Kenapa Suka Menunda Nunda

Jika sampai pensiun dari pekerjaan belum juga memiliki usaha mandiri. Itu disebabkan dari salah satu sifat terburuk yang kita miliki, yaitu kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan yang sudah direncanakan. Artinya sebagus-bagusnya suatu rencana usaha dibuat, akhirnya tiada berguna karena hilangnya peluang usaha. Semua keinginan hilang disebabkan Anda terlambat bertindak.
Terlambat bertindak bukan karena Anda sibuk, bukan belum sempat dikerjakan, bukan juga karena pekerjaan Anda menumpuk. Itu semua terjadi karena Anda suka atau biasa menunda-nunda pekerjaan. Anda selalu berharap “masih ada hari esok”.

Ragu-ragu, kurang gesit, kurang percaya diri, suka mencari-cari alasan, selalu berpikir negatif, takut mengambil resiko, takut gagal, takut rugi, merasa sibuk sekali atau sebaliknya emang malas dan masih setumpuk hal lain yang membuat Anda punya cukup alasan untuk selalu menunda pekerjaan.

Memang cukup banyak jenis pekerjaan yang jika ditunda sementara waktu, pelaksanaannya masih bisa Anda lakukan dilain kesempatan. Tapi apa jadinya jika kebiasaan menunda ini mendarah daging dalam diri Anda, pasti Anda adalah orang yang tergolong disebut suka berjalan ditempat. Akibatnya banyak juga keinginan Anda yang sebetulnya tertunda. Kasihaaan.

Jika Anda mempunyai rencana dan ingin menjalani proses dengan sukses, mulailah dari hal-hal kecil yang bisa segera diselesaikan, jangan ditunda hingga menjadi masalah dan akhirnya terbengkalai. Jangan mengalah dengan alasan yang terkadang menyesatkan. Tatap kedepan lakukan dengan kerja keras hingga keinginan Anda terwujut. Banyak keinginan Anda yang sebetulnya bisa diwujutkan jika segera dapat diselesaikan.

Menunda Pekerjaan
Suka Menunda Bisa Miskin Pengalaman

Bagaimana kalau untuk yang ini
Anda jangan coba-coba untuk menunda.

1. Cari tahu segera faktor-fakor yang selalu membuat Anda suka menunda-nunda pekerjaan. Ragu-ragu, kurang gesit, kurang percaya diri, suka mencari-cari alasan, selalu berpikir negatif, takut mengambil resiko, takut gagal, takut rugi, merasa sibuk sekali atau sebaliknya emang malas dan masih setumpuk faktor lain yang membuat Anda cukup punya alasan untuk selalu menunda pekerjaan.

2. Jika Anda sudah menemukan faktor penyebab mengapa selalu menunda pekerjaan. Maka kali ini saya mohon Anda jangan menunda untuk mencari solusinya. Susah atau gampang solusinya itu Anda sendiri yang menilai, biar tidak rumit intinya Anda jangan bohong pada diri sendiri.
Misalnya Anda selalu ragu, catat apa yang membuat anda ragu, tanyakan kepada orang lain atau baca artikel apa solusi dari apa yang anda ragukan, mungkin saja apa yang anda lakukan ternyata sudah betul dan sudah baik, hanya dikarenakan anda tidak yakin, kurang percaya diri atau kurang informasi yang mengakibatkan Anda menjadi ragu. Jangan malu bertanya dan biasakan berdiskusi dengan orang lain.

3. Jika Anda mempunyai rencana (sekecil apapun, termasuk untuk memperbaiki diri), segera berdo’a memohon kepada Tuhan apa niat Anda, apa keinginan anda, pertolongan dan kemudahan apa yang anda harapkan. Kuatkan mental dan segera fokus, buat keputusan dan susunlah rencana kerja.

4. Berpikir positip, bahwa tidak ada penghalang, bahwa semua bisa lancar, bahwa rencana kerja sudah baik. Jika masih merasa ada yang kurang baik atau masih ada yang diragukan berilah catatan dan kemungkinan beberapa solusinya. Dengan demikian rasa percaya diri akan meningkat.

5. Mulai segera kerjakan, mulailah dari yang kecil dan tidak rumit dan bertahap menuju hal yang besar sesuai rencana dengan semangat dan pantang menyerah. Setiap mulai bekerja selalulah berdo’a agar Anda dapat segera menyelesaikannya tanpa halangan. Bersyukurlah kepada Tuhan jika anda telah dapat menyelesaikannya dengan baik.

Menunda pekerjaan hanyalah membuang-buang waktu dari kesempatan yang ada. Raihlah dengan segera apa yang anda inginkan, jika kegagalan yang anda temui, anda masih mempunyai kesempatan untuk secepatnya meraih keinginan dari rencana anda yang lainnya. Didunia ini tidak ada orang yang sempurna dan waktu anda terbatas sebelum ajal tiba-tiba menjemput.

Siiip..dah..

Advertisements

6 thoughts on “Kenapa Suka Menunda Nunda”

  1. May I simply just say what a relief to uncover someone who genuinely knows what they’re talking about on the web.
    You certainly know how to bring a problem to light and make it important.
    More and more people must read this and understand this side
    of the story. I was surprised you are not more popular because you certainly have the gift.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s