How to Get More Traffic

20121018-135220.jpg

Bagaimana untuk lebih banyak mendapatkan Traffic.

Memulai sebagai seorang blogger, tentunya pertanyaan pertama mereka adalah bagaimana cara agar semua orang mau melihat isi blognya. Bagaimana cara menarik perhatian mereka untuk mau mengunjungi blognya, tentunya juga untuk memberikan komentar, atau setidak tidaknya kasih like-lah.

WordPress.com sebagai salah satu free blog mempunyai beberapa fitur dan layanan yang bisa membantu Anda agar blog menjadi lebih menarik, seperti yang ditulis oleh Scott Berkun mengenai “How to Get More Traffic” . Ini beberapa rekomendasinya :

Buat bio singkat mengenai blog Anda.
Jelaskan secara singkat mengenai tentang apa isi blog Anda (cukup satu paragraf saja) dan siapa Anda (about) sehingga mereka akan cenderung untuk datang kembali.

Aktifkan fasilitas publikasi.
Setiap Anda membuat postingan secara otomatis wordpress.com akan berbagi postingan baru keluar ke account Twitter, Facebook, Yahoo atau LinkedIn. Sehingga teman-teman anda segera tahu ada postingan baru.

Aktifkan fasilitas Sharing.
Dengan beberapa klik, Anda dapat berbagi link ke postingan Anda dari jaringan sosial mereka, blog mereka, atau melalui email.

Aktifkan Subcribe by email.
Email ini sering dilupakan sebagai sumber lalu lintas. Jika Anda menghidupkan widget langganan, orang dapat memilih untuk mendapatkan pemberitahuan tentang postingan baru di blog Anda, secara otomatis, melalui email. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga mereka terhubung ke blog Anda tanpa pekerjaan tambahan untuk Anda, atau untuk mereka.

Posting secara teratur.
Buatlah jadwal postingan baru Anda, apakah itu harian, mingguan atau dua minggu sekali dan taati. Kalau perlu gunakan fasilitas kalender pribadi Anda. Sehingga mereka akan dipaksa untuk datang kembali untuk melihat apa yang telah Anda tulis untuk berikutnya.

Pilih judul yang baik.
Judul postingan blog adalah seperti koran utama. Mereka harus pendek dan menarik untuk mendapatkan orang-orang untuk ingin melihat apa yang ada di dalamnya.

Link ke blogger seperti Anda.
Ketika Anda link ke blog lain, mereka biasanya akan mendapatkan pemberitahuan (melalui pingback) bahwa seseorang telah menyebutkan mereka. Ini akan mendorong mereka untuk mengunjungi blog Anda dan, jika mereka menyukai apa yang mereka temukan, link Anda juga akan di posting. Tapi Anda melakukannya harus secara hati-hati agar tidak disebut SPAM.

Berikan “komentar” pada blog lain.
Setiap komentar Anda adalah kesempatan untuk menunjukkan seberapa baik Anda menulis dan berpikir. Ketika orang membaca komentar besar, mereka akan melihat nama Anda, dan link ke blog Anda, mendorong mereka untuk melihat apa lagi yang harus Anda katakan.

Tanggapi setiap “komentar” yang Anda dapatkan.
Ketika orang-orang memberikan komentar di blog Anda, itu berati mereka telah menginvestasikan banyak waktu untu Anda. Beri mereka “hadiah” dengan menjawab pertanyaan dan mengambil umpan balik sehingga mereka akan datang kembali. Juga melihat bagaimana untuk mendapatkan lebih banyak komentar.

Mengambil “permintaan”.
Menulis postingan yang meminta pembaca Anda (atau teman-teman Anda) untuk menyarankan topik untuk menulis “tentang sesuatu” dengan melalui Facebook, Twitter, atau Friends untuk minta saran. Kemudian membiarkan mereka tahu Anda sudah menulis tentang apa yang mereka minta. Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa semua yang Anda tulis akan memiliki pengunjung, setidak-tidaknya satu pembacalah, dari pada ngga ada.

Gunakan widget dan theme yang sesuai.
Wordpress.com menyediakan beberapa widget dan pilihan theme untuk membuat tampilan blog Anda menjadi menarik dan sesuai dengan misi yang ingin Anda sampaikan. Gunakan beberapa fasilitas tersebut sehingga penampilan blog menjadi lebih menarik dan informatif.

Ikuti forum WordPress.
Sering-sering untuk mengunjungi forum diskusi, diskusikan masalah Anda atau perkenalkan diri Anda, mungkin salah satu dari pengunjung lainnya mencoba untuk merespon Anda. Dan tentu Anda mengharapkan agar mereka menjadi teman dan mengunjungi blog Anda.

Membayar untuk lalu lintas.
Aplikasi web seperti StumbleUpon dapat membawa pengunjung ke posting Anda dengan harga mulai di $, 05 per kunjungan. Jika Anda hanya menerbitkan sebuah pos besar dan Anda benar-benar ingin beberapa umpan balik dari pengunjung, ini bisa menjadi cara yang baik untuk memulai. Perusahaan-perusahaan yang mencari distribusi yang lebih luas, termasuk konten semakin dilihat oleh wartawan, harus mencoba layanan seperti PR Newswire.

Tentu Anda akan lebih sering mendengar tentang mendapatkan suatu skema traffic yang cepat dan tinggi, tetapi kita tidak bisa begitu saja percaya kepada orang-orang semacam itu.Tidak ada sihir atau rahasia banyak yang diperlukan. Saran di atas, jika digunakan dengan serius, boleh dikatakan lebih dari cukup untuk meningkatkan pengunjung ke blog Anda. Itu pesan Scott Berkun jangan lupa.

Mari kita coba saran diatas dengan tentunya berhati tulus, sehingga dengan demikian kita juga akan kmendapati pengunjung yang berhati tulus. Amiiin. Mudah2an ngga Sulitnih Yee.

Advertisements

24 thoughts on “How to Get More Traffic”

  1. I simply want to tell you that I am just all new to blogging and site-building and really enjoyed you’re web page. Very likely I’m planning to bookmark your blog . You really come with tremendous stories. Appreciate it for sharing with us your blog site.

  2. Salah satu masalah kenapa orang malas kembali mengunjungi blog Anda khususnya untuk ngasih komentar karena :
    1. Isi artikelnya panjang dan nyelimet, cape deh bacanya.. Jadi gimana mo kasih komentar. Saran.. Kalau memang harus panjang sebaiknya dipecah jadi beberapa topik/bagian.. Kan komentarnya juga bisa pertopik/bagian .. Jadi ramekan..

    2. Jika foto bukanlah topik utama, .. buatlah sedikit mungki jumlah fotonya dan … jangan besar2 fotonya.. Kan jadi lemot speednya… Malas deh ngasih komentarnya.. juga jadi males datang lagi…

    3. he … He. . Maaf… saya sendiri juga belum tentu bisa gitu…
    … Namanya juga saran..

    1. Mba… Untuk memulai sesuatu itu sulit adalah wajar.. Apalagi memasarkan sesuatu yg kita miliki.. Tapi Anda sudah mencobanya beberapa rekomendasi itu… Dan… berhasil menambah traffic.. Minimal dari saya dah beberapa kali datang ke web Anda ngga harus komentarkan ?. Insya Allah yg. lainnya segera menyusul.. Mulailah yang gampang2 dulu.. Siiip pasang dong hit counter widgetnya mks atas komen nya..

  3. Salam sobat… Berusaha agar blog Anda trafficnya naik.. Usahanya itu ngga beda dgn. usaha memasarkan bisnis Anda. Anda hrs. krja keras. Gunakan metode yg. sdh pasti. Salah satunya lagi penggunaan TAG. Pakai kata2 yg. mudah dan umum yang orang suka gunakan di mesin pencari. Ok. Selamat berkreasi…

    1. SMO “sosial media optimasi” memang effective (namanya juga jualan jadi kayanya harus) buat bloger pemula yg ingin memasarkan blognya, tentunya dgn. bertambah pengalamannya penggunaan technik2 lain disarankan. Ok mks fyi.

    1. Thank’s for Web Master @Kpu Lobar… pendtpt nya sama dgn saya awalnya, namun dgn mencoba beberapa point dari rekomendasi trsb. Perlahan lahan saya jlnni… Alhmamdulillah udah banyak kenal dgn web master lainnya, termasuk anda. Komentar memang jarang, tapi hit dan visitor lumayan melonjak… Mks tas dukungannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s