Home » Ide usaha » Menjadi Mekanik Motor yg Handal

Menjadi Mekanik Motor yg Handal

Gubuk ImpianKu

Ingin Menjadi Mekanik Motor Handal ?

Jerimy Burgess

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 160 other followers

Artikel Utama Sulitnih.

Prospek Kewirausahaan.
Banyak orang berpikir kewirausahaan sebagai semata-mata pembentukan bisnis baru, tapi sebetulnya jauh lebih dari mengetahui bagaimana untuk memulai sebuah perusahaan baru.

Ingin Jadi Pengusaha ? Milikilah Ketrampilan-2 Ini.
Sepintar apapun Anda, ada banyak hal yang harus dipelajari. Ingat ini hal yang wajar, ini adalah proses seumur hidup.

Tidak Punya Modal, Anda Harus Pinter Melobi.
Selain uang, Anda harus punya modal ketrampilan usaha. Bernegosiasi, memasarkan, analisis, perencanaan, cashflow. Tidak punya modal dan ketrampilan, kerjalah !. Bukan demi uang tapi dapatkan ketrampilan tersebut diatas.

Kenapa Harus Merubah Mental ?. 
Modal cukup, ketrampilan ada, bisa kerja keras, teori segudang. Dari pengalaman, itu belum cukup jika masih bermental karyawan. Rubahlah.

Menggali Ide Bisnis. dan Apa iya menggali ide usaha sulit sekali ?.
Tapi kenapa kok masih menganggur saja. Ide usaha itu tidak harus baru. Pilih apa yang Anda sukai, agar ada Passion.

Menentukan Produk atau Jasa Untuk Memulai Usaha.  
Jika sudah ada ide dan pilihan usaha. Kenalilah berbagai jenis dan merk produk .Salah memilih jenis dan merk produk akan mengakibatkan tidak ada yang berminat membeli. Produk baru sulit menjualnya.

Sulit Memulai Usaha

Bagaimana Cara Download Rahasia Buat Belajar Penyebab Masalah Tips, Tutorial, Jual, Beli, Bisnis, Usaha, Teknik, Buy, Sell, How To, dll.

Menjadi Mekanik Adalah Suatu Proses.

20120828-133237.jpgHai para remaja Anda ber cita-cita untuk menjadi ahli mekanik motor balap seperti Jerimy Burgess (60 tahun). Seorang kepala tim mekanik terbaik dunia yang sudah sangat lama (12 tahun) bekerja sama dengan Rossi. Andilnya Burgess dalam mengotak atik motor balap telah merebut lebih dari 15 gelar juara dunia itu adalah buktinya.

Menjadi ahli mekanik motor yang terkenal bukanlah suatu perjalanan hidup yang singkat, itu membutuhkan proses, membutuhkan waktu dan pengalaman yang panjang. Buat para remaja SmA yg ingin menjadi ahli mekanik, pertanyaannya adalah “Apakah saat ini Anda sudah punya pengalaman dengan mesin motor ?.”

Kalau belum, coba terusin baca deh mudah-2an berguna untuk menata kehidupan Anda agar tercapai apa yang di cita2-kan.

Prospek atau kesempatan.

Menjadi ahli dalam mekanik motor saat ini atau dimasa depan adalah salah satu pilihan yang bagus, ini terlihat semakin tingginya jumlah motor yang beredar dijalanan. Pemakainya mulai dari anak smp sampai para pensiunan. Yang biasa menggunakan kendaraan roda empatpun banyak yang menggunakan motor sebagai kendaraan alternatifnya.

Sehingga hal tersebut diatas mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja

Job Description.

Kalau disederhanakan pekerjaan mekanik motor adalah menyesuaikan dan mengganti busi, poin2 pengapian, rem, perbaikan atau perombakan mesin, sistim pelistrikan dll.

Lapangan Pekerjaan.

Sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia kebanyakan adalah toko2 speda motor atau dealer, toko2 sparepart atau bengkel. kalau dipemerintahan umumnya ditempat yang pelayanannya banyak menggunakan motor seperti kepolisian. Tempat perbaikan bentuk motor, penyesuaian mesin, menambah instrumen, mengubah desain. Bagi yang sudah berpengalaman dan mempunyai modal biasanya menjadi pemilik usaha seperti diatas.

Pedidikan & Pelatihan.

Awal belajar adalah bagaimana cara merakit motor. Kemudian bagaimana melakukan perawatan rutin. Melakukan overhoul. Mengenal sistim kelistrikan. Mengenal sistim kemesinan. Mengenal sistim keselamatan kerja. Mengenal pemakaian peralatan penunjang kerja dll. Untuk menjadi mekanik motor yang berpengalaman dibutuhkan waktu 2-3 tahun.

Bagaimana jika Anda tidak ada dana untuk ikut pelatihan atau pendidikan mekanik motor. Hal tersebut bisa saja disiasati dengan seringnya nongkrong di bengkel motor, tentunya bengkel yang anda kenal. Kalau mau cape dikit ya magang dibengkel, tentunya bukan duit tujuannya tapi mencari ilmu. Sering baca artikel atau majalah yang berhubungan dengan motor, khususnya permesinan dll.

Jika Anda sudah sedikit banyak tau mengenai mesin motor, cobalah bantu temen-temen Anda untuk memperbaiki motornya, itung-itung menjajal kemampuan Anda. Terjun langsung kelapangan adalah guru terbaik.

Untuk menjadi ahli mekanik motor tidak diharuskan lulus dahulu dari sekolah SmA atau Sarjana. Memang untuk bekerja di bengkel besar Anda harus sudah lulus SmA atau sarjana, hal ini menyangkut salah satu persyaratan untuk pendidikan lanjutan yang harus Anda ikuti berkenaan dengan jenjang karier di perusahaan tersebut.

Wiraswasta Dan Mekanik Motor.

Lalu apa hubungannya antara ahli mekanik motor dengan usaha mandiri. Seperti sudah disinggung diatas. Apabila Anda sudah ahli dan mempunyai modal sedikit, apalagi sudah banyak konsumen yang percaya pada Anda, maka pada umumnya ahli mekanik motor akan beralih profesi dari ahli mekanik menjadi pemilik usaha dan ahli mekanik.

Saran penulis selama anda menjadi mekanik motor, pelajari juga bagaimana melayani konsumen yang baik, apa saja yang dibutuhkan konsumen, apa saja permasalahan motor selain mesin, bagaimana sistim kerja dan administrasi di bengkel, bagaimana bekerjasama yang baik dengan mekanik lain serta senior Anda dan lain-lain sebagainya, sehingga bukan saja Anda bisa dikatakan seorang mekanik yang ahli, tapi juga bisa menjadi calon pengusaha yang sukses.

20121228-071335.jpg

Motor Mekanik – Sulit Memulai Usaha

Jika Anda bisa belajar untuk membangun bisnis Anda sendiri, terbukalah luas sebuah dunia baru dengan kesempatan financial yang tidak terbatas.

Kalau sudah bisa jadi pengusaha mandiri kenapa harus menjadi karyawan. Mulailah buka bengkel dari halaman rumah, jika berkembang, cari tempat yang lebih baik. Adik saya korban PHK sudah mempunyai usaha bengkel, karena tidak mengerti permasalahan mekanik motor, maka awalnya dimulai dari usaha cuci motor, kemudian pelan-pelan mempelajari untuk memperbaiki motor langganan jika ada yang rusak. Anda para remaja pasti bisa. Untuk belajar mekanik motor tidak perlu harus menunggu lulus sekolah dahulu, mulailah dari sekarang !.

Amin.
Sudah dilihat


About these ads

29 Comments

  1. fadil amin says:

    saya pngin bljar jadi montir mtor, mmg cit,cita di bidang mkanik, sya skolah di smk otomotif nmun saya gagal, saya pngn bngnt krja di bngkel pngin bhagiain orang tua.

    • sulitnih says:

      Ane mo curhat aja nih.. Adikku krrja di bank swasta dan ken phk thn 2000 sama nasibnya sama saya. Uang pesangonnya hampir habis ketipu investasi bodong. Akhirnya buka cucian motor dikaki lima(2x3m), Karena pelanggannya suka minta tolong betulin kerusakan motornya, dia coba bantu (padahal ngga ngarti soal masalah motor) bantu dari yang gampang dulu misalnya rem, platina, lampu, busi, ganti oli, pokoknya yg gampang2dulu. Setelah dicek yg berat2 disuruh kebengkel sekitarnya, pelanggan yg ngga ngerti motor tetap seneng karena dah dikasih tahu kerusakannya. Sekarang Adikku dah kaya montir beneran padahal tadinya cuman cuci motor doang. Dan juga saya suka liat ditempat cucian motornya ada beberapa motor tertulis dijual, wah rupanya jadi makelar motor juga..ni.h..lumayan komisinya katanya bisa 100ribu-500ribu ya pinter2 buka harganya…

      awal usaha memang sulit, tapi karena berfikir sehat dan punya komtment kuat akhirnya usaha jadi lebih mudah..

  2. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : http://www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

    “Topi sekolah Termurah Se-Indonesia Full Bordir Rp.6000/Pcs”
    Jual dan produksi topi sekolah dengan harga 6.000 , BISA Kirim Sample/Contoh.
    Pembelian tanpa minim order melayani Seluruh indonesia ,
    Menerima Agen DI Seluruh Indonesia
    “Kontak Kami Jl.rajawali 26 RT.02 Rw.06 Punggul-gedangan-sidoarjo jawa timur(dekat bandara juanda surabaya)
    http://www.produksitopisekolah.blogspot.com
    Tlp.031-8014543 Hp:081335640101 PIN BBM: 73E658A2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Baca Artikel dan Topik Dari SulitNih.Com.
Blog Contents Nih.
Sulitnih On Facebook.
Aku Korban PHK.

asmatrch.wordpress.com
20121016-060927.jpgSetelah phk dari salah satu bank swasta nasional, saya terjun berwiraswasta dan beberapa kali gagal, saat ini senang dengan tokoku. Salah satu hambatan utama untuk memulai usaha adalah Merubah Mental - Sikap.

Saya bukanlah orang yang berkompeten dalam bidang usaha. Dengan menyimak pengalaman saya di Sulitnih.com Insya Allah Anda akan menjadi lebih mudah serta terencana untuk :
  1. Segera memulai membuka usaha sendiri.
  2. Merintis usaha dengan bekerja paruh waktu.
  3. Bekerja pada pemilik usaha.
  4. Lebih fokus mengikuti kelas-kelas tentang kewirausahaan.
Berbuat Baik Dengan Berbagi Kesulitan
(Since May’2012).


Jangan jadi orang biasa seperti saya.

Bersegeralah Anda memulai usaha atau bisnis sejak dini, terlepas bisnis Anda itu bisnis kecil atau bisnis besar.

Yang terpenting Anda sudah terlepas dari bagaimana Sulitnya Memulai Usaha.

Di Abad informasi ini, perubahan begitu lebih cepat dan jaminan lebih sedikit, namun kesempatan begitu lebih luas.

Sehingga pendidikan FINANSIAL, PENGETAHUAN PEMASARAN, dan KEWIRASWASTAAN begitu amat penting. 
Siapkah Anda Merubah Mental ?
20130211-091452.jpg

Menghadang Resiko

Rahasia kehidupan yang lebih baik dan bahagia adalah merubah mental dengan menyingkirkan semua pemikiran lama yang mengecewakan dan tidak bahagia.

Isi benak anda dengan pemikiran baru tentang keberhasilan yakni pemikiran tentang kebaikan, kesuksesan dan, kegembiraan.

Selalulah berdo'a, berencana dan bertindak, bahwa semua keberhasilan itu Insya Allah akan terwujud.

ANDA TIDAK PUNYA MODAL ?

Carilah pekerjaan yang bisa meningkatkan keterampilan-keterampilan jangka panjang.

Jangan bekerja semata-mata karena Uang.

Inilah pengalaman Bob Sadino awalnya ia bekerja pada Ibu seorang penjaja Kue keliling.

Awal Kerjanya Pengusaha Sukses
20130223-190538.jpg

CARA MEMUNCULKAN IDE BISNIS UNGGULAN. Banyak orang yang sebetulnya sudah mempunyai begitu banyak ide bisnis dikepalanya.  Namun karena banyak pilihan dan hanya ikut-ikutan saja, akhirnya sulit dan membingungkan untuk mewujutkan ide usaha tersebut.

Small is Beautiful.

Mulanya Usaha Kecil2an, Sekarang .. Waah.  
Belajarlah dari orang sukses. Mayoritas usaha besar dimulai dari hal yang kecil. Mulai dari rumah, garasi, kos-kosan dan dengan modal kecil. Jika tumbuh besarkanlah, jika stagnan tutuplah.

Masih Bingung Dgn Ide Usaha ?.
Inilah langkah awal memulai bisnis. Anda sebetulnya amat tertarik untuk memulai usaha, namun bingung bagaimana dengan langkah awal untuk saya bisa memulainya.

Perlunya Visi dan Misi Dalam Usaha.  
Tanpa adanya visi dan misi, kita tidak dapat fokus, tidak punya arah untuk mencapai tujuan. Sehingga mudah panik dan sulit untuk mencapai cita-cita hidup atau menjalani usaha.

Membuat Rencana Usaha Harus Sesuai Latar Belakang.  
Rencana Usaha harus ada. Namun harus sesuai sasaran, kelebihan dan kekurangan apa yang Anda miliki. Tidak sesuai latar belakang Anda, berarti Anda sedang berencana untuk menuju kegagalan.

Jangan Melihat Uang atau Peluang Dengan Mata.
Pelajaran Awal Saya Mulai Usaha, melihat dgn. mata adalah sesuatu hal sama, yang satu mengartikan sebagai yang salah, yang satu lagi mengartikan sebagai yang luar biasa (berlebihan).

Memilih dan memulai usaha itu membingungkan ?.
Ya hal ini dikarenakan apa yang mereka lihat, apa yang kebanyakan orang sebut usaha, padahal itu sebenarnya bukanlah usaha yang benar-benar usaha. Loh kok gitu ?.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 160 other followers

%d bloggers like this: