Kreatif Dengan Corn Craft (Tepung Maizena)

20120912-101356.jpg
Tepung maizena, profil usaha. Siapa sangka dari bahan tepung maizena dihasilkan banyak kreasi cantik yang mempunyai nilai jual. Sebuah inovasi di bidang keterampilan yang bermula dari hobi, dengan bahan yang murah dan mudah didapat. Yuk, kita ikuti kegigihan Henny Indarti Widjaja (39) sampai menemukan corn craft dengan formula pas. Tepung maizena atau corn craft adalah tepung yang berasal dari sari pati jagung.

Kesempatan ini saya coba cari profile usaha yang ide kreatifnya bisa diikuti oleh Anda atau temen dengan tujuan agar bisa memotivasi diri untuk segera memulai usaha. Saya copas dari Klub Nova dengan judul :

Kreatif Dengan Corn Craft : HENNY INDARTI WIDJAJA
Oleh : Florentina Lenny Kristiani Klub Nova

Ide kreatif ini berawal ketika ia berhenti kerja pada tahun 2002. Henny yang biasanya punya kesibukan di kantor, menjadi canggung dengan posisi yng banyak nganggurnya. Karena senang dengan kerajinan tangan, akhirnya ia mencoba membuat clay dari bahan kimia yang banyak dijual. Tapi suatu ketika, sang anak yang masih kecil sempat memasukkannya ke dalam mulut. Setelah kejadian itu, dia sempat berhenti berkarya beberapa bulan karena sang suami melarangnya.

Suatu ketika tanpa sengaja ia meremas-remas roti tawar menjadi semacam adonan. Dalam pikirannya timbul ide untuk membuat sesuatu dari bahan roti tawar ini. Kemudian adonan roti tawar ini dicampur lem, dan ia mulai membuat bentuk jerapah dan monyet. ”Hasilnya bagus sih, tetapi setelah beberapa hari, timbul bintik-bintik hitam,” ujar ibu 2 anak ini.

20120912-101407.jpgGagal dengan roti tawar, ia mencoba membuat kerajinan clay dari tepung terigu. Tetapi hasilnya lagi-lagi kurang bagus. Hasil claynya selain tidak bisa putih juga hasilnya melebar atau molor. Tidak puas dengan itu, ia mencobanya dengan bahan kanji yang diberi lem. Lagi-lagi hasilnya tidak memuaskan. ”Clay jadinya seperti berambut dan ada seratnya, tidak licin dan halus,” ujar Henny.

Sampai pada suatu waktu, ia memasak sayur dengan memakai sedikit tepung maizena untuk pengental. Tidak berapa lama, sayur tadi mengendap turun, tapi turunnya kelihatan licin. Dari situ ia tertarik untuk membuat clay dari tepung maizena. Dan ternyata hasilnya sangat memuaskan.

Menurut Henny, kelebihan menggunakan tepung maizena adalah hasilnya keras seperti keramik, warnanya putih, halus, licin, harga terjangkau dan tahan lama. ”Saya pikir, itu semua kelebihan yang harus ada pada clay,” jelasnya. Untuk takaran yang pas, ia menggunakan 1 kg tepung maizena dicampur dengan 600 gr lem dan 300 – 400 ml air.

Selama 5 tahun ia berkreasi tanpa berpikiran untuk membisniskannya. ”Saya setiap hari membuat hiasan dinding, gantungan kunci, aneka suvenir lain,” jelas wanita kelahiran Surabaya ini.

Ada beberapa tips dari Henny untuk mereka yang ingin belajar membuat corn craft.

1. Harus sabar dan ulet. Ini dikarenakan waktu pengerjaan lama dan harus detail.
2. Supaya waktu pengerjaan tepat waktu, dibutuhkan disiplin waktu.
3. Selalu berinovasi supaya produknya selalu baru dan tidak mudah ditiru. Jangan sungkan-sungkan membeli buku atau browsing internet.
.
R. Suryanto
Foto-foto: R. Suryanto

Advertisements

8 thoughts on “Kreatif Dengan Corn Craft (Tepung Maizena)”

  1. My husband and i ended up being really glad when Michael could round up his investigation because of the precious recommendations he had from your very own web page. It is now and again perplexing to simply happen to be handing out helpful hints men and women may have been trying to sell. We really grasp we need the writer to appreciate because of that. The main explanations you have made, the straightforward blog menu, the friendships you can make it easier to engender – it’s mostly unbelievable, and it’s making our son and our family understand the subject is interesting, which is certainly seriously vital. Thank you for the whole lot!

  2. I was just seeking this info for a while. After 6 hours of continuous Googleing, at last I got it in your site. I wonder what is the lack of Google strategy that don’t rank this type of informative sites in top of the list. Usually the top web sites are full of garbage.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s