Mampukah Putra Putri Anda Untuk berTransaksi

20120816-233329.jpgDalam dunia usaha salah satu barometer apakah usaha tersebut berjalan atau tidak itu bisa dilihat dari kemampuan bertransaksi. Artinya suatu usaha tanpa ada suatu transaksi, maka usaha itu disebut usaha mandul. Tidak bisa menghasilkan apa-apa.
Begitu juga dengan putra putri Anda, apakah telah mempunyai kemampuan untuk bertransaksi atau tidak. Lemahnya kamampuan bertransaksi akan berakibat tidak sanggupnya putra putri Anda bersaing dalam kehidupan pribadinya ataupun dalam dunia usaha. Dalam kehidupan pribadi misalnya sulit mempunyai teman dekat, sulit menentukan pasangan hidup dll. Dalam dunia usaha kesulitannya dalam meningkatkan penjualan, menjalin hubungan usaha untuk jangka panjang dll.

Sebetulnya apakah itu bertransaksi ?

Bertransaksi adalah suatu aktifitas yang melibatkan dua pihak atau lebih yang berlandasan kepercayaan untuk mencapai sesuatu secara adil.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,”
(QS. Al Fathir:29)

“Sesungguhnya Kami telah mengutuskan para Rasul dengan bukti-bukti, dan Kami telah menurunkan pada mereka al-Kitab serta timbangan (standar yang haq dan bathil), agar manusia menegakkan keadilan.” (QS. al-Hadid: 25)

Transaksi yang berhasil apakah selalu baik ?

Sesuatu transaksi yang berhasil belum tentu suatu transaksi yang baik, artinya kedepannya bisa saja transaksi itu bermasalah sehingga akhirnya justru menghabiskan keuntungan yang telah tercapai. Untuk itu sebelum bertransaksi Anda harus sungguh-sungguh menyiapkan beberapa hal dengan baik.

Hal-hal yang harus dipersiapkan

Harus menguasai inormasi yang diperlukan baik untuk diri sendiri ataupun untuk disampaikan kepada pihak lain, sehingga tidak menyesatkan diri sendiri ataupun pihak lain.

Harus menentukan metode negosiasi dengan pihak-pihak yang tekait, sehingga semua kondisi, biaya dan harga bisa diterima semua pihak.

Harus disiapkan bentuk kontrak atau perjanjian yang jelas, sehingga apa yang akan disepakati keduabelah pihak semua tertulis, dapat dipercaya dan secara adil.

Harus ditetapkan metode kontrol untuk pengecekan kwalitas, kuantitas dan kelengkapan lainnya agar dapat sesuai dengan kesepakatan.

Nah jika Anda sudah menguasai semua informasi diatas dengan baik berarti Anda atau putra putri Anda sudah siap untuk bertransaksi dengan siapapun secara adil dan dapat dipercaya, insya Allah. Menyusul bagaimana bernegosiasi yang berhasil.

Advertisements

2 thoughts on “Mampukah Putra Putri Anda Untuk berTransaksi”

  1. I’m really impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Either way keep up the excellent quality writing, it’s rare to see a great blog like this one today..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s