Modal Pas-2an Lokasi Usaha Harus Strategis ?

20120630-075249.jpgMempunyai lokasi usaha yang bagus dan strategis adalah impian bagi setiap orang yang ingin memulai usaha. Namun impian ini menjadi impian yang berkepanjangan yang dikarenakan ketidak tersedianya modal yang memadai untuk menyewa lokasi yang strategis. Inilah salah satu kesulitan yang sering dihadapi oleh usaha pemula. Kesulitan ini menjadi alasan klise bagi Anda orang yang mudah menyerah, namun tidak bagi orang yang ingin maju.

Banyak sudah usaha mandiri yang maju dan berkembang yang asal mulanya berangkat dari tempat-2 yang boleh dikatakan tidak strategis, terpencil disudut gang, didalam garasi mobil, dipojok pasar yag tidak terlihat, dibukit yang terpencil dan banyak tempat lain lagi yang tadinya tidak diperhitungkan oleh konsumen dan pesaing Anda.

Jika memang modal dan pengalaman usaha yang Anda miliki begitu minim untuk memulai usaha mandiri, memiliki lokasi yang strategis bukanlah hal yang prioritas saat ini. Suatu lokasi usaha yang strategis biasanya merupakan tempat bersaing para usahawan yang sudah berpengalaman dan yang bermodal, itulah sebabnya biaya sewanya mahal. Apakah Anda yang minim modal dan belum pengalaman ingin bersaing dengan mereka ? Beban Anda sudah berat untuk memulai usaha jangan ditambah lagi dengan beban persaingan yang ketat dengan mereka. Bisa saja baru mulai usaha sudah tutup lagi karena tidak dilirik sama sekali oleh calon konsumen.

Tersedianya tempat untuk memulai usaha adalah merupakan modal awal yang baik, apakah itu ruangan yang ada dirumah sendiri, sewa garasi, sewa gudang yang tidak terpakai, sewa lapak, gunakan gerobak dorong, sewa tenda dan banyak lagi alternative lokasi yang tersedia dilapangan, tinggal kerajinan Anda untuk hunting lokasi murah.

Usaha orang tua saya dimulai dari teras rumah, setiap pagi saya harus membantu mengangkat meja dari dalam rumah keteras, begitu juga sore hari memasukan kembali meja kedalam rumah. Ibu saya yang mengelola usaha tersebut sedangkan ayah saya bekerja dibangunan. Setelah ibu saya merasa usahanya bertambah dan punya uang tabungannya cukup untuk menyewa tempat, kami pindahkan usaha rumahan tersebut kesuatu tempat atau toko dipinggir jalan. Toko itu tadinya telah ditutup oleh pemiliknya karena bangkrut.

Setiap hari setelah sholat subuh kami buka toko tersebut sepanjang hari dan kami tutup lagi malam harinya sekitar jam sembilan malam. Alhamdulillah usaha toko itu dapat berkembang baik, sehingga bisa menghidupkan kami sekeluarga dan menyekolahkan adik-adik saya sampai sarjana.

Sekarang bagaimana konsumen bisa tahu lokasi usaha Anda ?

Banyak cara sudah yang digunakan untuk memberitahu konsumen tentang keberadaan usaha, produk-produk yang ditawarkan atau jasa apa yang tersedia dari usaha Anda saat ini.

  1. Mulai dari cara yang primitif yaitu dari mulut kemulut
  2. Memasang tanda petunjuk, papan nama atau spanduk diujung jalan.
  3. Buat selebaran atau plakat atau brosur atau umbul-2
  4. Menggunakan cara yang canggih yaitu sarana internet/ website.

Namun ada beberapa hal yang paling utama dilakukan agar konsumen tidak kecewa setelah tahu keberadaan usaha Anda yaitu :

  1. Produk atau jasa yang Anda tawarkan harus unik dan menarik, sehingga konsumen rela untuk mencari keberadaan lokasi usaha Anda.
  2. Selain produk utama yang Anda tawarkan harus ada produk pendamping lainnya atau variasi produk harus banyak pilihan. Sehingga konsumen yang datang tidak perlu untuk mencari pilihannya ketempat lain. Contohnya kalau toko kebutuhan sehari-hari harus lengkap sekali walaupun jumlah per-itemnya sedikit karena keterbatasan modal.
  3. Kwalitas pelayanan harus prima, jangan sampai konsumen sudah cape-2 mencari-cari untuk mendatangi lokasi Anda, ternyata sambutan atau pelayanan dari Anda biasa-2 aja atau bahkan buruk. Hargai jerih payah konsumen yang datang dgn. bersusah payah kelokasi Anda.
  4. Tata layout atau ruangan usaha menjadi terlihat segar tidak harus mewah. Yang penting konsumen yang datang merasa nyaman, tidak sumpek dan betah lama untuk memilih-milih produk Anda.
  5. Kalau mungkin lengkapi ruangan dengan perlatan audio video yaitu TV atau musik, stel volume dengan suara tidak terlalu keras namun jelas.

Dengan kegigihan dan kerja keras Anda Insya Allah usaha yang sedang dirintis akan berjalan sesuai rencana. Apabila usaha sudah berkembang dan membutuhkan tempat yang lebih baik, kenapa tidak berencana untuk mencari lokasi baru baik untuk perkembangan usaha atau cabang baru.

Apa kiat-kiatnya mencari lokasi usaha yang baik ?

Mengingat biaya yang akan dikeluarkan cukup besar untuk lokasi baru, maka sebelum mencari lokasi pilihan yang baru pastikan dahulu beberapa hal dibawah ini.

  1. Jika sektor bisnis Anda adalah jasa seperti Salon, Toko retail / pengecer, Perbankan, dll, tempat yang paling menguntungkan adalah lokasi yang mendekati konsumen, sarana mudah ( listrik, tansportasi, air dll )
  2. Jika sektor bisnis manufaktur ( menghasilkan barang ) , tempat yang paling strategis adalah lokasi yang dekat dengan sumber bahan baku, mudah sumber daya manusianya, transportasi kendaraan besar, tersedia sumber listrik yang besar, Area yang cukup luas.

Bila lokasi pilihan dah didapatkan, perhatikan check list dibawah ini untuk dilakukan survey atau penelitian yang lebih akurat mengenai :

  1. Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi.
  2. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
  3. Memperhatikan tingkat keramaian lalu lintas kendaraan yang lewat
  4. Banyaknya usaha yang mendukung lokasi tersebut
  5. Sesuaikah dana dengan lokasi usaha yang akan dipilih
  6. Pilih lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah
  7. Perhatikan pula akses menuju lokasi usaha
  8. Tingkat keamanan yang mendukung lingkungan
  9. Perhatikan kebersihan lokasi sekitar usaha
  10. Periksa kelengkapan surat-surat baik dari sisi usaha ataupun dari sisi lokasi yang dibutuhkan

Terlepas dari besar atau kecilnya usaha yang Anda miliki, yang jelas Anda sudah lepas dari masalah Sulitnya Memulai Usaha Mandiri.

asmat.

254 thoughts on “Modal Pas-2an Lokasi Usaha Harus Strategis ?”

  1. Pingback: Self Catering
  2. Pingback: CK Plumbing
  3. Pingback: click here
  4. Pingback: scentsy scents
  5. Pingback: fsgb80v7cbwe
  6. I’ll gear this review to 2 types of people: current Zune owners who are considering an upgrade, and people trying to decide between a Zune and an iPod. (There are other players worth considering out there, like the Sony Walkman X, but I hope this gives you enough info to make an informed decision of the Zune vs players other than the iPod line as well.)

  7. Pingback: jasa seo
  8. Sorry for the huge review, but I’m really loving the new Zune, and hope this, as well as the excellent reviews some other people have written, will help you decide if it’s the right choice for you.

  9. Pingback: pokoje zakopane
  10. Sorry for the huge review, but I’m really loving the new Zune, and hope this, as well as the excellent reviews some other people have written, will help you decide if it’s the right choice for you.

  11. Hello there, just became alert for your weblog by means of Google, and found that it is really informative. I¡¦m gonna watch out for brussels. I¡¦ll appreciate in the event you continue this in future. A great deal of persons is going to be benefited from your writing. Cheers!

  12. Pingback: anchor text/titke
  13. Pingback: casinos online
  14. Between me and my husband we’ve owned more MP3 players over the years than I can count, including Sansas, iRivers, iPods (classic & touch), the Ibiza Rhapsody, etc. But, the last few years I’ve settled down to one line of players. Why? Because I was happy to discover how well-designed and fun to use the underappreciated (and widely mocked) Zunes are.

  15. Pingback: unifi installation
  16. Pingback: steel strapping

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s