Merubah Mental

Cara Merubah Mental.

20121108-141618.jpg
in english

Memulai usaha mandiri, ternyata tidak semudah seperti dalam teori, masalah perubahan MENTAL merupakan hambatan utama untuk bisa menjadi pengusaha mandiri. Apalagi seseorang yang sudah ber tahun-tahun bahkan sudah belasan tahun mendapat gaji tetap dan mencicipi nikmat nya fasilitas dari kantor, perubahan itu tentu sulit.

Sikap Mental adalah sikap manusia yang sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan mental ini ditujukan bukan untuk merubah dari mental jelek ke mental bagus, tapi lebih di fokuskan pada merubah mental seorang karyawan menjadi mental seorang usahawan mandiri. Kenapa demikian, coba kita bahas lebih lanjut.

Untuk memasuki dunia usaha, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi . Persyaratan ini untuk membuat kesuksesan usaha cepat terwujud dan perkembangan dunia usaha menjadi lebih bergelora.

Ada dua peran berbeda yang akan Anda pegang ketika mulai menjalankan bisnis. Dimana keduanya membutuhkan keterampilan khusus.

  • Anda adalah orang yang akan bertanggung jawab memberikan produk/barang atau jasa kepada konsumen, baik apakah Anda bekerja seorang diri atau Anda mempunyai karyawan.
  • Anda juga harus bisa menangani semua aktivitas yang berkaitan dengan usaha. Seperti masalah akuntansi, perpajakan, pemasaran dll.

Kedua ketrampilan tersebut diatas harus Anda miliki dan tentunya harus terus ditingkatkan sesuai perkembangan usaha.

Untuk mengetahui apakah Anda bisa dan mampu mempunyai keterampilan tersebut diatas, coba pelajari beberapa sifat dibawah ini apakah Anda memiliki atau tidak :

Para Pembelajar

Orang-orang yang pertama yang berhak memasuki dunia penuh rintangan dan tantangan ini adalah para pembelajar. Pembelajar cepat. Bukan pembelajar biasa. Di dunia usaha yang penuh persaingan ini, hanya orang-orang yang setiap detik berusaha untuk selalu belajar dan dengan belajarlah dia yang akan bertahan dari gempuran ombak perubahan.

Orang-orang ini tidak berat untuk mempelajari tentang akutansi, perpajakan, hukum-hukum ekonomi nasional dan internasional, ekonomi makro ataupun ekonomi mikro, dan perubahan yang bisa mempengaruhi keadaan ekonomi jangka panjang.

Hal-hal negatif pun mereka pelajari. Pelajaran tentang hal-hal negatif ini bukannya ingin melakukan hal negatif tersebut, melainkan mempelajari hal-hal negatif itu untuk mengatisipasi dari pihak luar maupun dari pihak dalam, serta menghindar untuk melakukan hal negatif tersebut.

Orang-orang Ulet

Selain pembelajar cepat, orang-orang yang mempunyai tiket ke dunia usaha adalah orang-orang tekun, ulet, mempunyai tekad kuat, dan pantang menyerah. Kegagalan bisa saja mendatangi dunia usaha kapan pun. Pengambilan keputusan yang penuh risiko sudah seperti pekerjaan rutin. Oleh karena itulah, dunia usaha butuh orang-orang seperti ini.

Orang-orang Kreatif dan Inventif

Selanjutnya adalah orang-orang kreatif, inventif, pemberani, dan pembuat peluang. Ekonomi identik dengan hal-hal baru yang bisa tercipta siang dan malam. Bila para penghuni dunia usaha tidak bisa membuat hal-hal baru bagi masyarakat, tergusurlah mereka dari dunia yang menuntut pembaharuan dan penyegaran ini.

Orang-orang Jujur dan Suka Membantu

Orang-orang yang suka membantu, jujur, dan dapat dipercaya, adalah orang-orang yang juga mempunyai tiket ke dunia usaha. Jiwa suka membantu dapat dikatakan sebagai jiwa dari jiwa seseorang yang ingin memasuki dunia usaha. Bukankah bisnis itu untuk mempermudah roda kehidupan orang lain?

Bila usaha bukan untuk membantu orang lain, usaha tersebut tidak akan berkembang dengan baik. Selain itu, kejujuran dan kepercayaan akan membuat pergerakan medan magnet dan jalur peradaban di dunia usaha berputar teratur dan terarah sehingga mampu bertahan selama berabad-abad. Bisa dikatakan bahwa setiap orang yang ada di dunia usaha harus menjadi orang-orang yang suka membantu, jujur, dan dapat dipercaya.

Siapkah mental Anda untuk memiliki atau mengembangkan sifat-sifat diatas ?.

Jika Anda adalah orang yang suka dengan perubahan, maka Anda berhak untuk memasuki dunia usaha. Merubah Mental berarti merubah inti siapa dirimu, merubah cara kamu berpikir dan cara kamu memandang dunia. Merubah mental menjadi mudah, jika Anda menyukai perubahan. Merubah mental seringkali merupakan pengalaman yang merubah hidup, bukan diri kamu saja yang berubah, tetapi juga teman-teman kamu.

Perubahan Mental adalah perubahan besar, diibaratkan seperti perubahan ulat menjadi kupu-kupu. Ulat mengalami kesulitan melakukan hal-hal yang bisa dilakukan kupu-kupu. Ulat menjijikan bagi sebagian orang, Kupu-kupu warnanya indah dan bisa terbang kesana dan kemari.

Disarikan dari berbagai sumber.

Advertisements

297 thoughts on “Merubah Mental”

  1. Just desire to say your article is as astounding. The clarity to your submit is just spectacular and that i could assume you are
    knowledgeable in this subject. Well together with your permission allow me to clutch
    your RSS feed to stay up to date with impending post.
    Thank you a million and please carry on the gratifying work.

  2. Pingback: freight forwarding
  3. Hiya! I know this is kinda off topic but I’d figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog post or vice-versa? My site goes over a lot of the same topics as yours and I believe we could greatly benefit from each other. If you happen to be interested feel free to send me an e-mail. I look forward to hearing from you! Terrific blog by the way!

  4. Pingback: Holiday House
  5. Pingback: cksplumbing.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s