Menggali Ide Bisnis Sulit ?

20120519-081055.jpgBanyak orang yang sebetulnya merasa bisa untuk menjadi pengusaha kalau ditanya. Tapi kenapa kok masih menganggur saja, ternyata jawabannya adalah belum adanya ide bisnis yang bisa untuk dijalankan.

Atau sebaliknya mereka dengan mudah membangun bisnis dari modal dan kemampuannya yang ada, namun dalam waktu beberapa bulan saja usaha tersebut sudah ditinggalkan, kenapa ? Ternyata bisnis yang dijalankan bisnis yang sudah jenuh alias terlalu banyak pesaingnya, atau produknya tidak dikemas kembali untuk membuat trobosan baru sehingga barang yang ditawarkan sudah kaga unik lagi alias ngga dilirik oleh pembeli.

Jadi membangun usaha haruslah didukung oleh ide bisnis yang orisinil. Mendapatkan ide bisnis yang dapat memberikan pengaruh terhadap banyak hal, menciptakan suatu situasi dan kondisi baru adalah sesuatu ide yang nilainya mahal sekali, percayalah bahkan sulit diukur dengan nilai uang ?

Kalaupun terpaksa harus muncul angka nominal tertentu untuk harga sebuah ide lebih karena kepentingan praktis, karena transaksi atas ide tersebut harus berlangsung. Sejatinya ide orisinal yang muncul di bisnis itu susah diukur nilainya.

Sebagai contoh adalah ide bisnis untuk meproduksi air minum dalam kemasan berbentuk botol plastik. Ketika pertama kali diciptakan pada awal tahun 80an, ide tersebut dipandang aneh. Sebab, menjual air putih dalam sebuah botol plastik, belumlah menjadi sesuatu yang lazim kala itu, apalagi boleh dikatakan pada umumnya yang namanya air putih mudah didapat pada saat itu.

Namun pada saat ini ide yang muncul pada tahun 80an itu begitu berpengaruh dalam banyak hal, telah menciptakan suatu situasi dan kondisi baru. Demikian banyak orang yang berlomba membuat produk air minum dalam kemasan. Begitu banyak telah menciptakan peluang usaha bagi usahawan-usahawan baru, depot air minum galonan, depot isi ulang dan tidak ketinggalan transportasi dari sumber air di pegunungan ke depot-depot galonan dst.

Wuih! Dan ranah kewirausahaan adalah muara jagad ide yang tidak akan pernah mati. Ide bisnis bisa didapat dimana saja di lingkungan sekitar hidup kita. Dimulai dari aktivitas pagi hari sampai petang, nyaris semua kegiatan kita dipenuhi beragam muatan informasi ide bisnis. Jika kita jeli, sedikit bersedia meluangkan waktu untuk mengamatinya secara seksama berbagai informasi itu bisa menjadi peluang ekonomi. Barangkali banyak tokoh yang tidak pernah menduga jika idenya hari ini telah memberi manfaat bisnis.

Lantas bagaimanakah memicu munculnya ide bisnis?

Ide tak jatuh begitu saja dari langit, kehadirannya musti diperjuangkan. Sumber inspirasi bisa datang dari mana saja, tak terkecuali di lingkungan kita sehari-hari. Dari pengalaman diketahui ada beberapa hal yang memicu pertimbangan ide bisnis itu muncul.
Diantaranya

Pertama
kelangkaan atas suatu kebutuhan, baik benda atau jasa.

Kedua
Kualitas, kecepatan dan harga. Barangkali faktor inilah yang paling kerap menjadi pemicu pertimbangan seseorang memasuki suatu wilayah bisnis.

Ketiga
menampilkan bisnis yang berbeda. Kini banyak bisnis yang muncul karena ingin diposisikan berbeda dengan tempat lain.

Keempat
desakan untuk bertahan hidup. Pertimbangan kepepet inilah yang rata-rata menjadi sebab munculnya ide bisnis yang kadang-kadang sangat tidak terduga. Banyak bukti entrepreneur sukses memperlihatkan itu, seperti Puspo Wardoyo yang mengawali berjualan ayam bakar kaki lima di Kota Medan yang kini sukses dengan Ayam Wong Solonya.

Kelima
berangkat dari hobi. Banyak pula bisnis yang muncul yang awalnya dari hobi, contohnya di Kota Semarang hadir Anne Avantie – desainer busana yang kini begitu kondang di seantero negeri ini yang awal bisnisnya berangkat dari hobi mendesain pakaian.

Yang jelas betapa ide cemerlang ditunjang keberanian dan ketekunan, telah terbukti menelurkan keberhasilan bagi banyak pengusaha. Sehingga tak ada alasan lagi untuk mengekang ide dalam sangkar pikiran. Cepat atau lambat ia musti di semai dan dipetik.

— disadur dari berbagai sumber

Advertisements

18 thoughts on “Menggali Ide Bisnis Sulit ?”

  1. I’ve been surfing online greater than three hours today, but I never found any interesting article like yours. It¡¦s pretty worth sufficient for me. In my view, if all web owners and bloggers made just right content as you probably did, the net will probably be much more useful than ever before.

  2. Wow! This could be one particular of the most useful blogs We have ever arrive across on this subject. Basically Excellent. I’m also an expert in this topic so I can understand your effort.

  3. Thank you a lot for providing individuals with an extremely superb opportunity to read critical reviews from this web site. It is usually very beneficial plus jam-packed with a great time for me and my office mates to search your site on the least three times in 7 days to read the newest issues you have. And of course, I’m usually contented with all the surprising creative concepts you give. Some 1 areas in this article are undeniably the most efficient we have had.

  4. Good – I should certainly pronounce, impressed with your web site. I had no trouble navigating through all tabs and related information ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it at all. Reasonably unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, site theme . a tones way for your client to communicate. Nice task..

    1. Mks master @Red.. atas dukungannya… Emang Ide bisnis itu boleh dikatakan berteberan disekitar kita.. Mulai bisnis jarum pentul sampai bisnis segala macam mesin.. tinggal gimana memulai usaha..

    1. Mks Bang Dedy atas dukungannya… Walaupun usaha dah jln, ternyata mggali ide ngga hrs berhenti.. Skrang lagi cari ide bgmn meningktkan omzet, cari ide agar karyawan betah .. Dst dst.. Mudahan temen2 bisa kasih masukan… Mks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s