Investasi Adalah Suatu Rencana

20121011-052301.jpgInvestasi waktu, investasi tanah, investasi bodong, investasi emas, investasi dollar, investasi rumah, rencana investasi.

Sampai saat ini terus terang saya belum mudeng juga dengan dunia investasi. Disini saya tidak bermaksud mau menerangkan seluk beluk investasi, saya hanya mencoba memberikan pengalaman saya selama ini bagaimana saya berpikir dan bertindak dalam rencana keuangan saya selama ini.

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang selalu berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Itu dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

Namun saya ingin memberikan gambaran bahwa investasi itu ngga selalu berhubungan dengan duit. Emangnya sih ujung-ujungnya ngga jauh juga dengan duit. Tapi sekali lagi saya ingatkan bahwa investasi itu ngga selalu harus duit mulu. Agar mudahnya tentu kita harus pastikan dulu apa itu investasi, macamnya apa aja dan apa yang akan kita lakukan dengan apa yang namanya investasi tersebut.

Investasi diumpamakan suatu rencana perjalanan.

Seperti yang selalu saya tekankan dipengalaman saya, bahwa hidup kedepan perlu rencana hidup, memulai bisnis harus dengan rencana usaha yang baik. Untuk menjadi sarjana harus penuh dengan rencana belajar, untuk berpergian juga perlu rencana persiapan dst dst.

Jadi agar Anda mudah memahami arti investasi, ya itu aja bahwa investasi adalah suatu rencana bukan suatu barang atau bukan suatu produk. Investasi adalah suatu rencana yang sangat pribadi. Kenapa sangat pribadi ?. Karena setiap masing2 orang mempunyai tujuan dan kepentingan yang berbeda. Nah karena kepentingan setiap pribadi berbeda-beda maka diciptakanlah pula produk dan type investasi yang berbeda-beda.

Menentukan pilihan produk dan type investasi.

Semua produk investasi adalah baik. Artinya yang satu tidak lantas berarti lebih baik dari yang lainnya, pemilihan produk investasi tergantung dari rencana pribadi Anda. Jika diumpamakan investasi adalah merencanakan suatu perjalanan dan produk investasi adalah kendaraan yang digunakan untuk perjalanan. Maka berinvestasi itu dapat diumpamakan seperti dibawah ini.

Misalnya apabila tujuan rencana perjalanan Anda adalah antara Jakarta dan Balikpapan, maka untuk perjalanan di Jakartanya saja Anda membutuhkan kendaraan darat, sedang untuk ke Balikpapannya Anda bisa memilih kendaraan laut atau udara. Untuk memilih menggunakan kapal laut atau kapal udara itu tergantung type rencana perjalanan Anda. Jika ingin cepat dan tidak melelahkan ya gunakan kendaraan udara. Tapi kalau Anda banyak waktu dan mau santai sambil menikmati suasana laut ya gunakan kendaraan laut. Dari contoh rencana perjalanan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa berinvestasi itu adalah :

  1. Harus mempunyai rencana pribadi dimana setiap orang mempunyai rencana yang berbeda-beda.
  2. Investasi mempunyai produk dan type yang bermacam-macam sesuai keperluan (umpama : kendaran laut, darat atau udara) dan kebutuhan pribadi (umpama : mau cepat atau lambat atau santai). Anda harus tahu produk-produk investasi dan typenya yang ada.
  3. Rencana itu harus mempunyai tujuan yang jelas, tujuan itu akan memudahkan Anda menentukan pilihan jenis produk investasi yang sesuai keperluan dan kebutuhan. Jangan salah menentukan produk investasi, misal mau nyeberang laut tapi milih pakai kendaraan darat saja. Anda bisa bayangin apa jadinya.
  4. Untuk mencapai tujuan tertentu bisa saja Anda harus menggunakan beberapa Produk atau type investasi yang berbeda-beda.
  5. Mangkin canggih atau nyaman atau cepat kendaraan yang Anda pilih, tentunya makin besar pula biaya yang harus Anda tanggung. Begitu juga produk investasi, makin besar keuntungan yang bisa diperoleh tentu makin besar pula kemungkinan resikonya atau biayanya.

Jika Anda mau berinvestasi tapi tidak perduli dengan hal-hal yang diumpamakan diatas maka Anda bukanlah Investor yang akan berinvestasi tapi investor yang akan berjudi. Jika Anda belum mempunyai rencana maka macam-macam produk investasi itu tidak perlu, uang Anda cukup disimpan ditabungan saja. Walaupun keuntungannya kecil namun aman dan boleh dikatakan tidak ada resikonya. Ingat investasi adalah suatu rencana.

Produk dan type investasi yang pernah saya coba.

  1. Saya berencana naik haji, maka produk investasi yang saya gunakan adalah tabungan, karena ongkos pergi haji dikaitkan dengan US$, maka type tabungan untuk persiapan pergi haji dari awal saya simpan dalam bentuk tabungan dollar. Alhamdulillah walupun terjadi beberapa kali devaluasi, karena uang persiapan haji tetap memadai, kami bisa berangkat. Dollar dan emas pilihan yang baik.
  2. Saya berencana agar anak2ku semua bisa menjadi sarjana kelak, apakah saya masih hidup atau sudah meninggal atau menganggur. Salah satu caranya untuk pendidikan anak2 ku, aku investasikan sebagian penghasilanku dalam bentuk produk asuransi. Type Asuransinya adalah pendidikan berjenjang. Tidak banyak memang jumlah pertanggungannya, namun setiap masuk jenjang pendidikan mulai dari masuk SMP, SMA, Universitas, hasil investasi tersebut sangat menolong tanpa harus cari untang sana sini. Alhamdulillah semua dah sarjana dan saya masih hidup untuk ikut wisuda mereka walaupun menganggur.
  3. Saya dulu berencana membeli tanah dan rumah yang saya tempati ini, setelah harga disepakati maka saya pinjam uang dari kantor, namun begitu dana turun harga rumah ini dinaikkan sehingga dana tidak cukup, terpaksa dana saya alihkan kelokasi lain. Alhamdulillah lokasi lain harganya meningkat jauh, saya jual aja lagi sehingga saya mampu membeli tanah dan rumah ini, malah sisanya masih bisa untuk pergikan haji orangtuaku. Beberapa kali menyimpan uang dalam bentuk tanah tidak akan rugi. Namun syaratnya harus sabar, untuk menjualnya kembali perlu waktu lama.
  4. Setelah PHK, saya berencana untuk tetap ada pemasukan setiap bulan. Uang pesangon aku investasikan ke pertenakan penggemukan sapi dan pertanian. Lumayan dengan perhitungan beberapa ekor saja, hasilnya seperti gajian dari kantor. Namun sayang itu hanya berjalan beberapa bulan. Sebagian uang pesangon amblas, walaupun produknya jelas, tapi pengelolaan duitnya siapa yang tau. Ketidak jelasan pengelola investasi berarti bencana buat Anda
  5. Mendapat iming-iming dari saudara bahwa bisnis sepatu menjanjikan, saya coba investasikan uangku untuk pembelian bahan baku, peralatan, kendaraan bermotor. Saudaraku ini sudah banyak channelnya. Dan dia selalu mengatakan kepada rekannya saya adalah pengusaha pembuat sepatu yang berpengalaman (ngboal dia). Beberapa bulan berjalan sangat menguntungkan, tapi setelah itu uang investasiku dan uang pelangganku dibawa kabur saudaraku. Mati kutu aku, saudara, pelanggan, duit dan modal amblas semua. Karena semua tidak tertulis, namanya saudara, ah lupakan saja deh. Dalam berbinis atau investasi tidak ada istilah teman atau sudara atau apalagi orang tidak dikenal. Hati-hati.
  6. Dengan tujuan agar sisa uang pesangon dan tabungan tidak habis dengan cara konyol, saya cari saran dari orang yang sudah berpengalaman. Maka semua asset yang nganggur aku jual dan gabung dengan sisa uang yang ada, sebagian untuk membeli ruko, sebagian untuk modal usaha, sebagian lagi dialokasikan untuk biaya hidup satu tahun, tentu dengan rencana hidup yang irit dan penuh perhitungan matang. Alhamdulillah dengan izin Allah investasi diruko tersebut berjalan dengan baik, tokoku berjalan baik walaupun awal mulainya tertatih-tatih. Jadi dalam berinvestasi jangan lupa tanya ahlinya atau orang yang berpengalaman.
  7. Waktu bisa diinvestasikan. Hasil investasinya adalah efisiensi dan efektivitas. Efisien artinya waktu yang diperlukan untuk melakukan sesuatu sangat cepat. Sedangkan efektif artinya, metode yang digunakan untuk mencapai hasil adalah yang terbaik. Saya hanya lulusan SMA, teman kerja dan bawahan saya hampir semua lulusan sarjana. Artinya harus banyak belajar lagi. Jangan suka menunda. Lakukan dari yang termudah. Buat skala prioritas. Kerjalah dengan cerdas dan jangan melakukan semuanya sendiri. Jadi saya harus menyediakan waktu untuk belajar dan menimba pengalaman dari teman. Berbagi waktu dengan teman dan keluarga adalah investasi terbesar bagi saya dalam hidup ini.

Hati-hati dengan Investasi bodong.

Investasi bodong berkedok koperasi atau multi level marketing (MLM) kembali jadi perbincangan publik. Banyak masyarakat tertipu karena iming-iming menikmati keuntungan tinggi dalam waktu singkat. Bukannya untung, malah buntung.

Lalu bagaimana cara terhindar dari investasi abal-abal alias bodong?

Berikut tips singkat dari Sarjito, Ketua Satuan Kerja (Satgas) Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Pengelolaan Investasi.

  • Dalam berinvestasi gunakan akal sehat. Saat ini hampir tidak mungkin ada tawaran investasi dengan potensi keuntungan tinggi, dalam waktu singkat.
  • Sebelum berinvestasi sebaiknya telusuri asal-usul lembaga keuangan tersebut, baik koperasi, perusahaan perdagangan valas (forex trading), ataupun MLM.
  • Jangan mudah tergiur janji keuntungan 25% per bulan. Masyarakat bisa bertanya ke berbagai sumber terkait kredibilitas perusahaan investasi ini.
  • “Harus dicek dari lembaga badan hukum itu sendiri, supaya kuat. Apa izinnya sesuai dengan usahanya. SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) kecil tapi menjalankan bisnis dengan SIUP besar,” ucap Sarjito yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Pemeriksaan dan Penyidikan Bapepam-LK.
  • Khusus perusahaan investasi ‘berbaju’ koperasi, yakinkan manajemen menjalankan usahanya sesuai aturan. Berdasarkan ketentuan, koperasi diperbolehkan menciptakan produk investasi. Namun ruang lingkupnya hanya sebatas anggota. Di luar itu, masyarakat patut curiga.
  • “Kalau sudah meluas ke anggota lain (teman), bahkan datang dari kota lain, bukan koperasi lagi,” katanya.
  • “Jika perlu, dihubungi regulatornya. Dicek terdaftar atau nggak. Ini tips yang penting untuk masyarakat,” tegas Sarjito. Menilik kasus Koperasi Langit Biru (KLB), perlu cross-check dengan Kementerian Koperasi dan UKM yang membidangi KLB.

Investasi waktu, investasi tanah, investasi bodong, investasi emas, investasi dollar, investasi rumah, rencana investasi.

Advertisements

16 thoughts on “Investasi Adalah Suatu Rencana”

  1. FBS Indonesia Broker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami trading forex fbsindonesia.co.id
    —————–
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    —————–
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

  2. My brother recommended Imight like this website. He was entirely right.
    This post actually mare my day. You cann’t imagine simply how much
    time I had spent for this info! Thanks!

  3. Nice weblog right here! Additionally your site a lot up very fast!

    What web host are you the usage of? Can I am getting your affiliate hyperlink
    to your host? I want my site loaded up as quickly as yours lol

  4. I simply needed to thank you so much once more. I’m not certain the things I would’ve handled in the absence of the type of points shared by you about such question. It was actually the alarming issue in my position, nevertheless witnessing a specialized manner you managed that made me to jump over contentment. I’m grateful for your support and then have high hopes you know what a great job that you are doing instructing many people with the aid of a blog. I know that you haven’t come across any of us.

  5. Thank you for sharing excellent informations. Your web-site is very cool. I’m impressed by the details that you have on this site. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will come back for extra articles. You, my pal, ROCK! I found just the information I already searched everywhere and simply could not come across. What a perfect web-site.

  6. you’re truly a good webmaster. The site loading velocity is amazing. It kind of feels that you are doing any distinctive trick. In addition, The contents are masterpiece. you’ve performed a magnificent job on this matter!

  7. I just want to mention I am beginner to blogging and site-building and seriously savored you’re page. Probably I’m likely to bookmark your website . You certainly come with remarkable articles. Thanks for revealing your blog site.

  8. Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. Seo Plugin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s