannya dalam sementara waktu, agar perusahaan tetap berjalan normal.

Saya suka mencuri pengetahuan pekerjaan orang lain yang bukan menjadi pekerjaan saya, saya berpikir jika suatu hari teman saya tidak masuk kerja dan bos memerintahkan saya untuk menggantikannya, saya harus siap mengerjakannya kapan saja.

Dulu dikantor saya suka melakukan foto copy sendiri, membuat air minum sendiri. Saya tidak malu untuk belajar dengan office boy. Saya berpikir apa yang terjadi kalau office boy tidak masuk kerja, sedangkan perusahaan kedatangan beberapa tamu yang potensial. Harus ada laporan yang di foto copy dan minuman untuk tamu-tamu terhormat tersebut. Tentu dalam mengerjakannya saya diam-diam dong.

Jika hal diatas dilakukan berulang-ulang terus. Tentu semua itu akan menjadikan seseorang menjadi bosan dan melelahkan dan sepertinya kadang-kadang memalukan serta membuang-buang waktu. Akhirnya semua orang kembali hanya mau mengerjakan apa yang sudah menjadi tanggung jawab mereka sehari-hari. Itu sebabnya, sedikit sekali orang yang benar-benar siap untuk mengambil kesempatan jika terjadi perubahan.

Banyak orang selalu mencari-cari kesempatan baik, begitu kesempatan baik datang, ia tolak !. Alasannya macam-macam, tidak sesuai dengan kemampuan, belum siap mental, perlu waktu untuk mempelajari, dan tentunya segudang alasan lainnya. Padahal itu adalah perubahan dalam bentuk kesempatan yang baik. Bagaiman jika sewaku-waktu terjadi perubahan dimana kantor tempat Anda bekeja ditutup pemerintah. Apakah Anda siap menolaknya ?.

Ternyata kebiasaan untuk melakukan semua hal untuk selalu siap jika ada perubahan pada saat masih bekerja, banyak berguna saat beralih ke wiraswasta, dimana semua pekerjaan harus kita tangani sendiri. Walaupun banyak kesulitan dan melelahkan dalam memulai usaha, hati kita tetap bisa senang dan berpikir lebih logis. Hati senang dan berpikir logis itu penting.

Orang-orang terkenal karena melakukan perubahan.

Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Awalnya bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Kembali ke Indonesia menjadi wiraswasta yang unik dan terkenal.

Tung Desem Waringin. Salah satu motivator terkenal di Indonesia berubah total hidupnya setelah melakukan keputusan kecil pada saat memimpin salah satu cabang Bank terbesar di Indonesia yaitu BCA, ia berlangganan delapan rangkuman buku satu bulan nya dimana satu buku di rangkum menjadi empat halaman folio.

Anthony Robbins. Motivator terkenal tingkat Internasional. Dia pernah menjadi office boy dan bahkan pernah menjadi janitor (tukang closet wc).

Anda akan merugi jika tidak siap dan melakukan perubahan.

Perubahan yang tidak pernah berubah didunia ini adalah perubahan itu sendiri. Kedua adalah Tuhan yang maha abadi, ketiga adalah hukum alam ciptaan tuhan.

Seperti Firman Allah dalam surat Al ‘Ashar :

“Demi masa (waktu). Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran”.

Jadi manusia itu akan merugi dalam hidupnya jika ia tidak melakukan perubahan dengan menambah imannya dan ilmunya. Begitu juga akan merugi jika tidak saling menasehati dalam kebenaran dan dalam kesabaran.

Cara masuk akal melakukan perubahan.

Salah satu pesan dari Robert T. kiyosaki yang saya lakukan adalah jika seseorang benar-benar ingin berubah, mengadopsi suatu ide yang lebih baik adalah ide yang baik. Pelajari biografi-biografi orang wiraswasta sukses atau kaya, mendengarkan ceramah dan ide-ide mereka. Ide tidak perlu baru, kita hanya perlu melaksanakan ide lebih baik. Orang sukses atau orang kaya selalu mengincar ide-ide yang lebih baik, orang miskin sering mati-matian membela pikiran-pikiran kolot mereka. Orang susah suka mengatakan mereka punya prinsip sendiri.

Prinsip saya untuk bisa berubah
dengan lebih cepat dan lebih baik,
adalah dengan menggunakan prinsip yang masuk akal.

Advertisements

29 thoughts on “Pengusaha sukses sebelumnya juga pegawai.”

  1. Pingback: hot tub parts
  2. Pingback: anchor text/titke
  3. Pingback: casinos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s