Merubah Mental dengan sering berdo’a dan berencana.

Janganlah sok sibuk sendiri.

Urusan didunia ini tidak ada habis-habisnya, apalagi dalam dunia bisnis. Bagi pendatang baru di dunia bisnis, hal ini tentu sesuatu hal yang bagus untuk dijadikan alasan, masih ingat salah satu jargonnya orang bisnis ? .. “time is money” atau “maaf, lagi sibuk nih urusan bisnis !”. Tapi apa emang harus begitu ?. Walaupun perkembangan ekonomi itu tidak mengenal waktu siang atau malam, namun itu semua tergantung Anda menyikapinya.

Itulah salah satu mental dari seorang bisnis pemula. Dimana untuk menghindari hal-hal yang sulit, hal-hal yang tidak ia sukai, hal-hal yang menghawatirkan atau hal-hal yang membosankan, ia menjadikan dirinya “sibuk sendiri”. Ia lupa bahwa apa yang ia kerjakan selalu ada yang monitor, yaitu sang Pencipta.

Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi SAW Bersabda :

“Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Hakim)

Dibawah ini ada beberapa cara untuk bisa merubah mental dari yang bersifat negatif menjadi bersifat positif. Dari yang berpikiran khawatir dan takut dengan kegagalan menjadi bisa menghasilkan keberhasilan.

  1. Buanglah semua pikiran Anda dari sesuatu yang tidak baik, tidak positip. Bersihkan pula hati dari keserakahan, suka berbohong, rasa pesimis dan kurang percaya diri.
  2. Buatlah semua daftar kesulitan-kesulitan Anda, walaupun belum ada obat pil yang bisa mengobati rasa kesulitan. Sadarilah bahwa setiap kesulitan selalu ada jalan keluarnya, tanamkan hal itu dihati Anda dalam-dalam.
  3. Walaupun tetap mengharapkan keberhasilan dari apa yang sudah direncanakan dengan baik, sudah dikerjakan dengan maksimal, namun mental kitapun harus siap untuk menerima hasil yang terburuk sekalipun, untuk menghilangkan rasa khawatir yang berlebihan sering-seringlah berdo’a untuk keberhasilan tujuan Anda.
  4. Hindari argumen yang mengarah ke perdebatan sengit sehingga menimbulkan pertengkaran mulut hingga fisik. Kalau dalam diskusi, ungkapkan opini-opini yang lebih positif daripada kearah negatif. Jika sudah mengarah adu argumen yang sengit, berusahalah bersikap santai dan arif, kembali ke inti permasalahan. Jangan mencari-cari alasan.
  5. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan. Kalau ada rencana melakukan perjalanan, lalu ada teman yang ingin menundanya dengan dalih hari akan hujan, maka anda harus menyarankan jalan terus sesuai rencana dengan alasan cuacanya masih cukup baik.
  6. Dalam berencana selalu bersikap optimis, setiap penghalang harus diselesaikan. Setiap menemui kesulitan harus selalu dicari jalan keluarnya. Setiap ada kegagalan harus dicari tahu permasalahannya. Jangan berencana untuk berharap kegagalan.
  7. Namun tak satu pun dari hal diatas akan ada manfaat yang dihasilkan, jika tanpa tingkatan yang wajar dari kepercayaan yang bisa Anda berikan kepada orang-orang disekeliling ataupun diluar organisasi Usaha anda. Peliharalah kejujuran milik Anda dan kepercayaan dari orang sekitar Anda.

Rahasia kehidupan yang lebih baik dan bahagia adalah menyingkirkan semua pemikiran lama yang mengecewakan dan tidak bahagia. Isi benak anda dengan pemikiran baru tentang keberhasilan yakni pemikiran tentang kebaikan, kesuksesan dan, kegembiraan. Selalulah berdo’a dan berencana bahwa semua itu akan terwujud. Dan jikapun terjadi kegagalan, mental Anda pun sudah siap untuk melakukan evaluasi dan membuat perbaikan dengan perencanaan baru.

Advertisements

64 thoughts on “Merubah Mental dengan sering berdo’a dan berencana.”

  1. Pingback: Self Catering
  2. Pingback: click here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s