Tidak ada modal ya harus bekerja.

Bersama :

Sulit Memulai Usaha

Ceritera Bob Sadino dan Tukang Kue

20130113-124119.jpgin English

Modal sangat diperlukan dalam mendirikan sebuah usaha. Banyak orang bilang bahwa modal tidak hanya selalu uang. Modal bisa berupa keahlian, kemauan dan niat yang kuat, dll. Namun sayangnya bagi pemula yang ingin memulai bisnis cenderung selalu mengartikan modal adalah uang. Itu bisa benar kalau memang keterampilan-keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk usaha sudah di miliki.

Pengertian yang cenderung selalu mengartikan modal adalah selalu uang, bagi yang tidak punya uang mengakibat patah arang sebelum memulai usaha . Atau bagi yang memiliki cukup modal uang tapi malah mengabaikan keterampilan dan pengalaman usaha, akibatnya hidup malah bertambah parah, akhirnya usaha bangkrut dan sekarang menjadi punya hutang.

Dan bahayanya kejadian diatas, ia sampaikan keorang-orang disekeliling bahwa dunia usaha itu kejam. Informasi itu menambah ciut hati orang yang ingin terjun kedunia usaha. Mereka lebih mencari tempat yang lebih aman. Akhirnya lebih memilih jadi pekerja saja !.

Pengalaman seperti diatas Itu pernah terjadi dengan saya pribadi dan temen-teman senasib saya yang mencoba memulai bisnis hanya dengan modal uang dan keberanian saja. Banyak dari teman yang akhirnya menjadi pegawai kembali. Dan tidak sedikit juga yang hidupnya bertambah susah.

Bagaimana jika ada teman yang datang ke Anda dengan bertangan kosong, dan minta dipinjamkan uang untuk modal usaha ?

  1. Jika teman datang ke Anda dengan bertangan kosong, itu bertanda bahwa mereka belum memiliki ketrampilan dan pengalaman menjual, seharusnya mereka membawa proposal usaha. Nah kalau seperti itu, sebaiknya suruhlah teman mencari pekerjaan. Memang tidak mudah mencari pekerjaan, makanya mereka mau usaha. Katakan pada mereka bahwa mencari pekerjaan janganlah lihat besarnya gaji ( uang ). Yang penting Anda bisa makan dan belajar. Jika Anda sudah terampil dalam bekerja, perusahaan yang akan membutuhkan Anda, dengan sendirinya uang akan mengikuti Anda.
  2. Katakan bahwa didunia ini banyak orang yang mempunyai uang melebihi saya, tapi akhirnya mereka malah menjadi lebih miskin dari saya dulu. Bank dan sumber dana lainnya banyak yang tidak mau memberikan pinjaman kepada calon usahawan. Itu bukan karena mereka pelit, tapi karena mereka tahu bawa jika tidak bisa mengelola uangnya dengan baik, akan menimbulkan masalah yang berat dikemudian hari baik bagi pemilik uang, pengusaha dan tentunya anak dan istri pengusaha itu sendiri.
  3. Mungkin teman Anda tersebut akan berceritera bahwa ia mempunyai produk yang baik, mungkin lebih baik dari yang Anda sudah kenal. Katakan itu bagus, kemudian tanya apakah teman Anda sudah membuat suatu sistem pelayanan yang lebih baik dari pengusaha-pengusaha yang ada disekitar Anda. Banyak didunia ini barang bagus dari perusahaan besar, tapi mereka kesulitan mencari konsumennya. Kenapa teman Anda tidak saja disuruh bekerja saja di salah satu perusahaan produsen yang tinggal menjual saja. Tidak perlu repot-repot membuat produk.

Carilah pekerjaan yang memberikan keterampilan dalam jangka panjang, seperti ketrampilan menjual, memasarkan dan berkomunikasi. Biasanya lapangan pekerjaan seperti itu banyak, namun gaji awalnya kecil. Di indonesia sebetulnya bukan kekurangan lapangan kerja, tapi kekurangan orang yang awalnya mau untuk berkerja keras dan berdedikasi dengan ketrampilan usaha.

Janganlah sekali-kali Anda mencari pekerjaan semata-mata demi uang. Carilah pekerjaan yang bisa meningkatkan ketrampilan-ketrampilan jangka panjang. Seperti :

  1. Ketrampilan pemasaran.
  2. Ketrampilan berkomunikasi.
  3. Ketrampilan Memimpin.
  4. Ketrampilan Membangun Team.
  5. Ketrampilan Pajak.
  6. Ketrampilan Dagang.
  7. Ketrampilan Bernegosiasi dll.

Mau jadi Pengusaha ?
Miliki ketrampilan ini.

Lapangan kerja tidak selalu di kantoran.

Lapangan kerja itu bukan saja formal (kantoran) tapi juga informal, itu yang saya katakan bahwa Indonesia tidak kekurangan lapangan kerja, yang berkurang adalah orang yang mau bekerja keras pada awalnya dan mau berdedikasi dengan ketrampilan usaha.

Kita ambil contoh pengalaman Bob Sadino salah seorang pengusaha terkenal dan unik. Pada awalnya ia bekerja pada seorang ibu penjual kue keliling. Pak Bob meyakinkan bahwa jika ibu menjual sendiri kue yang ibu buat, hasilnya tidak banyak dan ibu lelah sepanjang hari. Waktu ibu sebagian habis untuk memproduksi kue dan menjualnya. Bagaimana kalau Pak Bob yang menjual dan ibu yang membuat. Ibu akan dapat membuat kue lebih banyak. Tentu lebih untung banyak lagi karena harga yang saya bayar ke ibu sama dengan harga waktu ibu menjual sendiri, tapi saya membayarnya setelah saya selesai memasarkan kue ibu, dan ibu menggaji saya sesuai kue yang laku. Berikutnya tentu Pak Bob kadang-kadang menjual lebih mahal sedikit, itu tergantung klas konsumen dan ibu juga memberikan bonus jika kue bisa habis terjual.

Untuk awal Bob menjual, ibu itu tidak membuat kue sebanyak-banyaknya. Bob perlu waktu untuk mendapatkan konsumen baru dan Bob harus belajar bagaimana menjual. Sementara Bob bekerja sambil belajar menjual kue, sang Ibu dapat beristirahat lebih lama dari biasanya. Walaupun harga lebih mahal sedikit, konsumen dapat diyakinkan oleh Bob bahwa ia akan mendapatkan kue lebih awal, lebih segar dan lebih pasti setiap hari.

Dengan pengalaman menjual kue, Bob mempunyai pelanggan dan hampir setiap hari dijumpai. Pertanyaannya kenapa tidak ditawarkan dengan produk lainnya ?. Misalnya kebutuhan sehari-hari seperti telur, susu, sayuran dan produk lainnya. Begitulah si Bob dengan cara yang sama waktu mendapatkan kue, ia mendapatkan juga banyak produk lain untuk bisa dijual ke pelanggannya.

Janganlah takut, malu atau menghindar dari problema menjual atau menawarkan sesuatu kepada orang lain. Ceritera si Bob diatas sudah dari mulut kemulut, jadi janganlah dilihat secara tekhnis, tapi bagaimana spiritnya. Untuk lebih berkembang karier Anda, belajarlah terus menjual. Menjual bukan semata-mata untuk mencari uang, tetapi untuk menghilangkan rasa takut dan menambah percayadiri. Namun harus bersamaan dengan membaca atau kursus atau mendengarkan kaset-kaset tentang penjualan.

Jika Anda bisa belajar untuk membangun bisnis Anda sendiri, terbukalah luas sebuah dunia baru dengan kesempatan financial yang tidak terbatas.

Advertisements

26 thoughts on “Tidak ada modal ya harus bekerja.”

  1. Selamat Sore,
    Saya seorang investor swasta. Memberikan jaminan pinjaman aman dan tidak aman
    Bisnis pria dan wanita dalam transaksi bisnis, mobil
    pembelian, pinjaman pembelian rumah dan pinjaman pribadi lainnya, dll Kami
    pinjaman jangka panjang lima sampai lima puluh tahun maksimum dengan tingkat bunga 3% dalam hal ini
    Anda juga dapat mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan untuk Anda untuk mengirim
    syarat dan kondisi jika mereka benar-benar tertarik untuk mendapatkan pinjaman
    kami, hubungi kami melalui email; poetjonesfinancialservices@gmail.com
    Mr.Allen Smith.

  2. Pingback: cincin kawin
  3. Pingback: click here
  4. Pingback: estate
  5. Pingback: baju rajut
  6. Pingback: grosir baju rajut
  7. Pingback: HOSTING MURAH
  8. Pingback: car guide
  9. Pingback: ssp penetrator
  10. Pingback: jasa seo
  11. Pingback: easy online loans
  12. Pingback: t shirts custom
  13. Pingback: James Mgarlin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s