Cara Setting Front Page

20120915-112334.jpg

Setting up a Static Front Page.

Buat pemula yang melihat pilihan begitu begitu banyak thema di wordpress.com, tentu begitu tertarik dengan kebagusan thema tersebut. Namu begitu diactivekan, kok sepertinya berbeda dengan kenyataan, bentuk isinya kok sama saja dengan standardnya. Hal ini wajar hampir semua pemula mengalaminya. Lihat aja di forum berbahasa inggris maupun indonesia.

Semua itu karena thema yang baru dipilih belum disetting secara maximal. Salah satunya adalah menyiapkan statis halaman muka (Front Page). Secara default halaman depan (“Home”) blog WordPress.com Anda akan menampilkan postingan terbaru. Anda dapat mengubah ini sehingga pembaca melihat halaman statis (Front Page) pada “halaman muka” dan jika ingin melihat postingan Anda akan terdapat pada “halaman yang berbeda”. Biasanya dengan memilih menu yang tersedia.

Apa sih gunanya halaman muka ?

Halaman muka ini biasanya digunakan oleh bloger untuk memberikan identitas dari blognya, misalnya identitas sekolah, universitas, usaha yang sedang dijalankan atau topik utama yang akan disampaikan ke pengunjung perihal blog ini. Artinya pengunjung tidak langsung disuguhi oleh hasil postingan yang selalu berubah. Halaman depan ini dapat dirubah atau disunting kapan saja oleh Anda.

Buat halaman depan.

Klik pada “Dashboard–>halaman(page)–> Add New” di Dashboard Anda. Beri Judul Page ini dengan title “Home” (Anda dapat dan tentu saja, nama apapun yang Anda suka, misal beranda, muka dll). Ketik isi halaman (konten) Anda sesuai dengan keinginan agar ditampilkan di halaman depan blog, kemudian tekan terbitkan (publish) tulisan anda tersebut.

Buat halaman kedua kosong.

Kemudian tulis halaman (page) baru yang lain (yang kedua) dengan judul halaman (page) ini “posts” atau “Posting” atau “blog” atau “artikel” terserah Anda. Yang terpenting isinya nanti merupakan hasil postingan Anda. Anda tidak perlu untuk nulis isi dengan konten, kosongin aja, karena itu tidak akan ditampilkan, istilah gue halaman pancingan doang gitu.

Menerbitkan halaman (page) sebagai Front Page.

Sekarang Klik “Pengaturan – > membaca” menu di sebelah kiri di Dashboard Anda. Anda akan melihat opsi berikut. Mengatur Anda terlihat seperti ini:
20120915-104206.jpg

Pilih pada kolom Front Page dengan judul pada Page pertama dan Posts Page dengan judul pada Page kedua yang kosong tadi.

Setelah membuat perubahan ini, postingan tidak akan lagi ditampilkan pada halaman depan blog Anda. Pada halaman statis akan terlihat (dalam menu) tertulis “Home” atau “beranda” atau seperti apa judul (title) serta isi halaman pada waktu dibuat halaman depan tadi.

Pada menu selain tertulis “beranda” juga tertulis “posts” atau “posting” atau “blog” atau “artikel” sesuai judul halaman kedua yang anda ketik dengan isi yang kosong tadi. Pengunjung harus mengklik untuk menu “Posts” atau “blog” atau “artikel” untuk melihat postingan Anda.

Pemecahan masalah

Mengapa bentuk halaman depan tidak full ?

Jika anda menginginkan halaman depan full atau sama dengan model postingan. Suntinglah kembali halaman muka tersebut dan lihat pada pojok kanan tertulis
Atribut Halaman–>template–> pilih bentuk halaman yang anda inginkan.

Mengapa saya sekarang memiliki dua halaman rumah di navigasi saya, “beranda” untuk yang baru sedangkan yang lama sudah ada misalnya ” home”. ?

Hapus menu yang lama dari daftar menu atau jika pengaturan statis halaman muka memberi Anda dua pilihan rumah link Anda dapat memecahkan masalah ini dengan menyiapkan menu kustom.

Mengapa Halaman depan sekarang menampilkan pesan kesalahan?

Jika halaman depan Anda menghilang, pergi ke pengaturan di atas dan pastikan setting dah benar.

Sumber wordpress.com. Berikutnya saya juga akan menulis pengalaman bagaimana menset “sticky post”.

Tolong berikan komentar atas blogku atau minimal likedlah…, jadi saya punya catatan untuk bisa mengunjungi blog Anda segera. Mksih.

Advertisements

6 thoughts on “Cara Setting Front Page”

  1. What i don’t realize is in truth how you’re now not really much more smartly-preferred than you may be right now. You are very intelligent. You realize therefore considerably relating to this matter, produced me individually believe it from a lot of varied angles. Its like women and men don’t seem to be fascinated except it is one thing to accomplish with Woman gaga! Your individual stuffs nice. Always maintain it up!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s