Sulit nih sama rasa khawatir

20120513-074752.jpgKhawatir adalah suatu kondisi dimana kita merasa takut bahwa apa yang sedang atau akan dilakukan pada akhirnya nanti tidak akan menghasilkan seperti apa yang telah direncanakan atau diharapkan.

Rasa khawatir yang berlebihan biasanya akan menjadi penghalang diri untuk memulai berbuat atau melakukan sesuatu seperti apa yang telah direncanakan, akibatnya membuat diri Anda sulit untuk menghasilkan kemajuan apapun.

Rasa khawatir hanyalah membuang-buang waktu saja, karena apa yang telah direncanakan dengan susah payah, harus berhenti untuk dilaksanakan karena terganjal oleh rasa khawatir tidak akan berhasil, rasa khawatir akan timbul gangguan, ada rasa khawatir tidak mampu menjalankannya nanti, khawatir akan bangkrut, khawatir akan rugi besar, dan segudang lagi rasa khawatir lainnya.

Walaupun kita telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, membuat perencanaan yang matang, membuat sistem control dan pengawasan yang baik, ternyata sebagai manusia normal rasa khawatir tetap saja ada.

Rasa khawatir memang sulit untuk dihilangkan kecuali digantikan dengan berdo’a kepada tuhan yang telah mengatur takdir terhadap manusia.

Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi SAW Bersabda :

“Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Hakim)

Karena Anda mengharapkan imbalan berupa keberhasilan dari apa yang dikerjakan, maka secara logis untuk menggantikan rasa khawatir tsb. Andapun harus bisa memberikan sesuatu kepada orang lain yaitu dengan bersedekah.

Rasulullah SAW pernah bersabda : “Silaturrahmi dapat memperpanjang umur dan sedekah dapat merubah taqdir yang mubram” (HR. Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, Imam Ahmad).

Bagaimana kalau ternyata pada akhirnya apa yang telah direncanakan, apa yang telah dikerjakan tidak seperti apa yang diharapkan ?

Allah telah menentukan segala perkara untuk makhluk-Nya sesuai dengan ilmu-Nya yang terdahulu (azali) dan ditentukan oleh hikmah-Nya. Tidak ada sesuatupun yang terjadi melainkan atas kehendak-Nya dan tidak ada sesuatupun yang keluar dari kehendak-Nya. Maka, semua yang terjadi dalam kehidupan seorang hamba adalah berasal dari ilmu, kekuasaan dan kehendak Allah, namun tidak terlepas dari kehendak dan usaha hamba-Nya.

Walaupun tetap mengharapkan keberhasilan, namun mental kitapun harus siap untuk menerima hasil yang terburuk sekalipun, untuk itulah sering-seringlah bertasbih.

Ada hadits yang diriwayatkan dari Sa’ad Ibnu Abi Waqosh, Rasulullah bersabda : “Maukah kalian Aku beritahu sesuatu do’a, yang jika kalian memanfa’atkan itu ketika ditimpa kesedihan atau bencana, maka Allah akan menghilangkan kesedihan itu?
Para sahabat menjawab : “Ya, wahai Rasululullah,
Rasul bersabda “Yaitu do’a “Dzun-Nun : “LA ILAHA ILLA ANTA SUBHANAKA INNI KUNTU MINADH-DHOLIMIN”
(Tidak ada Tuhan selain Engkau, maha suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk diantara orang-orang yang dholim”). (H.R. Imam Ahmad, At-Turmudzi dan Al-Hakim).

Dan jangan lupa di sela-sela pekerjaan untuk selalu Bershalawat.

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ubay Ibnu Ka’ab, bahwa ada seorang laki-laki telah mendedikasikan semua pahala sholawatnya untuk Rasulullah SAW, maka Rasul berkata kepada orang tersebut : “Jika begitu lenyaplah kesedihanmu, dan dosamu akan diampuni” (H.R Imam Ahmad At-Tabroni)

Apabila hati kita telah yakin dengan setiap ketentuan Allah, maka segala urusan akan menjadi lebih ringan, dan tidak akan ada kegundah dan masyii-ah (keinginan) kepada hamba-hamba-Nya untuk mengusahakan takdirnya.

Allah juga memberikan akal kepada manusia, sebagai tanda kesempurnaan manusia dibandingkan dengan makhluk-Nya yang lain, agar manusia dapat membedakan antara kebaikan dan keburukan. Allah tidak menghisab hamba-Nya kecuali terhadap perbuatan-perbuatan yang dilakukannya dengan kehendak dan usahanya sendiri.

Manusialah yang benar-benar melakukan suatu amal perbuatan, yang baik dan yang buruk tanpa paksaan, sedangkan Allah-lah yang menciptakan perbuatan tersebut.
Hal ini berdasarkan firman-Nya,
والله حلقكم وما تعملون
“Padahal Allah-lah yang menciptakanmu dan apa yang kamu perbuat itu.” (Qs. Ash-Shaaffaat: 96)

Dan Allah Ta’ala juga berfirman, yang artinya,
لا يكلف الله نفسا إلا وسعها
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya.” (Qs. Al-Baqarah: 286)

Apabila hati kita telah yakin dengan setiap ketentuan Allah, maka segala urusan akan menjadi lebih ringan, dan tidak akan ada kegundahan maupun kegelisahan yang muncul dalam diri kita, sehingga kita akan lebih semangat lagi dalam melakukan segala urusan tanpa MERASA KHAWATIR YANG BERLEBIHAN mengenai apa yang akan terjadi kemudian. Karena kita akan menggenggam tawakkal sebagai perbekalan ketika menjalani urusan dan kita akan menghunus kesabaran kala ujian datang menghadang.

Jadi, jangan pernah berhenti berdo’a dan berusaha. Seburuk apa pun kondisi saat ini, semuanya masih bisa berubah. Bagaimana pun pahitnya pengalaman kita dimasa lalu, masih bisa berubah. Optimis selalu Anda bisa mengubah takdir Anda menjadi lebih baik.

— 6 – 5 – 12 — disadur dari kabarislam.com

Advertisements

8 thoughts on “Sulit nih sama rasa khawatir”

  1. Excellent site you have here but I was wanting to know if you knew of any community forums that cover the same topics talked about in this article?
    I’d really like to be a part of online community
    where I can get suggestions from other knowledgeable individuals
    that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know.
    Thank you! buy instagram followers will probably substantially the meaning
    and credibility.
    how to get instagram wants, buy followers instagram at this point

  2. I such as the important details you supply into your articles.I’ll bookmark your website and investigate again here routinely.I am somewhat totally sure I will know lots of recent stuff perfect right here! Fantastic luck to the subsequent!

  3. Admiring the time and effort you put into your internet site and in depth info you offer. It is great to come across a weblog every once in a while that isn’t exactly the same out of date rehashed material. Excellent read! I’ve saved your website and I’m including your RSS feeds to my Google account.

  4. Great ¡V I should definitely pronounce, impressed with your web site. I had no trouble navigating through all tabs as well as related information ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it in the least. Quite unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, web site theme . a tones way for your client to communicate. Excellent task..

  5. We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your web site offered us with valuable information to work on. You’ve done an impressive job and our whole community will be grateful to you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s