Sudah saatnya menentukan rencana hidup.

20120924-094746.jpg

Pentingnya rencana hidup.

Kita tahu untuk yang namanya hidup sukses dan bahagia adalah jika kita mempunyai pekerjaan atau usaha yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tentu dengan demikian kita akan bekerja lebih keras, lebih baik, lebih cinta dan tentunya menjadi lebih bahagia. Akhirnya secara otomatis, kita akan mendapatkan prestasi tertinggi.

In English.

Bisa dibayangkan jika Anda tidak suka dengan pekerjaan yang sedang Anda kerjakan. Sesak, tidak bergairah, bosan, sepanjang tahun Anda keluhkan dan akhirnya berakibat prestasi kerja menurun. Kalau diibaratkan Anda hidup dengan pasangan yang tidak Anda sukai, tentunya Anda bisa bayangkan sendiri bagai perasaan dan perlakuan Anda terhadap pasangan Anda.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, sehingga Anda bisa menentukan atau membuat rencana hidup. Rencana hidup ini adalah suatu rencana financial yang akan menggiring kepada kehidupan kedepan, kehidupan seperti apa yang Anda inginkan, tentunya kehidupan secara financial.

Hidup ini adalah pilihan.

Pada waktu saya kecil, kehidupan saya boleh dikatakan cukup sederhana. Ayahku bekerja diproyek pembangunan. Teman-teman sekitar tetanggaku kehidupannya cukup baik, itu karena ayah nya ada yang menjadi pengusaha dan ada juga pegawai dikantor pemerintahan.

Sungguh sedih jika melihat pandangan mereka terhadap kehidupanku yang pas-pasan ini. Alhamdulillah, walaupun hidup tidak tergolong susah. Namun sungguh tidak nyaman jika dibandingkan dengan kehidupan temanku. Uang sakuku kesekolah hanya cukup untuk naik bis pulang pergi, jika ingin jajan disekolah, maka pulang sekolahnya aku harus berjalan kaki. Buku pelajaran yang aku punya terbatas. Alhamdulillah, banyak teman senasib.

Setelah saya bekerja, dan melihat lingkungan teman sekerja lainnya. Pengalaman hidup seperti diatas pada saat sekolah atau kecil telihat tiada perbedaan, kehidupan saya terulang kembali. Uang gajiku yang aku terima ternyata hanya cukup untuk transport dari rumah dan kantor pulang pergi plus makan siang berupa bakso atau gado-gado. Sedang teman kantor yang lain dari pilihan makan siangnya saja sudah bisa ditebak bagaimana kemampuan ekonominya. Loh makan siangnya kalau ngga di rumah-makan Padang, ya minimal sate kambing Bang Somad.

Waktu sekolah dulu menilai kehidupan orang secara financial yang aku tahu hanya ada dua yaitu miskin atau kaya. Sekarang setelah bekerja pandangan tersebut berubah, sekarang saya bisa lebih nyata menilai kehidupan tersebut yaitu :

  • Ada orang yang hidupnya hanya berjuang agar tidak mati kelaparan.
  • Ada orang yang sudah bekerja tapi kehidupannya seperti kekurangan terus.
  • Ada orang yang bekerja dan kehidupannya berkecukupan.
  • Dan yang terakhir adalah orang yang masuk golongan kaya raya, semuanya serba berlebihan.

Tergolong manakah nilai kehidupan keluarga Anda dan Anda sendiri saat sekarang ini ?. Inilah pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur, jawaban inilah yang seharus sudah diketahui dan dimengerti dari sejak kecil atau lebih awal lagi.

  • Janganlah pertanyaan itu terjawab setelah Anda bekerja atau memiliki usaha atau berumah tangga apalagi dah pensiun. Itu artinya Anda hanya mengulangi lagi kembali kehidupan seperti masa kecil Anda.
  • Janganlah mengatakan “Saya lebih suka bahagia dari pada kaya”, terus terang aja itu kedengarannya ganjil, saya sudah merasakan bagaimana hidup tidak kaya dan apalagi miskin. Sulit untuk bahagia.
  • Atau mungkin Anda merasa “Saya lebih suka merasa aman dan nyaman dari pada kaya”, sebetulnya merasa tidak aman dan tidak nyaman itu karena Anda tidak merasa bahagia. Terus terang perasaan ini semua hampir sering terjadi setiap hari waktu saya miskin.
  • Janganlah juga membuat pernyataan “Uang tidak membuatmu bahagia”, walaupun ada benarnya, namun saya selalu merasa lumayan senang ketika memegang uang, atau menerima uang lebih senang dari pada ditagih utang.

Nah kaula muda dan Anda semuanya untuk bisa menentukan pilihan hidup yang seperti apa macamnya yang anda inginkan kedepan. Terus terang, walau saya mempunyai cita-cita, namun dalam hidup ini saya awalnya kurang perencanaan. Jadi sebagai hamba Allah yang tidak akan merugi dalam hidupnya, tergantung apakah Anda mempunyai rencana hidup atau tidak.

jika Anda tidak segera menentukan rencana hidup dari awal, maka akhirnya kehidupan Anda dan Anak-anak Anda selanjutnya seperti mengulang kehidupan masa kecil Anda lagi.

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam biasa shalat malam hingga kakinya bengkak. ‘Aisyah pun lalu bertanya, mengapa engkau melakukan ini wahai Rasulullah ?. Bukankah Allah telah mengampuni dosamu baik yang telah lalu maupun yang akan datang ?. Beliau menjawab : ‘Bukankah aku akan bahagia jika menjadi seorang hamba yang banyak bersyukur ?’” (HR. Bukhari 4837, Muslim 2820).

Nabi Muhammad S.A.W hidup dan mati, telah dijamin Allah untuk masuk surga. Namun Beliau begitu berusaha keras dalam hidupnya untuk menjadi manusia bahagia. Itulah apa yang dicontohkan nabi dalam berusaha untuk menjadi orang berbahagia dengan banyak bersyukur (dengan kerja keras, bukan hanya sekedar bersyukur di hati dan di mulut).

Kasihan orang tua Anda yang sudah menyekolahkan Anda lebih tinggi dari sekolahnya dahulu. Tentunya mereka berharap hidup Anda kedepan lebih baik lagi dari mereka, namun ternyata hidup Anda hanya mengulang lagi kehidupan yang seperti mereka dahulu. Buatlah rencana hidup segera demi Anda , anak Anda dan istri Anda untuk bisa hidup lebih baik lagi. Dan bekerja keras dan cerdas dalam mencapainya, seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad S.A.W.

Advertisements

105 thoughts on “Sudah saatnya menentukan rencana hidup.”

  1. I’m not sure why but this web site is loading extremely slow for me.
    Is anyone else having this problem or is it
    a issue on my end? I’ll check back later on and see if
    the problem still exists.

  2. Apple now has Rhapsody as an app, which is a great start, but it is currently hampered by the inability to store locally on your iPod, and has a dismal 64kbps bit rate. If this changes, then it will somewhat negate this advantage for the Zune, but the 10 songs per month will still be a big plus in Zune Pass’ favor.

  3. Pingback: vibrerende toy
  4. Pingback: project forwarder
  5. The Zune concentrates on being a Portable Media Player. Not a web browser. Not a game machine. Maybe in the future it’ll do even better in those areas, but for now it’s a fantastic way to organize and listen to your music and videos, and is without peer in that regard. The iPod’s strengths are its web browsing and apps. If those sound more compelling, perhaps it is your best choice.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s