Menjadi Mekanik Motor yg Handal

Sulit Memulai Usaha

Bagaimana Cara Download Rahasia Buat Belajar Penyebab Masalah Tips, Tutorial, Jual, Beli, Bisnis, Usaha, Teknik, Buy, Sell, How To, dll.

Menjadi Mekanik Adalah Suatu Proses.

20120828-133237.jpgHai para remaja Anda ber cita-cita untuk menjadi ahli mekanik motor balap seperti Jerimy Burgess (60 tahun). Seorang kepala tim mekanik terbaik dunia yang sudah sangat lama (12 tahun) bekerja sama dengan Rossi. Andilnya Burgess dalam mengotak atik motor balap telah merebut lebih dari 15 gelar juara dunia itu adalah buktinya.

Menjadi ahli mekanik motor yang terkenal bukanlah suatu perjalanan hidup yang singkat, itu membutuhkan proses, membutuhkan waktu dan pengalaman yang panjang. Buat para remaja SmA yg ingin menjadi ahli mekanik, pertanyaannya adalah “Apakah saat ini Anda sudah punya pengalaman dengan mesin motor ?.”

Kalau belum, coba terusin baca deh mudah-2an berguna untuk menata kehidupan Anda agar tercapai apa yang di cita2-kan.

Prospek atau kesempatan.

Menjadi ahli dalam mekanik motor saat ini atau dimasa depan adalah salah satu pilihan yang bagus, ini terlihat semakin tingginya jumlah motor yang beredar dijalanan. Pemakainya mulai dari anak smp sampai para pensiunan. Yang biasa menggunakan kendaraan roda empatpun banyak yang menggunakan motor sebagai kendaraan alternatifnya.

Sehingga hal tersebut diatas mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja

Job Description.

Kalau disederhanakan pekerjaan mekanik motor adalah menyesuaikan dan mengganti busi, poin2 pengapian, rem, perbaikan atau perombakan mesin, sistim pelistrikan dll.

Lapangan Pekerjaan.

Sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia kebanyakan adalah toko2 speda motor atau dealer, toko2 sparepart atau bengkel. kalau dipemerintahan umumnya ditempat yang pelayanannya banyak menggunakan motor seperti kepolisian. Tempat perbaikan bentuk motor, penyesuaian mesin, menambah instrumen, mengubah desain. Bagi yang sudah berpengalaman dan mempunyai modal biasanya menjadi pemilik usaha seperti diatas.

Pedidikan & Pelatihan.

Awal belajar adalah bagaimana cara merakit motor. Kemudian bagaimana melakukan perawatan rutin. Melakukan overhoul. Mengenal sistim kelistrikan. Mengenal sistim kemesinan. Mengenal sistim keselamatan kerja. Mengenal pemakaian peralatan penunjang kerja dll. Untuk menjadi mekanik motor yang berpengalaman dibutuhkan waktu 2-3 tahun.

Bagaimana jika Anda tidak ada dana untuk ikut pelatihan atau pendidikan mekanik motor. Hal tersebut bisa saja disiasati dengan seringnya nongkrong di bengkel motor, tentunya bengkel yang anda kenal. Kalau mau cape dikit ya magang dibengkel, tentunya bukan duit tujuannya tapi mencari ilmu. Sering baca artikel atau majalah yang berhubungan dengan motor, khususnya permesinan dll.

Jika Anda sudah sedikit banyak tau mengenai mesin motor, cobalah bantu temen-temen Anda untuk memperbaiki motornya, itung-itung menjajal kemampuan Anda. Terjun langsung kelapangan adalah guru terbaik.

Untuk menjadi ahli mekanik motor tidak diharuskan lulus dahulu dari sekolah SmA atau Sarjana. Memang untuk bekerja di bengkel besar Anda harus sudah lulus SmA atau sarjana, hal ini menyangkut salah satu persyaratan untuk pendidikan lanjutan yang harus Anda ikuti berkenaan dengan jenjang karier di perusahaan tersebut.

Wiraswasta Dan Mekanik Motor.

Lalu apa hubungannya antara ahli mekanik motor dengan usaha mandiri. Seperti sudah disinggung diatas. Apabila Anda sudah ahli dan mempunyai modal sedikit, apalagi sudah banyak konsumen yang percaya pada Anda, maka pada umumnya ahli mekanik motor akan beralih profesi dari ahli mekanik menjadi pemilik usaha dan ahli mekanik.

Saran penulis selama anda menjadi mekanik motor, pelajari juga bagaimana melayani konsumen yang baik, apa saja yang dibutuhkan konsumen, apa saja permasalahan motor selain mesin, bagaimana sistim kerja dan administrasi di bengkel, bagaimana bekerjasama yang baik dengan mekanik lain serta senior Anda dan lain-lain sebagainya, sehingga bukan saja Anda bisa dikatakan seorang mekanik yang ahli, tapi juga bisa menjadi calon pengusaha yang sukses.

20121228-071335.jpg
Motor Mekanik – Sulit Memulai Usaha

Jika Anda bisa belajar untuk membangun bisnis Anda sendiri, terbukalah luas sebuah dunia baru dengan kesempatan financial yang tidak terbatas.

Kalau sudah bisa jadi pengusaha mandiri kenapa harus menjadi karyawan. Mulailah buka bengkel dari halaman rumah, jika berkembang, cari tempat yang lebih baik. Adik saya korban PHK sudah mempunyai usaha bengkel, karena tidak mengerti permasalahan mekanik motor, maka awalnya dimulai dari usaha cuci motor, kemudian pelan-pelan mempelajari untuk memperbaiki motor langganan jika ada yang rusak. Anda para remaja pasti bisa. Untuk belajar mekanik motor tidak perlu harus menunggu lulus sekolah dahulu, mulailah dari sekarang !.

Amin.
Sudah dilihat


Advertisements

38 thoughts on “Menjadi Mekanik Motor yg Handal”

  1. Sorry for the huge review, but I’m really loving the new Zune, and hope this, as well as the excellent reviews some other people have written, will help you decide if it’s the right choice for you.

  2. Mint is seriously awesome. Worth putting time into. Some purchases don\’t get categorized properly and you have to re-categorize them, but once you do, it\’s a pretty awesome app and amazing software.

  3. Youre so cool! I dont suppose Ive read anything this way prior to. So nice to locate somebody by original applying for grants this subject. realy thank you for beginning this up. this website is one particular region which is needed more than the world wide web, someone if we do originality. useful problem for bringing intriguing factors towards the net!

  4. Thanks for the very good critique. Me & my friend had been just preparing to complete some research about this. We got a book from our region library but I feel I’ve discovered far better from this post. I’m incredibly glad to determine such wonderful information getting shared freely out there..

  5. I’d ought to speak to you here. Which is not one thing Which i do! I appreciate to reading an report which will make people think. Also, thanks for permitting me to comment!

  6. Ordinarily I don’t read short article on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to attempt and do it! Your writing style has been surprised me. Thanks, very nice report.

  7. Hello there, just became alert to your blog by Google, and found that it’s really informative. I’m gonna watch out for brussels. I’ll be grateful in case you continue this in future. A lot of individuals will probably be benefited from your writing. Cheers!

  8. It’s actually a nice and helpful piece of information. I am happy that you just shared this helpful info with us. Please keep us informed like this. Thank you for sharing.|

  9. Immediately after representation whatsoever of your blogposts I moldiness say i pioneer this particularised 1 to frequently be major nick. I mortal a weblog also and essential to repost some shear of the articles on my personal diary tract. Ought to it be alright if I use this as daylong I personal reference your net diary or build a incoming linkage to your short article I procured the snipping from? If not I make and couldn’t do it with out obtaining your tolerance . I hump collection starred this article to cheep and zynga calculate motivated for publication. Anyway revalue it either way!

  10. Ane mo curhat aja nih.. Adikku krrja di bank swasta dan ken phk thn 2000 sama nasibnya sama saya. Uang pesangonnya hampir habis ketipu investasi bodong. Akhirnya buka cucian motor dikaki lima(2x3m), Karena pelanggannya suka minta tolong betulin kerusakan motornya, dia coba bantu (padahal ngga ngarti soal masalah motor) bantu dari yang gampang dulu misalnya rem, platina, lampu, busi, ganti oli, pokoknya yg gampang2dulu. Setelah dicek yg berat2 disuruh kebengkel sekitarnya, pelanggan yg ngga ngerti motor tetap seneng karena dah dikasih tahu kerusakannya. Sekarang Adikku dah kaya montir beneran padahal tadinya cuman cuci motor doang. Dan saya suka liat ditempat cucian motornya ada beberapa motor tertulis dijual, wah rupanya jadi makelar motor juga..ni.h..lumayan komisinya bisa 100ribu-500ribu ya pinter2 buka harganya… awal usaha memang sulit, tapi karena berfikir sehat dan punya komtment kuat akhirnya usaha jadi lebih mudah..

  11. Disekitar tempat tinggal saya dah banyak bengkel motor.. Dan semuanya rame dgn. pelanggannya masing2.. Anak tetangga saya baru lulus sma, disuruh kuliah ngga mau, akhirnya ikut pelatihan mekanik motor. Sekarang dah buka bengkel.. Dia cuman jadi managernya aja (wah keren), yang kerja temen2 mekaniknya yg lebih berbakat.. Baru beberapa bulan, bengkelnya dah rame tuh.. Bisa bersaing dgn. Bengkel lainnya.. Wah kelihatannya ngga sulit tuh… Jadi ngiri aku. Mekanik motor memang peluang yg masih luas.. Asal mau gaul ngkali ya..

    1. Mks Bang Fahri tas dukungannya..
      Kalau ditelusuri di google untuk pelatihan mekanik sepeda motor cukup banyak, cari deh yang dekat dengan tempat tinggal Anda. kenapa yg dekat ? jadi walau anda dah lulus pelatihan namun masih perlu bimbingan, terus kalau dekat tempatnya, jadi ngga males atau mlu2 untuk tetap ketempat latihan..minimal perhatikan orang sedang latihan, dan pasti permasalahannya berbeda2, bisa nambah ilmu lagi tuh dan bisa nanya2 sama bekas pelatih Anda. Mumpung masih muda .. Manfaatkan waktu Anda, jaman sekarang punya keahlian khusus pasti sangat bermanfaat.. Pemakai motor ribuan orang Gan..ok..makasih.

  12. Tips yang OK punya Om. Sangat bermanfaat bagi sahabat yang ingin menjadi mekanik motor yang handal. 🙂
    Terimakasih telah berbagi. 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s