Tidak Punya Modal Usaha Harus Pintar Melobi

Sulit Memulai Usaha

Ketiadaan Modal Bukan Berarti Mimpi Usaha.

20120627-084945.jpgJika Anda ingin memulai usaha namun tiada modal, bukan berartik usaha itu hanya menjadi impian saja. Gunakan kemampuan Anda untuk melobi dalam rangka mencari modal, penambahan modal usaha, membangun kepercayaan baik dengan pemodal ataupun mitra usaha.
Banyak sudah contohnya pemilik usaha bisa menjalankan atau mengembangkan usahanya akibat bantuan modal dan kepercayaan dari pihak lain, baik apakah itu bantuan dari keluarga dekat, kawan, pemilik modal perorangan bahkan sampai institusi keuangan yaitu bank dan tentunya mitra usaha lainnya.

Namun apakah Anda punya kemampuan melobi yang baik ?.

Melobi adalah bentuk aktif dari kegiatan lobi, dimana pendekatan-pendekatan dilakukan secara tidak resmi. Melobi pada dasarnya merupakan usaha yang dilaksanakan untuk mempengaruhi pihak-pihak yang menjadi sasaran agar terbentuk sudut pandangan positif terhadap topik lobi, dengan demikian diharapkan memberikan dampak positif bagi pencapaian tujuan.

Tujuan dari melobi di kalangan bisnis berguna untuk memastikan kelancaran usaha dan dalam mengupayakan tindakan saling menguntungkan. Salah satunya adalah untuk mendapatkan kepercayaan dari berbagai mitra bisnis. Bermitra dilakukan dengan pelanggan, pemasok, distributor ataupun pemegang otoritas kebijakan secara individu/ kelompok/ kelembagaan.

Di kalangan bisnis, lobi juga dilakukan dengan orang-orang perbankan, diantaranya untuk pertambahan modal kerja dalam mengembangkan usaha mereka dan untuk mendapatkan kepercayaan sehingga organisasi mendapatkan kucuran kredit.

Walaupun begitu lobi dikalangan bisnis tidak saja dilakukan dengan mitra bisnis, tetapi juga dengan kompetitor. Salah satu contoh: lobi yang dilakukan Telkom terhadap Indosat dalam menentukan penggunaan frekuensi, penempatan dan pengaturan wilayah BTS (Base Transceiver Station).

Terdapat 4(empat) macam cara melobi :

1. Tidak langsung.
Melobi bisa dilakukan dengan perantaraan pihak lain dikarenakan pihak tersebut dianggap punya akses atau mempunyai hubungan yang dekat dengan pihak yang akan dilobi. Hal yang diharus diperhatikan apakah pihak lain ini dapat dipercaya, sudah mengerti atau belum dengan rencana usaha Anda. Jangan sampai pihak ini justru merusak hubungan yang sudah ada atau bisa saja membocorkan rencana2 yang menjadi rahasia usaha Anda..

2. Secara Langsung.
Anda harus langsung bisa bertemu atau berkomunikasi dengan pihak yang dilobi namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu apakah Anda sudah saling kenal, dapatkah Anda saling berkomunikasi dengan baik, sudahkah Anda mempunyai catatan mengenai kepribadian orang tersebut. Sebaiknya untuk salam perkenalan lakukanlah cara tidak langsung dahulu.

3. Secara Terbuka.
Yang dimaksud dengan cara terbuka adalah lobi yang dilakukan tanpa ketakutan untuk diketahui orang lain dan biasanya terbalik yaitu justru menawarkan bantuan untuk Anda dibanding minta bantun. Hati-hati dgn. penawaran sperti ini. Bisa-bisa bukan modal yg didapat malah harta Anda yg. tersedot. Pelajari dengan baik penawaran ini.

4. Tertutup.
Yang dimaksud dengan cara tertutup adalah apabila dilakukan secara diam diam agar tidak diketahui oleh pihak lain apalagi masyarakat. Apabila hal ini diketahui pihak lain bisa berakibat negatif atau merugikan pihak yang melobi atau pihak yang dilobi. Jadi Anda jangan gembar gembor dulu sebelum Anda tahu siapa itu orang yang akan dilobi.

Adakah Syarat-syarat untuk melobi ?.

Agar niat untuk melobi seseorang atau lembaga tertentu berhasil dengan baik atau sekurang kurangnya tidak menimbulkan penolakan yang mungkin keras atau malah antipati.
Maka sebelum Anda menentukan cara-cara melobi diatas, ada beberapa petunjuk teknis yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Perlu mengenal/mengindentifikasi target orang yang akan dilobi dengan baik. Untuk mencapai keberhasilan yang optimal, maka Anda harus memahami atau mengenal dengan baik sifat, sikap dan pandangan bahkan mungkin perilaku orang-orang yang akan dilobi. Sehingga Anda bisa menerapkan teknik komunikasi yang akan dipergunakan. Apakah orang tersebut mudah tersinggung dan selalu serius, penyabar dan suka bercanda, tentu sangat berbeda.Kekeliruan atas hal ini akan berakibat fatal.
  2. Penampilan diri yang baik. Seorang pelobi harus mampu menampilkan diri dengan baik, sehingga menimbulkan kesan yang positif bagi pihak yang dilobi. Penampilan diri ini tidak berarti semata-mata hanya bersifat fisik (lahiriah) seperti pakaian dan sebagainya, tetapi juga kepribadian dan intelektualitas.
  3. Memperhatikan situasi dan kondisi. Situasi dan kondisi yang ada atau melingkupi suasana yang ada harus diperhatikan oleh pelobi, demikian pula perubahan-perubahan yang terjadi. Hal ini terutama sangat penting dalam penggunaan cara menyampaikan pesan. Ditempat umum berbeda dengan dikantor atau dirumah. Atau situasi dan kondisi yang sewaktu-waktu bisa berubah. Jangan meneruskan ketika ada orang lain datang atau alihkan pada topik lain dengan cara yang wajar, karena meskipun mungkin pelobi tidak berkeberatan, tetapi mungkin yang dilobi yang tidak berkenan.
  4. Hal lain yang perlu diperhatikan cara menyampaikan. Apabila pihak yang didekati adalah pribadi atau orang-orang tertentu maka cara yang dilakukan bersifat persuasif. Usahakan untuk mengundang simpati dan dukungan yang bersangkutan. Tetapi apabila yang didekati adalah kelompok maka pesan yang disampaikan harus mengandung argumentatif. Pelobi harus menyampaikan alasan dan pertimbangan yang logis dan rasional yang bisa membuat pihak yang dilobi menjadi lebih jelas, lebih mengerti dan memahami obyek sasaran sehingga pada gilirannya mereka bisa menerima dan mendukung.
  5. Mengemas pesan. Seseorang akan mudah tertarik bila menyaksikan sesuatu dikemas atau diatur dengan rapi. Siapkanlah catatan singkat atau bahan proposal yang menggambarkan topik yang akan anda bicarakan, jangan terlalu nyelimet. Mungkin orang yang dilobi akan lebih memahami rencana Anda dari tulisan dari pada perkataan lisan Anda.
  6. Jangan takut gagal. Pepatah mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Adalah hal yang biasa bahwa tidak semua usaha pasti berhasil apalagi dalam waktu cepat dan singkat, lebih-lebih dalam lobi. Melobi dilakukan untuk membuat atau mengubah pihak atau orang yang semula tidak suka menjadi suka, yang semula menolak menjadi menerima dan yang menentang menjadi mendukung.

Yang terpenting buatlah ia terkesan baik dengan Anda. Sehingga lain waktu masih terbuka untuk Anda untuk membeberkan rencana Anda lebih jelas dan lebih menarik. Melobi pada umumnya tidaklah cukup sekali saja, jadi tidak boleh takut gagal, harus memiliki optimisme, telaten, sabar, gigih dan fleksibel.

Kalaupun pada akhirnya ternyata gagal, tidak boleh membuat pelobi frustasi. Mungkin Anda bisa menangkap keinginan atau ketertarikan dari orang-orang yang Anda lobi akan usaha lain. Kenapa hal itu ngga jadi tantangan Anda untuk memiliki usaha mandiri dari idea orang-orang yang punya modal tersebut. Pulang buat proposal baru yang mungkin dia lebih tertarik. Lobi kembali … Tentunya dengan persiapan yang lebih sempurna.

Langkah-Langkah Persiapan Sebelum Melakukan Lobi :

  • Lebih menguasai masalah yang akan dibicarakan.
  • Mulai berbicara bila situasi telah memungkinkan.
  • Mengarahkan dengan tepat agar dapat memancing perhatian.
  • Cara berbicara harus jelas dan jangan terlalu cepat, mengatur volume suara, dan mempersiapkan kata–kata dengan baik.
  • Memperhatikan sikap, pandangan mata, gerak gerik yang membantu.
  • Sopan, saling menghormati, dan menyiratkan rasa persaudaraan.
  • Siapkan dokumen atau proposal singkat yang menarik dengan beberapa kemungkinan atau rencana pilihan. Ingat ide usaha tidak harus baru, namun ide Anda harus lebih baik.

Artikel Lainnya :
Tidak Punya Modal Ya Kerjalah.

disarikan dari strategi komunikasi/asmat

Advertisements

12 thoughts on “Tidak Punya Modal Usaha Harus Pintar Melobi”

  1. Peluang besar untuk berinvestasi di Timor Leste tapi dengan harus orang yang benar dan Jujur. di Timor leste and bisa berinvestasi di bidang apa saja yang ada merasa bagus dan laris dan saya mau informasikan bahwa peluang untuk berinvestasi di wisata dan turist kemungkinang besar lebih bagus di Timor Leste. kalau mau investasi di TL hubungi Nomor ini +670 78068438 bisa beri saran dan guide anda atau email ke borgesethel@yahoo.com.

  2. Every weekend i used to go to see this web site, as
    i wish for enjoyment, for the reason that this this website conations in fact good funny data too.

    1. Sebetulnya apa yang Anda pertanyakan adalah masalah kita pada umumnya… Saya dapat pelajaran dari teman saya bahwa untuk mengatasi hal tersebut selain keberanian, biasakan mau berbicara dgn orang lain yg belum dikenal dan hal yang terpenting kita harus mempunyai banyak bahan pembicaraan. Maka melobi secara langsung akan lebih mudah karena banyak caranya..(tdk hrs langsung ketopik).. pada saat yg tepat baru kita kemukakan.. Trim’s ya..

      1. Terim’s atas jwabn na…. saya akan coba beranikan diri… walau pada saat pertama melangkah sulit bgt… kalau boleh saya tau, kira2 kata2 ap yg pas u/ memulai pembicaraan…?

      2. Cari topik pembicaraan yang lagi in, tentu usahakan topik yg pas dgn mereka.. Mulailah dgn kata yang umum selamat siang atau assamualaikum, atau kata apapun selama kata itu membuat suasana nyaman..
        Oke asal tau aja saya pun bermasalah, namun anehnya jika pembicaraan sdh nyambung..saya kok malah jadi banyak omong.. Intinya jangan takut ngga nyambung.. Kalau ngga nyabung ganti topik lain. Makanya perbanyak istilah2 atau topik berita sehingga kita tdk tanpa seperti orang kurang gaul..

        Ingat .. Awal pertemuan bukanlah akhir pembicaraan.. Jgn memaksakan pada awal pertemun, masih ada waktu lain..
        Selamat bereksperiman..

  3. Generally I don’t learn article on blogs, however I would like to say that this write-up very forced me to try and do so! Your writing style has been amazed me. Thanks, quite nice post.

  4. Thanks for some other informative web site. Where else may I am getting that kind of info written in such a perfect way? I’ve a project that I am just now running on, and I’ve been at the look out for such information.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s