Beda Post dan Page

20120915-071642.jpg

Post dan page adalah hal yang sering kita temui didalam web, bagi pemula wordpress.com Anda harus sudah bisa membedakan dari awal saat pembuatan blog, sehingga dalam tahap design dan membuat bentuk web bisa lebih detail apa isi postingan (post) dan apa isi halaman (page). Diforum wordpress baik yang berbahasa Inggris maupun Indonesia hal ini sering dipertanyakan oleh pemula.

Post (Postingan)

Post adalah entri yang terdaftar dalam urutan kronologis terbalik pada halaman blog atau halaman posting. Ini ditetapkan atau diatur dimenu : Dashboard -> pengaturan -> membaca. Jika Anda telah membuat postingan, postingan ini akan muncul dipaling atas dari postingan sebelumnya, atau dibawah postingan yang menggunakan atau diset “sticky post”nya.

Postingan mempunyai tanggal, tag dan kategori. Postingan dapat ditemukan dalam tag, arsip, kategori, posting terbaru, dan widget lainnya. Posting juga ditampilkan di RSS feed dari blog. Anda dapat mengontrol berapa banyak posting yang ditampilkan pada suatu waktu dalam pengaturan membaca. Alamat URL untuk posting meliputi tanggal posting diterbitkan seperti ini:

http://blogname.wordpress.com/2008/11/30/post-title/

Page (Halaman)

Halaman statis (page) tidak terdaftar menurut tanggal didalam blog Anda. Halaman tidak menggunakan atau tidak mempunyai tag dan kategori. Halaman (page) “tentang Anda” (about me) yang ada dalam menu adalah salah satu contoh klasik.

Halaman (page) dapat ditampilkan di sidebar menggunakan widget halaman, dan beberapa tema menampilkan halaman (page) dalam tab di bagian atas dari blog Anda, seperti menu “kontak kami”, “tentang kami” dan lainnya.

Jika Anda memiliki puluhan halaman dan Anda menggunakan widget halaman, maka semua halaman akan terdaftar sepanjang waktu.

Halaman juga bisa ditampilkan sebagai halaman muka “front page” dari web Anda sebagai “home” atau “beranda”. Sehingga halaman muka web Anda bukan berisi postingan tapi bisa berisi halaman (page) yaitu sesuatu yang menerangkan maksud web Anda. Sedangkan postingan Anda akan muncul dihalaman lainnya. Lihat tulisan berikutnya bagaimana menset “Front Page”.
URL halaman (page) disimpan seperti ini:

http://blogname.wordpress.com/page-title/

Berapa banyak bisa membuat post atau page ?

Tidak ada batasan jumlah postingan atau halaman yang Anda dapat miliki.

Bagaimana cara mengirim ke halaman web ?

Semua postingan akan muncul pada halaman posting, tetapi Anda juga dapat menampilkan posting spesifik pada halaman kategori dengan fitur menu kustom. Jika Anda ingin mengubah halaman default untuk postingan. Lakukan dengan mengubah Dashboard-> pengaturan-> membaca lewat Dashboard. Termasuk mengubah halaman depan Anda juga.

Sumber wordpress.com. Berikutnya saya juga akan menulis pengalaman bagaimana menset “sticky post” dan “front page”,

Tolong berikan komentar atas blogku atau minimal likedlah…, jadi saya punya catatan untuk bisa mengunjungi blog Anda segera. Mksih.

Advertisements

3 thoughts on “Beda Post dan Page”

  1. The key here is usually to write hubs on topics that
    individuals would desire to read Justin timberlake tickets 2014 for companies that have yet to make a profit,
    elements such as a great customer list and payment history also come in to learn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s