Kepercayaan Adalah Modal Utama.

20120921-100129.jpg
Kepercayaan adalah modal utama.

Kepercayaan, hubungan sosial dan efektivitas usaha merupakan suatu konsep ekonomi yang berlaku dalam masyarakat usaha. Konsep ini perlu untuk kita pahami bersama jika Anda ingin segera memulai usaha. Seberapa besarpun modal cash Anda, itu tidak menjadi jaminan usaha Anda akan lancar jika Anda belum mendapat kepercayaan dari karyawan, kologa usaha dan masyarakat. Artinya membangun kepercayaan sangat utama dalam memulai membangun usaha.

Didalam literaturnya Qianhong Fu. Modal adalah investasi yang diharapkan suatu saat kembali dengan keuntungan. Menurut Bourdien,1986,243, Ada tiga bentuk dasar modal yaitu modal yang bisa langsung dikonversi menjadi uang, modal yang berbentuk budaya dan modal sosial.

Mendefinisikan kepercayaan sebetulnya gampang-gampang susah, itu sangat tergantung pada tingkatan kepercayaan Anda misalnya :

  • Sejauh mana pandangan Anda pada orang lain.
  • Bagaimana penilaian Anda pada sesuatu yang baru.
  • Juga bisa tergantung pada pengalaman sebelumnya.
  • Tergantung situasi dan kondisi seketika yang sedang Anda hadapi.
  • Dan banyak hal lain lagi sehingga sesuatu yang dikatakan tadinya percaya bisa menjadi tidak percaya, begitu juga sebaliknya yang bukan katagori untuk dipercaya tapi Anda percaya banget. Sulitnih Yee.

Namun untuk mudahnya ada beberapa karakteristik yang menawarkan definisi kepercayaan yaitu :

  • Kepercayaan adalah suatu ketergantungan pada beberapa kualitas atau atribut orang atau benda, atau kebenaran dari pernyataan (Oxford English Dictionary, p. 432).
  • Dari perspektif ekonomi, kepercayaan adalah “kepercayaan pada kemampuan dan niat pembeli untuk membayar pada waktu mendatang untuk barang diberikan tanpa pembayaran saat ini (Webster Ketiga New International Dictionary, p. 2456).
  • Kepercayaan adalah sesuatu yang dianggap keterbukaan (Nahapit dan Ghoshal, 1998).
  • Berdasarkan definisi diatas. Kepercayaan adalah pengambilan resiko kedepan yang didasarkan pada suatu keyakinan individu (setiap orang berbeda) untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan, tidak akan saling mengeksploitasi atau menipu dan bisa benar-benar berharap untuk mendapatkan keuntungan dari kerja sama tersebut.

Pada umumnya kepercayaan adalah identik dengan kejujuran. Dan ini memang berlaku pada tingkat hubungan antar pribadi. Namun dalam hubungan sosial baik dengan karyawan, dengan kolega usaha dan masyarakat, kejujuran seseorang harus didukung oleh tingkat reputasi dan pengalaman dari yang bersangkutan. Sehingga dengan demikian tingkat kepercayaan pribadi meningkat menjadi kepercayaan profesi. Kepercayaan pribadi dan kepercayaan sebagai profesi usaha yang Anda miliki inilah yang menjadikan Anda mempunyai modal utama. Hal inilah yang biasa disebut sebagai modal sosial.

Kepercayaan dan modal sosial dalam konteks usaha atau organisasi sebagian dikaitkan dengan penggabungan peran hubungan pribadi dalam membangun kepercayaan antara pihak. Sehingga :

  • Kepercayaan pribadi dan modal sosial membuat luasnya jaringan sehingga pertukaran informasi lebih mudah.
  • Modal sosial muncul untuk menjadi positif terkait dengan organisasi yang efektivitas dan untuk memainkan peran sentral dalam mengurangi biaya transaksi organisasi (Fukuyama, 1995).
  • Juga memfasilitasi tindakan terkoordinasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan (Leana dan Buren, 1999).
  • Membenarkan komitmen organisasi (Watson & Papamarcos, 2002).
  • Dan mengakibatkan dampak positif yang signifikan pada inovasi produk (Nahapiet & Ghoshal, 1998).

Namun tak satu pun dari hal diatas akan ada manfaat yang dihasilkan dari modal sosial, tanpa tingkatan yang wajar dari kepercayaan di antara karyawan dan antara karyawan dan manajer diorganisasi Usaha anda.

Agar orang-orang bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka, mereka tidak perlu hanya untuk mengenal satu yang lain, tetapi juga untuk saling percaya satu sama lain sehingga mereka tidak akan mengeksploitasi atau menipu dalam mereka berhubungan, dan bisa benar-benar berharap untuk mendapatkan keuntungan dari kerja sama mereka (Field, 2003). Jadi konsep kepercayaan tidak dapat diabaikan dalam membangun usaha Anda. Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa kepercayaan adalah termasuk modal yang utama.

Advertisements

11 thoughts on “Kepercayaan Adalah Modal Utama.”

  1. I wanted to compose you a little bit of remark to be able to thank you over again with the exceptional tactics you’ve provided on this site. It has been really unbelievably open-handed of you to offer extensively exactly what a lot of people would have distributed as an e book to help with making some bucks on their own, most importantly considering the fact that you might have done it in the event you considered necessary. The strategies likewise worked to become a fantastic way to understand that many people have the identical dream just like my own to see a whole lot more in terms of this condition. I believe there are several more fun opportunities ahead for people who take a look at your blog.

  2. bener… Pernah dulu ngikut seminar wirausaha, kata pembicaranya yang paling aman itu mulai usaha bareng istri sendiri… wakakak… Soalnya kalo udah urusan duit, kadang komitmen kepercayaan bisa “goyang”..

    1. Waktu aku mulai usaha sulit dapat order karena orang belum percaya, mau beli barang ngga di kirim2 takut ngga dibayar jadi harus jemput dulu bayar ditempat.. tambah biaya jadinya. Jadi harga jualnya otomatis jadi kurang kompetitip.. Mks sharenya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s